travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Berlibur dengan Paket Wisata Halal

Berlibur dengan Paket Wisata Halal


Paket Wisata Halal
Paket Wisata Halal Cheria

Anda mempunyai rencana untuk berlibur ke luar negeri? Tetapi masih khawatir akan kesulitan mencari tempat/rumah makan yang halal? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba paket wisata halal. Saat ini telah banyak biro pariwisata yang menawarkan paket tersebut.

Paket Wisata Halal


Paket wisata ini akan menjamin Anda mendapatkan sajian makanan dan minuman yang halal selama perjalanan. Jadi Anda tidak perlu bingung mencari restoran halal, terutama di Negara-negara yang mayoritas penduduknya nonmuslim. Selama perjalanan Anda juga akan dipandu oleh seorang guide. Selain bertugas menunjukkan tempat makan/restoran yang halal, guide juga membantu Anda dalam memilih jajanan tempatan yang halal.

Perjalanan Wisata yang Efektif


Paket wisata ini tentu saja memberikan kenyamanan selama perjalanan wisata Anda. Dengan memanfaatkan paket wisata halal, perjalanan wisata yang Anda lakukan akan menjadi sangat efektif. Anda tidak perlu membuang-buang waktu sekian lama hanya untuk berkeliling mencari rumah makan atau restoran yang halal. Waktu Anda memang benar-benar hanya untuk menikmati liburan.

Jaminan Halal


Kehalalan suatu hidangan merupakan hal yang wajib diketahui oleh seorang umat Muslim. Makanan atau minuman dikatakan halal apabila cara mengolahnya, cara penyembelihannya, serta zat yang terkandung di dalamnya dinyatakan halal dalam Islam. Misalnya penyembelihannya dengan mengucapkan nama Allah, proses pengolahannya tidak dicampur dengan bahan-bahan yang diharamkan seperti wine, alkohol, dan lain sebagainya.

Penyedia atau pihak penyelenggara paket wisata halal tentu saja telah melakukan survey di tempat-tempat wisata yang akan mereka kunjungi. Apa saja yang perlu mereka dipersiapkan?

· Menyediakan bahan makanan yang halal untuk disajikan kepada pelanggan.


Pihak biro pariwisata biasanya melakukan kerja sama dengan pihak hotel di Negara setempat untuk memasak hidangan yang halal bagi pelanggannya.

. Rumah Makan Halal


Ketika membuka paket wisata ke suatu Negara, terutama yang mayoritas nonmuslim, pihak biro wisata terlebih dahulu harus mencari informasi tentang di mana saja tempat-tempat yang menyajikan makanan dan minuman halal. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena bisa saja terjadi, waktu makan yang bertepatan dengan waktu kunjungan ke suatu tempat. Situasi ini tidak memungkinkan bagi pelanggan untuk makan di hotel tempat menginap.

Seperti telah dijelaskan tadi, mereka harus memastikan bahwa semua proses pengolahan makanannya dilakukan denga cara yang benar dan sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian mereka baru bisa memutuskan bahwa rumah makan tersebut halal.

Cakupan Wisata Halal


Berbicara mengenai wisata halal, sebenarnya tidak hanya mengacu pada urusan makanan dan minuman saja. Tempat-tempat yang dikunjungi juga harus terjaga kehalalannya. Dalam arti, tempat wisata yang Anda kunjungi tidak mempertontonkan atraksi-atraksi maupun pertunjukan yang bertentangan dengan syariat Islam. Selain itu, menjaga waktu-waktu sholat juga merupakan salah satu kegiatan yang mendukung wisata halal.

Saat ini, Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI berencana akan menyusun pedoman untuk berwisata yang sesuai dengan syariat Islam. Pedoman ini nantinya akan mengatur mengenai aktivitas yang dilakukan selama berwisata, masjid-masjid yang dapat dikunjungi selama perjalanan, tempat penginapan yang terhindar dari perbuatan maksiat, serta termasuk di dalamnya tentang kehalalan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kebijakan ini sebenarnya mengadopsi peraturan di beberapa Negara, seperti Negara Turki, Uni Emirat Arab, bahkan Negara tetangga Malaysia pun sudah mulai menerapkannya. Dengan adanya pedoman ini diharapkan keluarga-keluarga muslim yang akan berwisata ke luar negeri memperoleh kenyamanan lahir dan batin..

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Berlibur dengan Paket Wisata Halal