Haji, Daftar Sekarang Berangkat 2017

"Sudah sejak Desember 2010, daftar tunggu calhaj yang saat ini sekitar 600 orang, padahal untuk 2011 saja kuota Pagaralam hanya 104 orang, dan jumlah calon haji itu juga akan terus bertambah hingga 2016," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam, Muhammad Asri di Pagaraalam, Kamis (10/2/2011).

Jika merujuk jumlah calon haji yang saat ini masuk daftar tunggu, kuota Pagaralam diperkirakan telah penuh untuk lima tahun ke depan.

"Kondisi daftar tunggu akan terus bertambah, karena selain pelaksanaan ibadah haji 2011 masih lama dan warga Pagaralam yang ingin melaksanakan ibadah ke Tanah Suci Mekkah juga cukup banyak, apalagi setelah panen kopi," ujarnya.

Jika mengacu pada waiting list, yang ada sekarang, kuota calon haji Kota Pagaralam diprediksi telah terpenuhi hingga 2016. "Masyarakat yang mendaftar sekarang, baru akan mendapat giliran berangkat pada 2017," katanya.

"Bahkan kuota calon haji Sumsel 2011 telah mencapai belasan ribu orang, dan dari jumlah tersebut sudah masuk untuk Kota Pagaralam ada 104 orang," ujar Asri.

Jumlah itu mengalami penurunan dibandingkan kuota 2009 mencapai 136 orang yang dapat diberangkatkan untuk menunaikan Rukun Islam kelima itu.

"Penurunan yang kami alami sesuai kuota yang diberikan Kementrian Agama melalui Kanwil Kementrian Agama Sumsel. Namun pada 2011 ini mengalami peningkatan dari tahun 2010 yang bernagkat haji 58 orang," kata Asri.

Wakil Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati mengatakan, guna memenuhi keinginan masyarakat Pagaralam yang ingin menunaikan ibadah haji, Pemkot Pagaralam minta agar Kementrian Agama dapat menambah kuota sehingga daftar tunggu tidak terjadi penumpukan.

"Setidaknya kuota haji untuk Pagaralam bisa stabil seperti 2009 sebanyak 136 orang, sehingga tidak terlalu banyak terjadi pengurangan padahan keinginan masyarakat daerah ini untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi," ujarnya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Haji, Daftar Sekarang Berangkat 2017 di Website Cheria Wisata Untuk Penjelasan Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Kami di 021-7900-216 (hunting)

Artikel terbaru :

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.