travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Semarak Festival Di Kota Jauf Madinah

Semarak Festival Di Kota Jauf Madinah


Provinsi Jauf adalah provinsi utara di Arab Saudi yang terhimpit oleh provinsi-provinsi lain seperti Provinsi Tabuk, Hail, dan provinsi perbatasan utara. Provinsi ini mempunyai luas area sebesar 100.212 kilometer persegi dan populasi sekitar 440.000 jiwa. Di provinsi ini, para wisawatan dapat mengunjungi objek wisata yang sebagian besar berhubungan dengan bangunan-bangunan bersejarah.

Selain bangunan, provinsi ini juga mengadakan sebuah festival tahunan yang dapat ditonton oleh para wisatawan ketika mengunjungi provinsi ini. Festival ini bernama Festival Jauf.

Setiap provinsi di Arab Saudi pasti memiliki ibukota. Ibukota dari Provinsi Jauf adalah Kota Sakakah. Seperti ibukota pada umumnya, kota ini merupakan kota yang palingbanyak memiliki objek wisata yang menarik.

Salah satu objek wisata tersebut adalah Al Rajajil. Al Rajajil merupakan objek wisata yang memberikan informasi mengenai sejarah kota Sakakah yang masih diperdebatkan kebenarannya. Di Al Rajajil para pengunjung dapat melihat monumen dan bangunan-bangunanyang terletak disudut-sudut yang tidak simetris.

Arab Saudi Stonehenge
Arab Saudi Stonehenge

Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat sekumpulan batu setinggi 3 meter yang berdiri di atas gurun pasir di tempat tersebut. Batu setinggi 3 meter tersebut diperkirakan memiliki berat sekitar 5 ton per batu. Saat ini, kumpulan batu tersebut sudah populer di kalangan wisatawan dan sering disebut sebagai Arab Saudi Stonehenge.

Batu tersebut dianggap sebagai monumen tertua yang ada di Provinsi Jauf. Para ilmuwan memperkirakan bahwa susunan batu-batu tersebut pernah digunakan sebagai pilar oleh masyarakat yang menetap di tempat ini. Perkiraan itu dipaparkan oleh ilmuwan yang meneliti monumen tersebut.

Perkiraan itu juga didasari oleh wilayah Provinsi Jauf yang strategis dan sering dijadikan jalur perdagangan. Walaupun para ilmuwan mengambil perkiraan seperti itu, pada saat penggalian yang dilakukan lebih dari 30 tahun yang lalu, tidak ditemukan tulang-tulang atau fosil sebagai bukti bahwa pernah ada kehidupan ditempat ini.

Dumat Al-Jandal
Dumat Al-Jandal

Selain kota Sakakah, masih ada beberapa kota lain yang terletak di Provinsi Jauf. Salah satunya adalah Dumat Al-Jandal. Di Kota Dumat Al-Jandal, anda bisa melihat sebuah masjid kuno. Masjid ini cocok bagi para pengunjung yang gemar melihat bangunan-bangunan berbentuk unik.

Masjid Omar bin al-Khattab
Masjid Omar bin al-Khattab

Masjid ini bernama Masjid Omar bin al-Khattab. Masjid ini dibangun sekitar tahun 634 sampai 644. Seperti halnya bangunan tua yag ada dikota ini, Masjid Omar bin al-Khattab dibangun dengan batu. Bangunan ini terdiridari berbagai ruangan. Anda bisa mengunjungi ruang doa utama.

Ruangan ini dibentuk oleh 3 baris pilar batu yang dibangun menghadap ke dinding kiblat yang ada di masjid tersebut.Orang-orang yang datang ke ruangan ini biasanya melakukan shalat berjamaah. Di bagian ujung dinding kiblat ruangan ini, ada tempat imam berdiri dan memimpin ketika waktu shalat berjamaah atau yang biasa disebut dengan mimbar.

Dari luar masjid, para pengunjung dapat melihat bahwa mimbar tersebut sedikit menonjol keluar dari arah dinding kiblat. Interior Masjid kuno ini didukung dengan pencahayaan yang baik karena. Konstruksi Masjid Omar bin al-Khattab sengaja dibangun agar cahaya matahari bisa menyinari bagian dalam masjid ini.

Setelah melihat bangunan masjid dan monumen bersejarah, perjalanan dapat anda lanjutkan dengan melihat suatu kegiatan menarik yang sering dilaksanakan di provinsi ini yaitu Festival Jauf. Festival Jauf adalah festival tahunan yang acaranya melibatkan kota-kota di Provinsi Jauf seperti Sakakah, Dumat Al-Jandal, Al Qurayat dan Tarbajal.

Festival ini berlangsung selama dua minggu. Satu hal yang unik, waktu pelaksanaan festival ini dibagi dua, yaitu satu minggu untuk pria dan satu minggu lagi untuk wanita. Hal ini disebabkan oleh kuatnya pengaruh agama islam di Arab Saudi. Peserta yang mengikuti festival ini sebagian besar adalah peserta dari daerah lokal walaupun ada juga pengunjung dari provinsi lain yang ikut memeriahkan festival ini.

Kegiatan yang dilakukan di festival ini ada berbagai macam. Mulai dari kompetisi balapan unta dengan pacuan sepanjang 15 kilometer (kompetisi ini hanya untuk pria) hingga kompetisi dalam memproduksi susu unta terbaik untuk (hanya dilakukan oleh wanita). Di festival ini, anda juga bisa melihat pameran-pameran kuliner seperti makanan tradisional Arab Saudi dan kerajinan tangan masyarakat lokal.

Selain itu, ada juga pameran berbagai jenis zaitun beserta minyaknya. Zaitun yang digunakan merupakan hasil dari perkebunan zaitun yang ada di Provinsi Jauf. Provinsi ini terkenal akan produksi zaitunnya. Anda disarankan untuk membeli produk zaitun tersebut karena sangat bermanfaat dan dapat anda gunakan untuk berbagai macam keperluan.

Pada minggu perlombaan untuk wanita, anda bisa melihat pameran tenun sadu yang berasal dari suku Al Sharat. Selain itu, adapula program pelatihan kerajinan tradisonal yang ditujukan untuk wanita di Provinsi Jauf. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan kembali keterampilan-keterampilan ke masyarakat yang khususnya berada dikota Sakakah.

Sama halnya dengan Jakarta dan Indonesia, masyarakat di Provinsi Jauf saat ini banyak yang mengadopsi gaya hidup urban dan melupakan warisan keterampilan-keterampilan tradisional.

Untuk mengunjungi Provinsi Jauf, Arab Saudi, anda memerlukan maskapai penerbangan dari Indonesia. Bagi anda yang sudah berencana untuk pergi ke Arab Saudi atau berencana untuk pergi umrah/haji dan ingin melanjutkan liburan ke provinsi ini, anda bisa menggunakan pesawat domestik yang tersedia. Dengan begitu, anda bisa menghemat biaya pesawat karenaharga tiket yang ada tidak terlalu mahal.

Untuk anda yang memang ingin langsung berkunjung ke Provinsi Jauf, anda dapat berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan mendarat di Bandara Jauf yang terletak di Kota Sakakah. Biaya perjalanan untuk menuju Provinsi Jauf cukup beragam.

Rencanakan kunjuan Anda ke Madinah bersama keluarga dengan Paket Umroh Reguler Cheria Wisata. Jangan lupakan untuk menikuti berbagai Umroh Plus yang menarik Cheria Wisata ya. Untuk info lengkap hubungi segera Cheria Wisata.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Semarak Festival Di Kota Jauf Madinah