travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Hajar Aswad, Batu Ruby Dari Surga

Hajar Aswad, Batu Ruby Dari Surga


Hajar Aswad yang bermakna batu hitam adalah sebuah batu yang sangat dimuliakan. Ia merupakan jenis batu ruby, yang berasal dari Surga melalui malaikat Jibril. Hajar Aswad terdiri dari delapan keping yang terkumpul dan diikat dengan lingkaran perak.

Hajar Aswat, Batu Ruby dari Surga

Batu hitam itu sudah licin karena terus menerus dikecup, dicium dan diusap-usap oleh jutaan bahkan milyaran manusia sejak Nabi Adam, yaitu jamaah yang datang ke Baitullah, baik untuk haji maupun untuk tujuan Umrah.Sebagian besar umat Islam, terutama yang menunaikan ibadah haji, berusaha menciumnya, sebagaimana yang dicontohkan Nabi Saw.

Rasulullah  Muhammad SAW menjelaskan, hajar aswad adalah batu yang diturunkan Allah SWT dari surga yang pada awalnya warna batu itu lebih putih daripada susu. Namun dosa-dosa yang dilakukan oleh umat manusia mengubah nya menjadi hitam.



Hajar Aswad Di Ka'bah

Pada awalnya, hajar aswad berupa batu dengan diameter sekitar 30 sentimeter ,karena berbagai peristiwa yang menimpanya. Kini hajar aswad yang tersisa adalah delapan butir batu kecil sebesar kurma yang dikelilingi oleh bingkai perak, tidak semua yang terdapat di bingkai perak adalah hajar aswad.

Butiran-butiran hajar aswad tersebut tepat berada di tengah bingkai. Butiran inilah yang disentuh dan dicium oleh jamaah umroh maupun haji, hajar aswad selalu dimuliakan sejak masa jahiliah hingga islam datang. Apabila manusia mencium batu itu maka timbullah perasaan semacam seolah-olah mencium Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Hajar Aswad itu merupakan tempat diperkenan doa. Bagi yang ada kelapangan dan berdoalah di sana. Insya Allah doanya akan dikabulkan oleh Allah. Jagalah hati kita sewaktu mencium Hajar Aswad supaya tidak menyekutukan Allah, sebab tipu daya syaitan kuat di Tanah Suci Mekah.


Hajar Aswad
Mencium Hajar Aswad



Mencium hajar  aswad dalam melaksanakan perjalanan umroh dan haji adalah perkara sunnah, sedangkan menyakiti orang lain adalah haram, maka janganlah mengerjakan yang haram demi mendapatkan yang sunah, karenanya, bagi jamaah umroh maupun haji tidak boleh memaksakan untuk mencium atau menyentuh hajar aswad jika kondisinya tidak memungkinkan. Apalagi, jika sampai menyakiti dan membahayakan orang lain. Itu adalah perbuatan haram yang akan merusak kesempurnaan ibadah haji.

Info Paket Umroh Haji Plus 2014

Nah setelah mengetahui seluk beluk mengenai Hajar Aswad ini, pastinya terbesit keinginan untuk menyentuhnya langsung bukan? Semuanya bisa diwujudkan dengan mengikuti berbagai pilihan Paket Umroh Haji Cheria Wisata, diantaranya adalah :


Untuk mendapatkan info lebih lengkapnya mengenai Paket Umroh Haji Plus 2014 ini, Anda bisa menghubungi kami langsung ke :

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah
Gedung Twink Lt. 3
Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 216 (Hunting)
Mobile : 021 444 610 74


Semoga artikel Hajar Aswad, Batu Ruby Dari Surga ini dapat menjadi info yang bermanfaat bagi Anda semua ya.


Salam Cheria Wisata,



» Thanks for reading Hajar Aswad, Batu Ruby Dari Surga