travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Menangkap Makna Tawaf Yang Sesungguhnya

Menangkap Makna Tawaf Yang Sesungguhnya


Dalam pengertian umum, Ibadah Tawaf adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama dengan lari - lari kecil (jika mungkin) dan selanjutnya dengan berjalan biasa. Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad (tempat batu hitam) dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri.

Makna Tawaf 7 Kali



Menangkap Makna Tawaf Yang Sesungguhnya
Menangkap Makna Tawaf Yang Sesungguhnya

Selain sebagai ibadah, rupanya tawaf memiliki keutamaan dan energi yang sangat dahsyat lho. Adapun efeknya, hanya bisa dirasakan oleh masing-masing individu sesuai kualitas dan pengalaman ibadahnya.

Di antara rukun-rukun ibadah haji, tawaf merupakan rukun yang tidak mudah ditangkap simbolisme yang terkandung di dalamnya. Bergerak mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali memiliki makna yang sangat dalam bagi hidup dan kehidupan setiap manusia dalam totalitas dimensinya, bukan hanya dalam konteks ritual atau kepentingan akhirat semata. 

Tawaf,  sesungguhnya mengandung makna bahwa gerak hidup setiap manusia bukanlah sekedar untuk hidup itu sendiri, melainkan segala gerak hidup itu terjadi dan menuju kepada Allah dan Allah lah sebagai pusat pusaran gerak manusia.


Tata Cara
Tata Cara Tawaf

Tawaf adalah buah wukuf. Jelasnya, tafakur di Arafah harus mampu membangkitkan motivasi untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah. Tawaf adalah simbol ketaatan makhluk. Mengapa? Ini fenomena yang unik dan menarik yang harus kita ketahui.

Tawaf adalah berputar mengelilingi ka’bah dengan arah berlawanan jarum jam. Semua makhluk di jagad raya taat kepada Allah dengan cara demikian.

Buktinya? Ini dia.

Setiap benda tersusun dari atom. Termasuk tubuh kita. Atom terdiri atas sebuah inti atom dan beberapa elektron. Seluruh elektron di dalam atom bergerak mengelilingi inti atom persis seperti tawaf mengelilingi ka’bah! Subahanallah…

Keajaiban Tawaf Umroh Haji
Keajaiban Tawaf Umroh Haji
Tidak hanya itu. Jagat raya (makro cosmos) juga semua bertawaf mengelilingi pusatnya masing-masing. Bulan bertawaf mengelilingi bumi. Bumi bertawaf mengelilngi matahari. Matahari berthawaf mengelilingi pusat galaksi. Subhanallah….

Semua makhluk di jagat raya ini bertawaf (taat) kepada Allah. Karena itu, saat anda melaksanakan tawaf, tekadkan dalam hati anda bahwa anda sedang dan akan terus melakukan ketaatan kepada Allah.

Nah bagi Anda yang sangat ingin sekali merasakan kekuatan dari ibadah tawaf itu sendiri, sekaranglah waktunya untuk menunaikan ibadah umroh dan haji yang akan membuat Anda dapat mencicipi manisnya keimanan kepada Allah. Ikuti juga Paket Umroh Reguler BY GA Desember dengan paket Cheria Wisata.

Pendaftaran dan konsultasi lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi kami langsung ataupun bersilaturahim ke :

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah
Gedung Twink Lt. 3
Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 216 (Hunting)
Mobile : 021 444 610 74


Semoga artikel Menangkap Makna Tawaf Yang Sesungguhnya ini dapat memberikan Anda info yang bermanfaat untuk penunaian ibadah umroh ataupun haji kedepannya ya. Makna Tawaf di Baitullah


kenapa thawaf 7 putaran
kenapa tawaf harus 7 putaran

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Menangkap Makna Tawaf Yang Sesungguhnya