travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Balon Udara Cappadocia di Turki

Balon Udara Cappadocia di Turki


Rekan Traveller Cheria tour Turki Cappadocia, ada beberapa tempat terkenal di dunia dengan atraksi balon udara atau balon terbang, salah satunya di Cappadocia.  Jika kita tergabung dengan suatu agen perjalanan wisata tentu semua itierary  telah tersusun dengan rapih.  Jadwal tour nya untuk balon udara adalah 2 hari. Dimulai dari hari pertama, subuh waktu setempat.

Balon Udara Cappadocia di Turki
Balon Udara Cappadocia di Turki

Sekitar jam 4 subuh, saya sudah siap-siap untuk pergi ke tempat balon udara. Dari hotel tempat kami menginap, perjalanan hanya butuh sekitar 10 menit. Jauh hari sebelum sampai di Cappadocia, tour leader kami, sudah menanyakan siapa saja yang mau ikut naik balon udara. Acara ini memang bukan acara resmi tour, dalam arti kata di dalam Itinerary yang kami terima, tidak ada jadwal acara mengunjungi tempat ini. Beliau menjelaskan, sehari, biasanya ada 2 kali penerbangan.

Pemandangan Indah Nan Unik Cappadocia


Rekan traveler tour Turkey Cappadocia, pagi hari sambil melihat matahari terbit dan sore hari. Tentu saja saya mengambil waktu pagi hari, karena ingin melihat matahari terbit. Ini dikarenakan juga sore hari belum tentu pas ketika matahari terbenam, mengingat di Turki, sekitar jam 8 malam, matahari baru kembali ke peraduannya dan ternyata hanya 2 orang dari rombongan tour kami yang tidak ikut balon udara ini.

Pemandangan Indah Nan Unik Cappadocia
Pemandangan Indah Nan Unik Cappadocia

Dijelaskan lebih lanjut oleh dia, biaya yang harus dikeluarkan adalah US$ 200 per orang, untuk menikmati balon udara selama 1 jam. Ini terhitung relatif murah, karena di dunia ini hanya ada 4 tempat yang menyediakan tempat untuk naik balon udara, dan salah satunya di Turki ini. Dan masalahnya, di 3 tempat lainnya, harga nya relatif sama tetapi hanya sekitar 15 menit, otomatis kami pikir di Cappadocia lebih murah. 

Rekan traveler tour Turkey Cappadocia ternyata bus penjemput sudah sampai on time sesuai yang dijanjikan. Bagi wisatawan pasti akan sangat terkesan dengan pelayana yang sering diberikan kepada wisatawan yaitu on time alias tepat waktu.  Mereka pun sudah wanti-wanti untuk on time kepada peserta balon udara, karena banyaknya orang yang ingin ikut balon ini. 

Indahnya Cappadocia
Indahnya Cappadocia Dari Ketinggian

Setiba di tempat balon, kami disuguhi terlebih dahulu sarapan pagi, yang sebenarnya terlalu dini untuk serapan. Bayangkan jam 4.30 an pagi :) Tapi mengingat acaranya sendiri bisa lebih dari 1 jam, maka mau tidak mau kami harus mengisi perut kami terlebih dahulu.  Lalu tibalah saatnya untuk naik balon. Kami dibawa ke satu tempat yang sangat luas sekali. Dari jauh kami sudah melihat puluhan bahkan ratusan balon yang sedang "dipanaskan" supaya mengembang. Indah sekali. Warna warni dan inilah keunikan dari balon terbang di Cappadocia

Rekan traveler tour Turkey Cappadocia, rombongan kami akhirnya menempati satu balon. Ada beberapa pilihan balon yang tergantung dari kapasitas penumpangnya. Dan kami kebagian yang relatif besar. Melenceng sedikit soal balon ini. Saya membayangkan, andai Indonesia mempunyai tempat wisata balon seperti ini, devisa yang masuk ke Indonesia tak terhitung nilainya. Saya berbicara dengan "supir" balon yang akan membawa kami naik ke atas. 

Sehari, ada sekitar 2000 orang wisatawan yang menaiki balon, dan itu jumlah rata-rata dalam setahun. 2000 orang dikalikan US$ 200 per orang, jadi US$ 400.000 dalam sehari. Dikalikan kurs saat ini sekitar Rp. 9500 per dollar, jadi Rp. 3,8 M !!! Kali 52 hari dalam setahun.... jadi... ckckckck udah susah ngitungnya. Dan pemerintah Turki sepertinya sangat support dengan pariwisata negri nya. Itu yang patut diberikan acungan jempol. Saya pernah dengaR, di daerah Sentul juga ada wisata naik balon ini, tapi sepertinya kurang promosi atau apalah sehingga saya cari-cari informasi saja susah dapatnya dan sekarang semakin tidak terdengar lagi beritanya. 

Pemandangan Matahari Terbit
Pemandangan Matahari Terbit

Rekan traveler tour Turkey Cappadocia, kembali ke balon. Sekitar jam 5 lebih sedikit, mulailah kami terbang. Wah, pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Semakin naik ke atas, semakin kami melihat jelas, ratusan balon yang terbang di sekeliling kami, juga ketika kami melihat ke bawah, sangat fantastik. Belum lagi melihat matahari terbit dari balik bukit, tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Sekitar satu jam kami di atas. Kami mendarat bukan di tempat yang sama dengan kami mengudara. Tentu bisa dipahami, oleh tiupan angin, balon tersebut terbang ke sana kemari.

F Sekitar 5 km dari tempat kami terbang, kami mendarat dengan selamat. Dan di jemput kembali oleh mobil yang tadi menjemput kami ke hotel. Sebelum pergi, ada sedikit pesta antara peserta balon yang diadakan oleh pengelola balon. Pesta dengan minum anggur yang disediakan, dan juga merchandise berupa topi dan baju. Naudzubillah ….

Jalan jalan Ke Turki Murah


Namun semua perjalanan dengan balon udara memang sangat berkesan sekali. Jika Anda tertarik, Ikuti segera Umroh Plus Turki dan Paket Tour Halal Turki bersama keluarga tercinta dengan Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^






Salam +Cheria Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Balon Udara Cappadocia di Turki