travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Penyebab Mahalnya Biaya Haji di Indonesia Menurut ICW


Penyebab mahalnya biaya haji di Indonesia menurut beberapa ahli dari Indonesia Corruption Watch (ICW) disebabkan karena dua hal penting, yaitu :

Pertama, pengelolaan dana dan setoran awal dari calon jamaah haji yang tidak optimal. Bila hal tersebut dapat diperbaiki dan dikelola secara baik maka dana dan setoran a
wal ini bisa menjadi pengurang dari komponen biaya penyelenggaraan haji yang harus ditanggung oleh setiap jamaah haji dari Indonesia. 

Penyebab Mahalnya Biaya Haji di Indonesia Menurut ICW
Penyebab Mahalnya Biaya Haji 
Adapun point penting yang kedua adalah pembagian komponen biaya yang harus ditanggung jamaah dan biaya penyelenggaraan yang dibayar pemerintah melalui APBN dan APBD tidak pernah jelas. Hal tersebut berdampak sering kita jumpai biaya penyelenggaraan seperti administrasi, transportasi dan honor petugas penyelenggara haji, masih juga harus turut ditanggung oleh jamaah haji, sehingga berakibat biaya haji semakin tinggi. 



Disamping kedua hal penting tersebut, tampak adanya upaya pemborosan atau mark-up untuk harga-harga barang dan jasa keperluan ibadah haji. Harga yang harus dibayarkan untuk transportasi, akomodasi dan katering seringkali tampak tidak wajar, cenderung lebih tinggi dari harga normal.

Saat ini, Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji ( BPIH ) di Indonesia dikatagorikan paling mahal dibandingkan biaya haji di kawasan Asia. Selain itu, biaya haji yang tinggi tidak disertakan dengan kualitas penyelenggaraan ibadah haji yang berkualitas, karena telah menjadi berita pada setiap tahun tentang pelaksanaan ibadah haji dari Indonesia selalu saja ada kabar buruk, mulai soal pemondokan haji yang tidak layak, katering haji yang terlambat menyalurkan makanan, hingga antrean nama calon jamaah haji yang diserobot oknum tertentu. Semoga untuk tahun yang akan datang hal ini dapat diperbaiki.

» Thanks for reading Penyebab Mahalnya Biaya Haji di Indonesia Menurut ICW