Ikhlas akan Menjaga Kemabruran Haji Seseorang

BANDUNG, (PRLM).- Segala perbuatan yang tidak berlandaskan pada rasa ikhlas akan menjadi sumber petaka tidak hanya bagi dirinya pribadi namun juga bagi orang lain. Keikhlasan yang tertanam pada diri seseorang bukan hanya menjadikan ibadah bagi yang menjalankannya tetapi juga akan mampu menciptakan kerukunan antarsesama.

“Salah satu ciri ikhlas adalah tidak pernah mengingat-ingat perbuatan baik yang pernah dilakukan. Tapi yang terjadi saat ini dipemerintahan ataupun partai (politik) selalu ada istilah imbal jasa ataupun timbal balik di antara kelompok tertentu, hingga pada akhirnya yang menjadi korban tetap rakyat kecil,” ujar Ketua KBIH Masjid Raya Bandung, H. Endang Maksum, dalam tausyiahnya pada acara silaturahmi KBIH Masjid Raya Bandung kelompok IX tahun 2010, bertempat di aula PCNU Kota Bandung, Jalan Sancang, Bandung, Minggu (13/3).

Di hadapkan alumni haji KBIH Masjid Raya Bandung, H. Endang Maksum mengingatkan bahwa keikhlasan juga dapat menjaga kemabruran haji seseorang manakala sepulang dari menjalankan ibadah haji. “Karena melalui perasaan ikhlas, ibadah yang dilakukan sebelumnya kurang khusyu ataupun masih leha-leha, bila dilakukan dengan perasaan ikhlas karena ingin menjaga kemabruran hajinya akan lebih meningkat dan bahkan ditingkatkan,” ujar H. Endang Maksum.

Terhadap alumni haji KBIH Masjid Raya Bandung, H. Endang Maksum mengingatkan untuk bersama-sama menjaga kemabruran haji. Karena melalui kemabruran haji, semua yang dilakukan ataupun dikerjakan selain akan mendapat pahala bagi diri sendiri, juga orang lain dan secara tidak langsung juga menjaga ketenangan di masyarakat
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ikhlas akan Menjaga Kemabruran Haji Seseorang di Website Cheria Wisata Untuk Penjelasan Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Kami di 021-7900-216 (hunting)

Artikel terbaru :

Terima kasih telah memberikan komentar, kami akan respon secepatnya.