travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Tips Hemat Pergi Liburan Bersama Keluarga

Masa libur panjang merupakan waktu yang dinanti-nanti setiap keluarga. Sebagai orangtua, Anda harus merencanakan agenda itu berjalan lancar dan efisien. Bagaimana caranya?

Perencana keuangan Prita Ghozie berbagi tips dan trik untuk memperlancar rencana libur panjang. Pertama, Anda harus menentukan daerah tujuan berlibur. Tentukan pula berapa banyak jumlah anggota keluarga yang ikut. Prita menyarankan Anda merancang rencana itu jauh sebelum masa libur panjang.

Lalu, cari tahu gaya liburan yang diinginkan. Apakah Anda akan mengontak agen perjalanan (travel agent) atau merencanakannya sendiri.

"Sebetulnya secara umum, biasanya membuat paket sendiri lebih mahal dibandingkan menggunakan jasa travel agent. Tapi kalau kita tahu apa yang kita mau sebetulnya bisa mencari tempat-tempat yang lebih memberi diskon. Karena sekarang banyak banget website dan lainnya yang bisa kita dapatkan informasinya," ujar Prita dalam segment Your Money di 811 Show Metro TV, Jakarta, Jumat (10/5).

Setelah menghitung-hitung, Prita mengatakan anggaran yang efisien untuk liburan adalah dengan mengikuti paket perjalanan. Biaya perjalanan dan seluruh akomodasi sudah jelas. Biaya tak terduganya hanya pembelian oleh-oleh. Namun, jadwalnya tak fleksibel. Itulah alasan beberapa orang memilih merancang sendiri liburannya.

Bagi Prita, tak masalah merancang sendiri rencana berlibur tanpa mengandalkan jasa agen perjalanan. Tapi, tentukan jenis liburannya, seperti apa, belanja, dan jalan-jalannya.

Hindari pula pembengkakan pengeluaran. Misalnya membeli tiket masuk ke tempat-tempat hiburan. Pertimbangkan pula menggunakan transportasi umum atau menyewa mobil.

Terakhir, buatlah anggaran. Biasanya, biaya kuliner yang paling menguras kantong. Saat lelah berjalan-jalan, orang cenderung mencari tempat makan terdekat meski harga makanannya mahal.

Menurut Prita, biaya kuliner akan menghabiskan anggaran berlibur hingga 40 persen. Sementara biaya transportasi cenderung murah. Apalagi, banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket dengan harga murah.

tips liburan


Untuk mengatasinya, Prita membagikan trik sebagai berikut:
- Tak mengandalkan minuman yang disediakan di restoran.
- Belilah minuman botol di minimarket lalu simpan di kulkas di kamar hotel.
- Bawalah beberapa botol minuman bila Anda atau anak-anak haus saat berjalan-jalan.

"Saya sudah menerapkan itu bertahun-tahun. Kita bisa saving alot (menghemat anggaran lebih banyak) dari situ," katanya.(Lesi Setiawati)

Paket Tour Promo Lengkap


Cheria Wisata juga masih menyediakan pilihan destinasi lainnya yang bisa Anda ikuti. Ayo daftar segera dan jangan sampai melewatkan keseruan berlibur ke berbagai destinasi bersama dengan Cheria Wisata! Untuk berkonsultasi langsung mengenai Promo Paket Tour Wisata Muslim ini silahkan menghubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Tips Hemat Pergi Liburan Bersama Keluarga