travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Haji Sebagai Tiang Agama

Haji Sebagai Tiang Agama


Islam memiliki 5 rukun Islam yang menjadi tiang agama, yaitu syahadat, salat, zakat, puasa dan haji. Sebagai tiang agama, 5 rukun Islam tersebut bersifat wajib dan mengikat pemeluknya. Kaum muslimin harus selalu mengucapkan syahadat, menegakkan salat, membayar zakat, menunaikan puasa dan menunaikan haji. Muslim yang berhasil istiqomah memenuhi 5 rukun Islam akan ditinggikan derajatnya di sisi Allah SWT.

Khusus rukun Islam kelima yaitu ibadah haji, hanya mengikat pada muslim yang mampu secara finansial dan secara fisik. Muslim yang kurang mampu bisa mengganti ibadah haji dengan ibadah yang lainnya. Sesungguhnya Allah tahu mana muslim yang mampu dan mau menunaikan rukun kelima ini dan mana yang mampu tapi tidak mau berangkat haji. Dan Allah telah berfirman dalam surat Al Imran: 97 "Menunaikan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, (bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah, dan barangsiapa yang mengingkari (kewajiban haji) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak membutuhkan sesuatu) dari semesta alam.” 

Haji Sebagai Tiang Agama
Haji Sebagai Tiang Agama

Orang Islam yang mampu berangkat haji namun tidak mau memenuhi rukun Islam kelima ini termasuk golongan orang yang sangat merugi karena banyaknya nilai ibadah haji yang hanya bisa didapatkan dengan berhaji.

Ibadah haji dilaksanakan di beberapa tempat di Arab Saudi pada waktu yang dikenal seluruh dunia dengan nama musim haji. Waktu haji telah ditentukan yaitu hanya di bulan Zulhijah. Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 – 12 Zulhijah. Namun sebelum tanggal 8 Zulhijah, jamaah haji harus sudah melakukan tawaf haji di Masjidil Haram Mekah dan rukun haji yang lainnya. Pada tanggal 8 Zulhijah semua jamaah haji bermalam di Mina lalu wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah dan berakhir setelah melempar 3 jumrah (batu simbolisasi setan) pada tanggal 10, 11 dan 12 Zulhijah. Sebelum pulang, jamaah harus melaksanakan tawaf wada’ atau tawaf perpisahan.  Meskipun inti dari haji mulai tanggal 8-12 Zulhijah, namun jamaah haji dari Indonesia telah berangkat ke Mekah mulai dari Syawal sampai ibadah haji berakhir. Selama musim haji tersebut, semua jamaah haji harus menunaikan semua rukun haji yaitu niat, Wukuf di Arafah,Tawaf Ifadloh, Sa’i, Tahalul dan melakukannya dengan tertib. Jika ada rukun haji yang tidak dilakukan, maka dikenakan kewajiban membayar fidyah/dam/denda.

Bagi Anda yang ingin segera berangkat haji, kami dari PT Cheria Travel akan membantu Anda menunaikan rukun Islam kelima ini. PT Cheria Travel adalah biro penyelenggara haji plus dari Jakarta Selatan yang terpercaya. Kami telah memiliki ijin sebagai Badan Penyelenggara Ibadah Haji dari kementerian Agama Indonesia dan telah mengantarkan banyak jamaah haji plus menjadi haji yang mabrur. Kami siap membantu Anda dari persiapan hingga ibadah haji selesai secara profesional.

Daftar Haji/ Cara Mudah Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena Cheria Travel memberikan cara mudah daftar umroh 2017 untuk anda semua yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang memberikan kemudahan dalam daftar umroh 2017 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Cara Mudah Daftar Umroh 2017 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi kami.

Berikut Dokumentasi Video Haji Khusus Bersama Cheria Wisata.




Peta Haji - Haji ONH Plus
Peta Haji

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Haji Sebagai Tiang Agama