travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Hawa Mahal, Istana Angin Merah Muda dari Jaipur India



hawa mahal, Tour India, Wisata India, tour muslim india,



Wisata Muslim India - Hawa mahal merupakan tempat wisata terkenal yang terletak di jantung kota Jaipur, India. Pada tahun 1799 M,  Jaipur dibangung oleh Dinasti Rajput Kachwaha, Maharaja Sawai Pratap Singh, cucu dari Maharaja Sawai Jai Singh.

Hawa Mahal merupakan bangunan pertama yang dibangun dari batu pasir merah dan merah muda berbentuk Mahkota Krisna, dewa Hindu. Selain itu, bangunan ini dianggap sebagai bentuk perwujudan arsitek Radjputana. Bangunan ini dirancang seperti benteng sarang lebah dengan ratusan jendela kecil  dengan ketinggian lima puluh meter.



Jika memasuki pintu yang mengarah ke halaman luas dan dikelilingi oleh dua lantai berbentuk tiga sisi, pengunjung akan melihat gedung berlantai lima dengan bentuk struktur piramida Casement kecil. Itulah Hawa Mahal, yang masing-masing dilengkapi jendela kecil dan atap melengkung dengan ukiran menggantung.

Hawa Mahal termasuk sebagai bangunan megah dan mewah. Bangunan ini terkenal dengan sebutan Istana Angin, yang dirancang oleh Lal Chand Usta yang memiliki 953 jendela mata angin. Banyaknya jendela yang dibangun berguna untuk menjaga ruangan agar tetap dingin.

hawa mahal, Tour India, Wisata India, tour muslim india,


Bangunan megah ini memiliki puncak dengan lima kamar. Dari Hawa Mahal, pengunjung bisa melihat sebuah museum arkeolog dan banyak atraksi seperti Jantar Mantar, Govind Djevi, Candi, Amer Fort, Fort Nahargarh, Ram Niwas Bagh, BM Birla Pnetarium, Kuil Jain, Patung Lingkaran, Siosida Rani Garden, dan bangunan lainnya.

Pada masa dulu, Raja Rajput, yang terkenal ketaatannya pada budaya tradisional, menjalankan peraturan bahwa wanita tidak diizinkan terlihat di muka umum karena bisa menjatuhkan martabatnya. Oleh sebab itu, Sang Raja membuat para wanita itu tetap tinggal dalam rumah dan tidak bertemu dengan orang asing.

Adanya peraturan ini tidak lantas membuat para wanita menjadi tertinggal. Nyatanya mereka memiliki ruang khusus, di mana para wanita bisa melihat proses pergantian hari demi hari. Pada saat ingin mengetahui kejadian di dunia luar, mereka bisa melihatnya dari Hawa Mahal. Pembangunan bangunan ini dilakukan pada tahun 1799 M. 

Hawa Mahal merupakan unsur kompleks Istana kota Jaipur yang berbentuk mirip Piramida. Bahkan terkesan seperti mahkota yang menghiasi kepala Lord Krisna. Dari kejauhan, Hawa Mahal terlihat seperti mahkota berwarna merah muda.

hawa mahal, Tour India, Wisata India, tour muslim india,


Saat ini, Hawa Mahal memiliki sebuah musium arkeologi. Bagian atasnya terdiri dari dua lantai, yaitu satu ruangan tanpa tangga dan satu ruangan lagi digunakan untuk membawa tandu wanita kerajaan.

Hawa Mahal juga memiliki sebuah ruangan yang diberi nama “Ruang Viaduct”. Ruangan ini disediakan untuk para wanita kerajaan sebagai taman bertamasya. Ruang Viaduct terletak di sebelah barat Hawa Mahal. Dulu, ruang ini ditutup dengan layar batu yang indah dan diperpanjang hingga Upto  Hathi Pol dan Sangin Burj. Di sampingnya terdapat sebuah jembatan setinggi 8,23 meter dan lengkungan 3,33 meter yang dilengkapi dengan kubah dan drum berisi bunga tulip.

Pada tahun 953 SM, jharokhas atau jendela bangunan mulai dibangun dengan arsitek ukiran yang menggabungkan model hindu Rajput dan Mughal. Sementara bunga teratai dan kanopi yang berbentuk kubah merupakan bentuk arsitektur Islam. Adapun model arsitek ini seakan terlihat seperti Mahal Panch dan Fatehpur Sikri.

Ada yang sedikit aneh dengan Hawa Mahal. Apa itu? Yaitu pintu masuknya yang berada di bagian belakang, bukan depan.

hawa mahal, Tour India, Wisata India, tour muslim india,


Sesampainya di muka gerbang Hawa Mahal, semua pengunjung atau wisatawan dipersilahkan berjalan kaki menulusuri toko-toko (Bazaar Chandpol) sepanjang 50 meter. Alternatif pintu masuk lain ke Hawa Mahal yaitu melewati samping Bazaar Chandpol, yang buka selama 24 jam. Jalan ini terhubung oleh komplek pertokoan dengan tangga sampai ke daerah atap yang membuat pengunjung bisa leluasa melihat apa yang diinginkan.

Berkunjung ke Hawa Mahal lebih tepat dilakukan pada saat matahari terbit, yaitu ketika sinar matahari menyinari tempat tersebut. Pantulan sinar dari bangunan ini terlihat bagaikan permata yang memancarkan sinarnya.

Saat ini, Hawa Mahal telah menjadi tempat wisata terkenal. Tempat ini menjadi salah satu pemandangan yang spektakuler di Jaipur dan tempat yang bagus untuk pembuatan film India dan Internasional.

hawa mahal, Tour India, Wisata India, tour muslim india,

Berbicara tentang sarana transportasi di Jaipur, yang menjadi ibukota Rajasthan, tempat wisata terbesar kedua di India ini terhubung dengan semua sarana transportasi berikut.

  • Bandara Indira Ghandi Internasional, yang melayani dari Delhi, Mumbai, Jodhpur, dan Undaipur yang menuju Jaipur.
  • Kereta dan Bus yang melayani Delhi, Mumbai, Madras, Kolakata, dan Jammu.
  • Becak dan otobecak.
  • Taksi.
  • Bus kota
Nah, bagi sahabat wisata muslim yang ingin berwisata ke India, ikuti Paket Tour Muslim India yang diselenggarakan oleh Cheria Travel. Kunjungi juga video menarik kami yang akan menyajikan keindahan dari Hawal Mahal tersebut di bawah ini :


Dengan paket wisata muslim Cheria, wisata menjadi lebih tenang dan menyenangkan.  Selamat berwisata!



» Thanks for reading Hawa Mahal, Istana Angin Merah Muda dari Jaipur India