travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Apakah itu wisata syariah itu?

Mosque Blue Brunei

Hampir mirip dengan istilah populer wisata muslim atau wisata halal, wisata syariah menawarkan paket wisata yang memegang prinsip sesuai dengan syariah Islam tanpa mengubah tujuan destinasi dan obyek populer wisata pada umumnya.

Jadi wisata syariah ini mengakomodir keingin turis lokal maupun mancanegara dalam masalah kenyamanan dalam memegang prinsip-prinsip islam, bukan hanya masalah makanan halal tapi juga di hotel tidak menjual minuman keras, kolam renang terpisah laki dan perempuan, layanan spa yang islami juga mesti disediakan di hotel maupun lokasi tour wisata, jadi para turis tidak perlu khawatir lagi.

Saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan sembilan tujuan wisata yang memiliki potensi untuk dipromosikan sebagai kawasan wisata syariah di Indonesia. Sembilan daerah itu adalah Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar, dan Lombok. Uniknya propinsi Aceh yang notabene adalah propinsi syariah tidak termasuk didalamnya .

Kemenparekraf menyiapkan standarisasi usaha wisata syariah mulai dari hotel, restoran, spa, biro perjalanan wisata. Kemenparekraf akan menggandeng universitas-universitas untuk menyiapkan SDM industri wisata syariah seperti guide, customer service di hotel.

Boleh dibilang Indonesia kalah star dan kurang gencar dalam promosi wisata syariah dibandingkan negara lain namun tetap kita optimis dan punya potensi sangat besar untuk mengembangkan paket wisata syariah.

Jangan khawatir, untuk mendapatkan jasa tour wisata syariah ini cheria travel sudah menyiapkan peket tour syariah baik tujuan domestik maupun international, silahkan menghubungi cheria travel untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Perbankan syariah kini juga turut ambil bagian, salah satunya adalah BRI, Dirut BRI Syariah Mohammad Hadi Santoso di sela launching program sekaligus launching booklet pedoman wisata syariah di Empire Palace, mengatakan, pembiayaan di sektor ini bisa meliputi banyak bidang.

"Misalnya pembiayaan pembangunan perhotelan berbasis syariah, travel syariah, usaha makanan dan minuman berbasis syariah," katanya, Kamis (20/12/2012).

Label wisata syariah ini, kata dia, tergolong produk baru di Indonesia. "Kami tertarik untuk bersinergi di sektor ini. "Nantinya BRI Syariah tidak hanya akan bergerak di pembiayaannya tapi juga funding melalui cash management system," yakinnya.

Kunungi juga artikel kami yang lainnya dalam Paket Tour Syariah



» Thanks for reading Apakah itu wisata syariah itu?