travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Destinasi Masjid Penuh Sejarah, Masjid Niujie

Destinasi Masjid Penuh Sejarah, Masjid Niujie


Masjid Niujie
Masjid Niujie

Salah satu destinasi wisata muslim Cina adalah Masjid Niujie. Sebagai salah satu peninggalan Islam, Masjid ini berumur ribuan tahun dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Uniknya gaya arsitektur ini sangat kental dengan gaya oriental ala negeri tirai bambu.

Nama masjid Niujie diambil dari nama jalan yaitu Niu yang berarti jalan dan Jie berarti sapi di Xuanwu, Beijing. Di area ini banyak penjual daging sapi halal. Sekitar 13.000 muslim tinggal di kawasan ini. Jadi sering kali terlihat laki-laki berpeci putih atau perempuan yang berkerudung berlalu lalang disekitar wilayah ini.

Masjid ini merupakan peninggalan sejarah Islam dan tertua di Tiongkok. Didirikan oleh orang berkebangsaan Arab tahun 996 pada masa Dinasti Liao. Kemudian diperluas ketika Dinasti Ming. Dengan demikian, masjid ini berdiri dari kekuasaan Dinasti Liao, Dinasti Song, Dinasti Yuan, Dinasti Ming, Dinasti Qing, hingga saat ini.

Tidak salah lagi, sebagai salah satu masjid dari 68 masjid yang berada di Tiongkok, masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata tour ke Cina. Banyak wisatawan muslim menjadikan Masjid Niujie sebagai destinasi ketika berkunjung ke Beijing.

Mampu berdiri kokoh melewati enam dinasti hingga era modern ini, Masid Niujie mengalami beberapa kali renovasi pada tahun 1955, 1979, 1996, dan pada tahun 2008 ketika Tiongkok menghelat Olimpiade Beijing.

Di Dalam Masjid Niujie
Bagian Dalam Masjid Niujie

Masjid ini terbagi menjadi beberapa ruangan dan dilengkapi dengan menara. Ruang utama untuk shalat dilengkapi dengan kursi-kursi terletak di pinggir yang digunakan oleh jamaah usia tua, kemudian tempat wudhu, beberapa paviliun yang dimanfaatkan sebagai tempat pengajian, pameran, ruang shalat perempuan, dan kantor. Sedangkan menara awalnya difungsikan sebagai penyimpan dokumen, kemudian pada tahun 1496 digunakan untuk mengumandangkan adzan.

Seluas 6.000 meter masjid ini perpaduan gaya khas Tiongkok dan Arab. Arsitektur masjid ini kental dengan gaya arsitektur Dinasti Qing dengan dominasi warna merah dan kuning. Sepintas masjid ini layaknya bangunan rumah ibadah Cina. Namun jika diamati lebih jauh, banyak sekali hiasan-hiasan kaligrafi disekelilingnya.

Jika sahabat muslim berada di China, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Masjid Niujie dan menunaikan ibadah shalat. Selain itu Anda dapat bersosialisasi dengan penduduk sekitar yang mayoritas muslim. Hubungi segera Cheria Wisata untuk mendapatkan info terlengkap mengenai Paket Tour Muslim Beijing China dan program wisata menarik untuk referensi liburan bersama dengan keluarga dan teman-teman Anda semua.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Destinasi Masjid Penuh Sejarah, Masjid Niujie