travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Istana Megah Dolmabache Sarayi Di Istanbul

Istana Megah Dolmabache Sarayi Di Istanbul, Turki


Istana Dolmabahce atau Dolmabahce Sarayi adalah salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Istana ini berlokasi di distrik Besiktas, bangunan di tepi selat Bosphorus, sehingga pada bagian halaman belakang istana terbentang pemandangan laut yang indah. Bangunan megah ini juga bisa dilihat dengan jelas ketika kita menyusuri Selat Bosphorus.

Dolmabahce Sarayi


Istana Megah Dolmabache Sarayi Di Istanbul
Istana Megah Dolmabache Sarayi Di Istanbul

Untuk bisa sampai ke Dolmabahce, Anda bisa naik tram dari kawasan Sultanahmet dengan ongkos 3 Lira sekali naik. Tram akan melewati jembatan Galata dan berhenti di tram stop Kabatas, yang merupakan perhentian terakhir. Lalu untuk menuju Istana Dolmabahce, cukup dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Dolmabahce Sarayi
Halaman Belakang Dolmabahce Sarayi

Seperti objek wisata lainnya di Istanbul, dalam seminggu ada hari-hari tertentu yang tutup. Istana ini tutup pada hari Senin dan Kamis. Jika sedang tidak tutup, akan lebih baik jika datang lebih awal untuk menghindari antrian tiket masuk ketika banyak rombongan tour datang bersamaan. Istana ini dibuka pukul 9 pagi. Biaya tiket masuk istana sebesar 20 Lira untuk istana utama, namun masih ada biaya tambahan jika ingin memasuki bagian Harem.

Dolmabahce Clock Tower
Dolmabahce Clock Tower

Ketika kita berjalan, Anda bisa melihat sisi jalan di sekitar istana dihiasi tanaman bunga yang rapi. Kita juga bisa menjumpai menara jam yang menjulang tinggi, Dolmabahce Clock Tower. Kemudian di halaman bagian sebelah kiri kita dapat membeli tiket masuk istana.

Dolmabahce Sarayi
Bagian Dalam Dolmabahce Sarayi

Istana Dolmabahce mulai digunakan sejak tahun 1856 menjadi tempat tinggal Sultan setelah pindah dari istana Topkapi. Istana ini dibangun oleh 3 orang arsitek Garabet Balyan, Nigogayos Balyan dan Evanis Kalfa atas perintah Sultan Abdul Mecid I yang merupakan Sultan Ottoman yang ketiga puluh, pada tahun 1843-1856. Ide pembuatan istana ini muncul adalah setelah melakukan kunjungan ke istana Versaiiles, Paris. Konon emas yang dipakai untuk ornamen termasuk langit-langitnya adalah sebanyak 35 ton emas.

Istana ini selain menjadi tempat tinggal juga menjadi kantor untuk pemerintahan kerajaan Ottoman atau kekhalifahan Ustmaniyah hingga penghapusan kekhalifahan pada tahun 1924. Sultan terakhir yang tinggal di istana ini adalah Sultan Abdul Mejid Efendi.

Selanjutnya digunakan oleh Mustafa Kemal Attaturk, sebagai pendiri dan presiden pertama Republik Turki. Istana ini digunakan terakhir oleh Mustafa Kemal Ataturk saat perawatan medis hingga wafatnya pada 10 November 1938. Kini istana tersebut menjadi museum sejak tahun 1984.

Untuk masuk ke istana, pengunjung diwajibkan memakai sepatu plastik. Sepatu plastik disediakan oleh pengurus museum. Ini dimaksudkan untuk menghindari kotoran atau debu yang masuk bersama alas kaki.

Pengunjung harus bersama rombongan sebanyak 30 atau 50 orang dan didampingi seorang pemandu. Pemandu akan membawa pengunjung berkeliling ke setiap ruangan dan menjelaskan segala sesuatunya. Jika kita masuk hanya seorang atau dua orang, maka pemandu akan menyuruh kita bergabung dengan rombongan yang lain. Di dalam istana, kita tidak diperbolehkan berfoto-foto.

Wisata Turki Murah


Jika Anda mengambil paket perjalanan ke Turki pastinya tidak akan terlupakan, karena Cheria Wisata dapat mengantarkan Anda ke tempat – tempat yang luar biasa selama di Turki. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti Travel Umroh Plus Turki juga dari Cheria Wisata ya.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Istana Megah Dolmabache Sarayi Di Istanbul