travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Walau Ongkos Naik Haji / ONH Tinggi, Antrian Jamaah Makin Panjang

Menteri Agama dan Komisi VIII DPR RI akhirnya menetapkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) / Ongkos Naik Haji 2012, Senin (10/7).

Berikut besaran ongkos haji berdasarkan embarkasi:

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) 3.328 dolar AS

Medan 3.388 dolar AS

Batam 3.468 dolar AS

Padang 3.404 dolar AS

Palembang 3.456 dolar AS,

DKI Jakarta 3.638 Dolar AS

Solo sebesar 3.617 dolar AS

Surabaya 3.738 dolar AS

Balikpapan 3.819 dolar AS,

Banjarmasin 3.808 dolar AS

Makassar 3.882 dolar AS

Lombok 3.857 dolar AS

Kementrian Agama Republik Indonesia akan menaikkan ongkos naik haji (ONH) 2012. Kenaikannya, disebut oleh Menteri Agama Suryadharma Ali sekitar 10 persen.

Menag mengatakan, keputusan untuk menaikkan biaya itu terkait tiga hal.

Pertama, biaya sewa pemondokan di sekitar Masjidil Haram mengalami kenaikan. Kedua naiknya harga bahan bakar pesawat (Avtur) yang berimbas pada kenaikan harga tiket.

Ketiga, melemahnya nilai tukar rupiah atas dolar. Pada 2011, nilai rupiah terhadap dolar berkisar Rp 8200 sampai Rp 8500. Sekarang, nilai tukar rupiah terhadap dolar berkisar Rp 9400 sampai Rp 9500.

“Kenaikan ONH kurang lebih sebesar 10 persen. Tapi masih menunggu keputusan pemerintah dan DPR,” kata Menteri Agama Suryadarma Ali kepada wartawan, Selasa (10/7), di DPR-RI Jakarta.

Anggota Komisi VIII DPR-RI dari Fraksi PKS Ledia Hanifa menyebutkan masyarakat berhak mendapat kejelasan dan keadilan dalam menanggung biaya haji, jadi bukan sekedar menerima berapa saja keputusan biaya yang harus ditanggung.

"Perlu ada kejelasan dan memenuhi unsur keadilan dalam penetapan biaya haji, masyarakat harus mendapatkan kejelasan itu," kata Ledia Hanifa di Bandung, Selasa.

Dalam pembahasan soal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) selama ini, kata Ledia, pemerintah berulang kali meminta kenaikan biaya haji dengan alasan adanya kenaikan beberapa komponen biaya seperti penerbangan karena terkait kenaikan harga bahan bakar.

Namun DPR sendiri, menurut dia, masih melihat bahwa komponen lain dari BPIH yang selama ini dipakai masih bermasalah. Karena itu, Ledia yang juga anggota Panitia Kerja Pembahasan BPIH mengaku tidak sepakat dengan sistem penetapan BPIH yang diajukan pemerintah selama ini.

Sementara itu walau biaya ongkos naik haji mengalami kenaikan, namun minat jamaah menunaikan ibadah haji tetap sangat tinggi seperti di jambi jamaah yang mendaftar harus menunggu hingga tahun 2023 baru bisa berangkat.

Daftar Haji/ Cara Mudah Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena Cheria Travel memberikan cara mudah daftar umroh 2016 untuk anda semua yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang memberikan kemudahan dalam daftar umroh 2016 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Cara Mudah Daftar Umroh 2016 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Walau Ongkos Naik Haji / ONH Tinggi, Antrian Jamaah Makin Panjang