travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing

Labbaik Allahumma Labbaik...!

Besok kita akan merayakan Idul Adha, tak lengkap rasanya bila tidak ada hidangan daging kambing, namun karena ada bau daging kambing yang khas maka perlu diketahui cara mengolah daging kambing agar tidak bau dan empuk.

Berikut beberapa alternatif menghilangkan bau kambing.
  • Pertama tama rebus sebanyak satu kilogram daging kambing ini dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit angkat dan tiriskan. Maka bau tak enaknya akan hilang. Masak daging kambing sesuai keinginan anda
  • Rebus daging kambing bersama dengan potongan lobak secukupnya. Tunggu hingga setengah jam kemudian angkat dan pisahkan lobak dari daging kambing. Masak sesuai selera.
  • Rebus satu kilogram daging kambing dengan dicampur bubuk kare sekitar 10 gram. Banyaknya bumbu kare menyesuaikan dengan banyaknya daging yang akan dimasak.
  • Rebus sebanyak satu kilogram daging kambing dengan ditambahkan 200 gram potongan tebu. Proses perebusan selama kurang lebih setengah jam.
  • Rebus 1 kilogram daging kedalam 1 liter air mendidih yang ditambahkan50 gram cuka. Setelah mendidih tiriskan daging dan siap untuk dimasak sesuai menu yang anda inginkan.


Alternatif lain untuk menghilangkan bau kambing ini adalah dengan menyiramkan air perasan jeruk nipis sebelum dimasak. Jika memang tidak ada jeruk nipis anda bisa menggantinya dengan jeruk limau.

Bahan lain yang bisa menghilangkan bau ini adalah dengan menggunakan daun jambu kluthuk. Remas remas daun jambu kluthuk bersama dengan daging kambing senbelum dimasak.

Bau Prengus :

Jangan cuci daging kambing. Pencucian malah membuat aroma prengus makin terasa. Lumuri saja dengan air jeruk limau atau air jeruk nipis. Biarkan sebentar.Masak dengan berbagai rempah.

Liat alias Alot :

Usahakan mengolahnya dalam masakan yang proses masaknya memang lama. Misal, gulai.
Kalau ingin diolah sebentar, buat masakan yg dibuat dari daging giling, bukan daging utuh, hingga saat matang, daging sudah empuk.

Kalau ingin dibuat sate, rendam kambing dalam campuran bumbu yang diberi sedikit baking powder.
Selain baking powder, daging kambing bisa diempukan juga dengan bubuk papain yang dijual dalam kemasan botol plastik.

Daging kambing juga bisa diempukan dengan cara dibungkus parutan nanas atau daun pepaya. Simpan daging yg sudah dibungkus ini di dalam lemari es dalam wadah tertutup.

Membuat Sop Kambing :

Sup yang enak harus empuk dan bebas bau. Setelah dilumuri jeruk, daging bisa langsung direbus dalam panci tekan. Perebusan dalam panci tekan tidak disarankan untuk masakan yang membutuhkan resapan bumbu. Misal, gulai dan semur.

Dalam pembuatan sup, bubuhi merica yang sudah disangrai, pala, kayumanis, dn cengkeh. Rempah-rempah ini bukan hanya membuat sup kaya aroma, tetapi membantu menghilagkan bau prengus kambing.

Membuat Nasi Goreng :

Karena untuk membuat nasi goreng, daging kambing hanya ditumis, pilih daging kambing yg muda.
Potong kecil2 dan tipis agar bisa matang dan empuk hanya dengan ditumis.
Daging boleh saja dilumuri sedikit baking powder dulu.

"Sebaiknya penderita darah tinggi tidak usahlah makan daging kambing. Bagi pecinta daging kambing juga jangan lupa untuk mengonksumsi sayuran setelah makan kambing dan berolahraga setelah makan untuk mengurangi jumlah kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh,"


Semoga bermanfaat.




===== Haji, Umrah

» Thanks for reading Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing