travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Jejak Situs Purba di Ephesus Turki

Jejak Situs Purba di Ephesus Turki


     Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam dari Didim, akhirnya rombongan Cheria Paket Hemat Tour Turkey tiba di Kuil Dewi Artemis (Artemision).Ketika sampai disana, jangan heran kalau anda hanya melihat sebuah tiang di tengah tanah lapang dengan rerumputan dan fondasi bangunan yang kadang tertutup oleh air.

Situs Purba di Ephesus


Ya, inilah reruntuhan yang dulunya adalah salah satu dari 7 Keajaiban Dunia jaman Kuno. Kuil ini dulu sebagai tempat pemujaan terhadap Dewi Artemis sang dewi bulan dan perburuan yang juga merupakan saudari kembar dewa Apollo. Sulit membayangkan kemegahan kuil ini sekarang, namun kuil ini dulunya memiliki 127 pilar untuk menyokong bangunan ini. Kami terlebih dahulu mengunjungi Kuil Apollo di Didyma untuk mendapatkan gambaran jelas tentang Artemision di masa lampau. 

Kuil Apollo
Kuil Apollo

     Ketika rombongan Cheria Paket Hemat Tour Turkey berjalan-jalan diantara pilar-pilar berukuran besar ini, kami banyak bertemu dengan beberapa turis asing yang sibuk berfoto ria dengan pilar-pilar tersebut. Saya sempat berkenalan dengan David dan Sennur yang sedang keliling Turki. Mereka menyarankan saya untuk pergi ke Cesme untuk menikmati pantai dan bentengnya. Waktu pun menunjukkan pukul 3 sore, kami harus kembali ke Selcuk untuk mengunjungi Ephesus karena kami tidak akan sempat lagi ke sana esok harinya. 

Pantai Cesme
Pantai Cesme

     Kuil yang dibangun oleh penduduk Ephesus ini berkali-kali dibangun ulang karena terkena banjir, dibakar orang yang tak bertanggung jawab, dan terakhir dijarah dan dihancurkan oleh Suku Goth. Kuil ini pun akhirnya tidak terawat dan pilar-pilar serta bahan bangunannya diambil untuk mendirikan bangunan lain seperti Basilica St John dan Hagia Sophia. Sekarang yang tersisa dan dapat disaksikan saat rombongan Cheria Paket Hemat Tour Turkey tiba disana hanyalah sebuah pilar hasil rekonstruksi para arkeolog dengan sarang bangau diatasnya.

Jejak Situs Purba di Ephesus Turki
Jejak Situs Purba di Ephesus Turki

     Kuil Ephesus dan Artemis merupakan kuil yang paling sering didatangi para wisatawan dibandingkan kuil dewa Apollo dan kota Miletus.  Namun bagi para penikmat sejarah dan situs peninggalan era sebelum masehi alangkah sayangnya jika kita tidak mengunjungi kedua tempat tersebut yaitu Miletus dan Didim. Pendirian kuil Ephesus lebih dahulu daripada pembangunan Hagia Sophia di Istanbul. Bahkan beberapa pilar yang berada di Hagia Sophia didatangkan dari kuil Ephesus.  Kuil Ephesus yang dikunjungi rombongan Cheria paket hemat tour Turkey ini memang dahulu juga tidak termasuk dalam 7 keajaiban dunia namun tetap menjadi tujuan turis dikarena masih terkesan menarik dari sisi arsitektur dan nilai arkeologinya.

Miletus
Miletus

     Rombongan Cheria Paket hemat Tour Turkey kembali bergegas menuju Seljuk untuk seterusnya melanjutkan perjalanan menuju Istanbul.  Cukup melelahkan rasanya perjalanan ini namun sangat memuaskan.  Hampir semua peserta tertidur pulas dalam bis wisata dan sempat terbangun saat tiba di Seljuk Ottogar untuk mampir kembali di kedai teh yang berada di dekat Ottogar.  Melepas penat sejenak sambal menikmati kopi Turki.

Sesaat lagi kami akan meninggalkan wilayah Seljuk yang penuh dengan romantisme peninggalan kekaisaran Byzantium dan peradaban Yunani.  Puas sekali kami dapat mengunjungi Seljuk.  Jarang ada travel yang bersedia memberikan pelayanan tambahan saat kami meminta untuk mengunjungi Seljuk setelah berkunjung ke Istanbul selain Cheria Wisata. Padahal sangat disayangkan waktu kunjungan ke Turkey jika hanya mendapat kesempatan berkunjung ke Istanbul tanpa melawat ke Seljuk.  

     Supir Bus rombongan Cheria paket hemat tour Turkey mulai menyalakan mesin kendaraan dan membunyikan klakson beberapa kali agar peserta rombongan segera berkemas dari kedai teh guna kembali bersiap dalam bus wisata.  Bus wisata ekslusif segera beranjak pelan meninggalkan kedai teh setelah semua anggota rombongan telah lengkap duduk manis dalam bus yang terasa dingin sekali dikarenakan air conditioner pada suhu 20 derajat celcius dibandingkan musim panas di Turki saat itu yang terasa sangat terik membakar kulit.

Seusai melewati Seljuk Otttogar, kembali hampir semua penumpang mulai terkulai pulas ditempat duduknya masing – masing.  Saya sendiri langsung tertidur pulas selepas batas kota Seljuk.  Sore menjelang malam hari baru kami tiba di Istanbul.  Saat memasuki kota Istanbul kembali satu persatu peserta mulai terbangun.  Bus segera menuju hotel tempat kami menginap dan koper – koper besar kami berada.  Sebelum tiba di hotel beberapa rekan kembali meminta untuk mampir sejenak di Grand Bazaar guna membeli oleh – oleh karena esok pagi hari kami harus segera kembali ke tanah air menggunakan pesawat Turkish Airline.

Ternyata bukan hanya sekedar membeli oleh – oleh yang dilakukan melainkan melampiaskan semua perasaan di hari terakhir sebelum kembali ke tanah air…he…h.e….he… Photo bareng dan mencari jajanan di grand bazaar akhirnya menjadi agenda tambahan karena kami juga merasa sangat lapar dan belum makan malam sekaligus menghabiskan sisa uang Lira yang masih tersisa.

Paket Wisata Turki


Menarik bukan untuk berkunjung ke jejak situs purba di Ephesus Turki? Yuk, Rencanakan kunjungan Anda bersama keluarga ke Turki dengan Cheria Wisata. Jangan lupa untuk mengikuti keceriaan Paket Umroh Plus Turki dan Paket Tour Halal Turki dengan Cheria Wisata ya. Untuk info lengkap hubungi segera Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Jejak Situs Purba di Ephesus Turki