travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Museum Kebanggaan Bangsa Indonesia Museum Gajah

Museum Kebanggaan Bangsa Indonesia Museum Gajah


Museum Gajah
Museum Gajah

Museum Nasional Indonesia dikenal juga dengan nama Museum Gajah merupakan museum tertua dan terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Pendirian museum ini terkait dengan sebuah organisasi atau perkumpulan yang bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Untuk mengenal lebih dekat mengenai objek wisata Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah), setidaknya kita harus memiliki gambaran tentang sejarah, bangunan, hingga benda-benda koleksi dalam museum tersebut.

Museum Nasional berdiri pada tangal 24 April 1778, bertepatan dengan pembentukan sebuah organisasi yang bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Ketua organisasi tersebut, J.C.M. Radermacher, menyumbangkan beberapa koleksi buku serta benda-benda peninggalan budaya, dan sebuah gedung yang terletak di sebuah tempat yang kini bernama Jalan Kali besar. Baik koleksi buku, benda peninggalan budaya, maupun gedung tersebut merupakan cikal bakal berdirinya museum.

Bentuk bangunan Museum Gajah banyak dipengaruhi oleh gaya arsitektur Eropa yang berkembang pada Abad Pencerahan, yaitu sekitar abad ke-18. Gedung baru yang merupakan bangunan sayap didirikan pada tahun 1996, yang berada di sebelah utara gedung utama. Bangunan sayap tersebut diberi nama Gedung Arca atau Unit B.

Museum Nasional memiliki koleksi benda-benda peninggalan sejarah dari seluruh Nusantara. Berbagai macam benda kuno dapat ditemukan di museum yang juga dikenal dengan nama Museum Gajah ini, mulai dari prasasti, arca, hingga kerajinan-kerajinan tempo dulu. Koleksi tersebut dikelompokkan dalam beberapa kategori, antara lain etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga.

Arca lain yang juga menarik adalah arca Buddha Dipangkara, sebagai arca Buddha tertua di Museum Gajah. Arca tersebut terbuat dari perunggu, dan disimpan secara khusus dalam ruang perunggu yang berada di dalam kotak kaca. Terdapat juga patung Hindu tertua di Nusantara, yang diperkirakan berasal dari abad ke-4 Masehi, yaitu arca Wisnu Cibuaya, yang dapat dijumpai di Ruang Arca Batu.

Anda dapat mengajak buah hati Anda untuk mengunjungi museum ini, belajar tentang sejarah dan kebudayaan yang di miliki bangsa Indonesia. Mari bergabung dengan Cheria Wisata untuk tur di Jakarta dan Anda juga dapat merental mobil untuk jalan – jalan seharian di kota ini. Jangan ragu untuk menghubungi Cheria Wisata ya untuk itinerary tur Jakarta.

Paket Tour Promo Lengkap


Cheria Wisata juga masih menyediakan pilihan destinasi lainnya yang bisa Anda ikuti. Ayo daftar segera dan jangan sampai melewatkan keseruan berlibur ke berbagai destinasi bersama dengan Cheria Wisata! Untuk berkonsultasi langsung mengenai Promo Paket Tour Wisata Muslim ini silahkan menghubungi kami.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Museum Kebanggaan Bangsa Indonesia Museum Gajah