travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Berwisata Ke Topkapi Palace di Turki

Berwisata Ke Topkapi Palace di Turki


Berbicara tentang sejarah Turki tak lepas dari sebuah prestasi yang diukir salah seorang sultannya, Muhammad al Fatih. Dialah sultan muda yang berhasil merebut Konstantinopel dan menjadikan kota ini menjadi pusat kekuasaan dengan nama Istanbul. Muhammad al Fatih dilahirkan pada tahun 833 H/1429 M dan wafat pada tahun 866 H/1481 M.

Sultan Muhammad Al Fatih
Sultan Muhammad Al Fatih

Untuk memudahkan urusan pemerintahan, sekaligus menyediakan tempat tinggal bagi keluarga sultan, Sultan Muhammad al Fatih membangun sebuah istana pada tahun 863 H/1459 M.  Istana tersebut adalah Istana Topkapi atau Topkapi Sarayi, yang berarti “Istana pintu gerbang meriam”. Hal ini disebabkan di depan pintu gerbang istana pada masa lalu terdapat meriam raksasa.

Istana Topkapi


Istana Topkapi teletak di kawasan Seraglio Point. Istana ini menjadi kediaman resmi sejumlah penguasa kekhalifahan Turki Utsmani selama sekitar 400 tahun, yaitu antara tahun 869-1272 H/1465-1856 M. Sebelum menempati Istana baru itu, sang sultan tinggal di sebuah istana kecil yang terletak di Distrik Beyzit (tidak jauh dari Grand Bazaar), antara Universitas Istanbul dan Masjid Sulaimaniyyah.

Inilah istana yang terkategori tua di kota Istanbul dengan luas 700.000 meter persegi. Pada masa selanjutnya, Istana Topkapi mengalami perluasan dan pemugaran, antara lain pada masa Sultan Sulaiman Al-Qanuni (927-974 H/1520-1566 M). Desain Istana Topkapi memang tidak sama seperti desain istana-istana yang dibangun di Benua Eropa. Pada umumnya, desain istana-istana Eropa berbentuk bangunan raksasa dengan taman yang sangat luas. Sementara Istana Topkapi terdiri dari sejumlah paviliun, dapur, barak, ruang pertemuan, kamar, taman, dan ruang istirahat yang didirikan di seputar gedung utama.

Berwisata Ke Topkapi Palace di Turki
Berwisata Ke Topkapi Palace di Turki

Istana Topkapi sempat masuk dalam situs cagar budaya UNESCO PBB pada tahun 1985. Istana yang memiliki ribuan kamar dan ruang ini kini di bawah pengelolaan Departemen Budaya dan Pariwisata pemerintah Turki dan dijaga oleh tentara militer Turki. Di dalam Istana Topkapi, Anda bisa melihat barang-barang peninggalan sejarah, khususnya sejarah islam. Anda seperti dibawa ke zaman Rasulullah Saw dan sahabatnya. Selama Anda melihat barang-barang bersejarah, mereka disuguhi lantunan tilawah Al-Qur’an. Konon, dulu lantunan ayat suci Al-Qur’an itu dilantunkan tanpa henti selama 24 jam nonstop dan terus menerus selama lebih dari 407 tahun antara tahun 1517-1924 M.

Tour Murah Ke Turki


Itulah gambaran Istana Topkapi yang dibangun oleh Sultan Muhammad al Fatih. Ingin melihat langsung keindahannya? segera hubungi Cheria Wisata yang siap sedia membantu Anda memberikan Paket Tour Halal Turki dan Umroh Plus Turki terbaik dengan harga bersaing untuk mewarnai liburan Anda. Perjalanan Wisata Anda akan lebih berkesan dengan obyek sejarah yang memperkaya wawasan keislaman kita.


NOW! Paket Umroh Plus Turki Promo Desember 2016
Limited...


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Berwisata Ke Topkapi Palace di Turki