travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Menengok Mahakarya Masjid Selimiye di Edirne

Menengok Mahakarya Masjid Selimiye di Edirne


Saat Anda berlibur ke Turki, jangan lupa untuk menyempatkan waktu mampir ke Edirne. Kota cantik Edirne yang terletak 260 km sebelah barat laut Istanbul ini diapit oleh Yunani dengan jarak hanya 7 km dan 20 km dari perbatasan Bulgaria. Dengan jumlah penduduk sebesar 132.000 jiwa, kota mungil ini dulunya merupakan pintu sebelah barat yang dilalui oleh Sultan Muhammad Al-Fateh untuk masuk ke dalam Kota Konstantinopel selepas proses penaklukan.

Kota Edirne
Kota Edirne

Edirne memiliki banyak nama sebutan, pada jaman kekaisaran Romawi kota ini bernama Adrianapolis, sebuah nama dari seorang Kaisar Romawi Hadrian. Orang-orang Inggris menyebut kota ini dengan Adrianople, orang Bulgaria menyebutnya Odrin, orang Macedonia dan Albania menyebut dengan Edrene dan orang Serbia menyebutnya Jedrene.

Daya Tarik Utama Kota Edirne


Namun, daya tarik utama yang dimiliki Edirne adalah Selimiye Mosque atau Masjid Selimiye yang rupanya telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Masjid Selimiye merupakan sebuah mahakarya dalam sejarah arsitektur Islam. Dulunya Masjid ini dirancang dan dibangun oleh arsitek Mimar Sinan pada usianya yang ke-80 pada tahun 1569 dan rampung pada tahun 1575.

Masjid Selimiye berdiri di tengah kompleks külliye yang merupakan suatu kompleks yang terdiri dari sekolah, perpustakaan, rumah sakit, dan pemandian umum di sekitar masjid. Terdapat juga sebuah madrasah, sekolah hadis, kamar penjaga waktu dan sebuah arasta atau deretan toko di area komples masjid ini.

Masjid Selimiye terlihat sangat megah dari luar yang memang mencerminkan kekayaan dan kekuasaan Kekaisaran Ottoman pada saat itu. Namun Anda juga tidak akan kalah terkejut saat masuk ke dalam masjid ini karena Anda akan disambut oleh dekorasi interior yang sangat menakjubkan.

Menengok Mahakarya Masjid Selimiye di Edirne
Menengok Mahakarya Masjid Selimiye di Edirne

Desain interior simetrikal Masjid Selimiye terlihat menghias interior masjid yang menampilkan kesan begitu polos dan bersih yang memiliki pesan tersirat bagi manusia untuk selalu tunduk dan beriman kepada Allah SWT. Selain itu Anda juga akan terpesona pada diameter kubah utama masjid yang mencapai 31,25 meter. Menara yang terdapat di masjid megah ini merupakan menara tertinggi kedua didunia setelah Quth Minar di India. Masjid Selimiye juga memiliki jendela sebanyak 999 buah yang menurut Sinan merupakan simbol kesempurnaan Allah.

Anda akan dapat melihat peninggalan sejarah yang sangat bermakna melalui kunjungan ke Masjid Selimiye di Edirne ini. Selain bisa menunaikan ibadah shalat, Anda juga bisa menambah wawasan peninggalan Islam yang sangat bermakna.

Tour Ke Turki Murah


Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur ke Turki bersama dengan Cheria Wisata ya. Hubungi kami segera untuk mendapat info terkini seputar Turki dan destinasi wisata lainnya yang tentunya menarik dan terjangkau.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Menengok Mahakarya Masjid Selimiye di Edirne