travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Quota Haji 2014 Berkurang Dari Tahun lalu

Quota Haji 2014 Berkurang Dari Tahun lalu


Mulai  tahun 2013 lalu, kuota haji Indonesia dipangkas 20 persen karena rehabilitasi Masjidil Haram sampai tahun 2016. Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang kuota hajinya dipotong. Negara-negara lain pun mengalami hal serupa. Pemotongan kuota haji sebesar 20 persen di semua negara tetap diberlakukan pada tahun 2014 ini. Bahkan pemotongan 50 persen kuota dasar haji dari Saudi Arabia sendiri akan sulit dikembalikan ke kuota dasarnya. Sebelum tahun 2013, kuota dasar jamaah haji Indonesia adalah 211 ribu orang, namun sekarang kuota haji 2014 menjadi 168.800 orang. Pemotongan kuota ini membuat daftar antrian calon haji Indonesia meningkat tajam.


Komisi VIII DPR RI yang pada kunjungan ke Masjidil Haram tahun lalu melihat bahwa beberapa tempat di masjidil Haram yang direnovasi telah dibuka dan siap pakai, mendesak Kemenag RI  agar bernegosiasi dengan Menteri Haji Arab Saudi agar kuota haji dasar Indonesia sebesar 211 ribu orang dikembalikan. Kembalinya kuota haji 2014 ke kuota dasar haji ini akan sangat mempengaruhi pada pengurangan daftar tunggu jamaah haji Indonesia yang dibeberapa tempat telah mencapai 20 tahun.

Quota haji 2014
Suryadharma Ali sendiri secara khusus bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi Muhammad Hajjar

Atas desakan tersebut, pada bulan Januari lalu Kementerian Agama Republik Indonesia yang diwakili oleh Suryadharma Ali sendiri secara khusus bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi Muhammad Hajjar di Jeddah Arab Saudi. Secara khusus Suryadharma Ali meminta agar kuota haji Indonesia di tahun 2014 ini dikembalikan ke kuota dasar yaitu 211 orang selain 3 isu penting lainnya yaitu lanskap penyelenggaraan haji, pelayanan haji di Arab saudi, serta pengenalan e-Hajj. Sayang sekali permintaan ini terpaksa ditolak oleh Muhammad Hajjar. Terbukti dari  Keputusan Menteri Agama (KMA) no 64 Tahun 2014 tentang Penetapan Haji 1435H/2014M yang memutuskan jumlah jamaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 168.800 orang. Jumlah tersebut terbagi untuk jamaah calon haji khusus (haji plus) dan untuk jamaah calon haji reguler. Keputusan yang ditandatangani Menteri Agama Suryadharma Ali pada tanggal 4 April 2014 ini jumlahnya tidak berubah dari jumlah kuota tahun lalu.

Daftar Haji/ Cara Mudah Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena Cheria Travel memberikan cara mudah daftar umroh 2016 untuk anda semua yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang memberikan kemudahan dalam daftar umroh 2016 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Cara Mudah Daftar Umroh 2016 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Quota Haji 2014 Berkurang Dari Tahun lalu