Daftar Haji Saat Lansia Bisa Langsung Berangkat

oleh: Farida Ningsih

Langsung berangkat untuk lansia saat daftar haji
Pendaftar Haji Lansia Bisa Langsung Berangkat 2013

 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama menjamin kuota haji bagi jamaah lanjut usia terpenuhi. Sehingga jika jatah kuota diprioritaskan bagi lansia, pendaftar berusia lanjut pada tahun 2013 bisa langsung berangkat. "Kita beri kesempatan calon jamaah haji berusia 80 tahun sampai lebih dari 100 tahun diprioritaskan tahun 2012 sehingga habis. Sehingga tahun 2013 jika ada yang mendaftar jamaah reguler bisa berangkat saat itu juga dengan pendamping maksimum satu orang per jamaah lansia," terang Menteri Agama, Suryadharma Ali, saat jumpa pers akhir pekan lalu di Bandara Soekarno-Hatta.

Meski kebijakan tambahan untuk lansia belum dihitung secara seksama, Suryadharma memastikan, kelompok calhaj 80 tahun hingga 100 tahun ke atas bisa terpenuhi dengan jatah kuota tambahan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah Arab Saudi selalu memberi jatah kuota tambahan sebanyak 10.000 orang. Maka, kata dia, jika jatah level umur tadi telah habis, kelompok umur prioritas selanjutnya adalah 70 tahun hingga 80 tahun. "Jika masih ada calhaj umur 80 tahun ke atas baru mendaftar 2013, maka dipastikan bisa langsung berangkat,"ujar Menag. Sementara untuk kelompok umur 60 tahun-70 tahun, Menag menyatakan sejumlah 289 ribu orang. Sehingga dia memastikan tidak bakal terpenuhi dalam satu kali keberangkatan.

Suryadharma juga mengungkapkan hasil pertemuan dengan Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi DrBandar bin Mohamed Hajjar, antara lain mengenai permintaan tambahan kuota, tadi. Alasan yang diajukannya karena daftar tunggu jamaah Indonesia mencapai 1,7 juta orang dengan masa tunggu selama 12 tahun. Dia sudah bertemu Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi Dr Bandar bin Mohamed Hajjar, di Kantor Kementerian Haji Arab Saudi.

Menag menyatakan bahwa Arab Saudia sebagai negeri kedua, Makkah dan Madinah selalu dirindukan umat Muslim Indonesia, dan pertumbuhan ekonomi sudah makin naik sehingga yang mendaftar haji makin banyak, calon jamaah Indonesia juga lebih dari 1,7 juta orang dengan masa tunggu 12 tahun. "Kami tidak bosan meminta kepada Arab Saudi untuk bisa menambah kuota," papar Menag. Namun demikian, lanjutnya, permintaan kuota Indonesia sebanyak 30 ribu orang belum mendapat jawaban dari Arab Saudi.


Syarat Daftar Haji ONH Plus

Bagi yang hendak mendaftar sebagai calon jamaah haji onh plus Indonesia berikut tata cara / persyaratan pendaftaran haji onh plus :

 Syarat Dokumen :

1. Foto Copy KTP : 5 (lima) lembar
2. Foto Copy Kartu Keluarga (KK) : 2 (dua) lembar
3 Foto Copy Surat Nikah : 2 (dua) lembar
4. Pas Photo terbaru (berwarna) ukuran : 3 x 4 = 40 lembar 4 x 6 = 10 lembar persyaratan : - Latar belakang putih , 85% ukuran kepala/wajah - Posisi wajah/muka difoto tidak boleh miring - wanita : memakai kerudung / jilbab berwarna
5. Mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran
6. Menyerahkan Surat Kuasa tandatangan diatas materai Rp. 6.000,- (jika pengambilan porsi ONH Plus dikuasakan ke Cheria Travel )

 Cara pembayaran :

 1. Pada waktu pendaftaran, membayar uang muka sebesar USD 4,000 » Untuk pengambilan porsi Haji ONH Plus ke Depag USD 3.000 jika pendaftaran dikuasakan ke Cheria » USD 1.000 jika calon jama'ah sudah memiliki porsi ONH Plus (pendaftaran dilakukan secara pribadi)

 2. Pelunasan porsi Haji ONH Plus ke Depag pada tahun keberangkatan sebesar USD 2.000 (setelah Pemerintah mengumumkan harga ONH) 3. Sisanya dapat dicicil setiap bulan dan pelunasan pembayaran paling lambat pada awal Ramadhan tahun keberangkatan
Judul: Daftar Haji Saat Lansia Bisa Langsung Berangkat
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Farida Ningsih

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Posted by: Cheria Wisata

3 komentar:

  1. Alhamdulillah, untuk lansia mmg mesti kita prioritaskan..

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pak, mohon tuk diperjelas ya mengenai prosedur pembayaran daftar haji khusus lansia ini di cheria travel. pemaparan diatas msh blum dpt saya cerna khawatir salah memaparkan ke jamaah pak. terima kasih atas kemudahannya. wassalam

    BalasHapus
  3. info diatas bersumber dari republika, tapi kadang yang terjadi dilapangan bisa berbeda :-)

    BalasHapus

Terima kasih atas kiriman komentarnya, kami akan segara menjawab.

Salam

http://cheria-travel.com

Google+ Badge

Travel Tour Wisata Muslim Umroh Haji ONH Plus Cheria

Cheria Tour Wisata

Alhamdulillah Travel Umroh Haji ONH Plus Cheria Tours and Travel Siap Melayani Tamu Allah SWT untuk Haji ONH Plus dan Umroh Tahun 2014 Juga Tersedia Program Paket Tour Wisata Muslim.

Kami menerima pendaftaran program untuk perorangan, keluarga , group dan perusahaan dengan biaya yang pantas.

Paket Wisata Populer

Cheria Travel Memiliki beberapa paket tour wisata muslim yang paling banyak diminati dengan alasan harganya murah dan pasti berangkat seperti ke :Eropa, Asia, Amerika, Australia, dan Afrika.

Selain itu kami juga melayani tour private, tour promo maupun tiket pesawat international.

Google+ Followers

tour wisata

onh plus

haji plus

umroh plus

paket
tour
wisata
2013
2014
biaya