travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Masjid Sulaimaniah Peninggalan Yang Megah Turki

Masjid Sulaimaniah Peninggalan Yang Megah, Turki


Masjid Raya Sulaimaniah adalah sebuah masjid peninggalam kekaisaran Ottoman yang terletak di Bukit ketiga Istanbul, Turki. Masjid ini adalah masjid terbesar di kota, dan salah satu objek wisata paling terkenal dari Istanbul.  Masjid Raya Sulaimanah dibangun atas perintah Sultan Suleyman. Dia meminta tolong pada seorang arsitek bernama Mimar Sinan, seseorang yang dianggap jenius di bidang arsitektur. Pembangunannya dimulai tahun 1550 dan berakhir pada 1558.

Masjid Sulaimaniah


Masjid Sulaimaniah Peninggalan Yang Megah
Masjid Sulaimaniah Peninggalan Yang Megah Turki

Desain arsitektural masjid ini menggabungkan elemen struktural bangunan Islam dengan Bizantium. Bangunan berdiri tinggi, dengan menara yang ramping, kubah besar yang juga didukung oleh setengah kubah dalam gaya gereja Bizantium Hagia Sophia. Desain Sulaimanah menurut Sultan Suleyman sendiri menjadi bangunan Solomon kedua, sebab referensi kubah batu yang dibangun di atas kuil Solomon, yang sangat dibanggakan oleh kaum Justinian sangat mirip dengan kubah di masjid tersebut. Bangunan ini, sampai sekarang tetap menjadi simbol kota.

Tahun 1660, Masjid Raya Sulaimaniah ini pernah dilahap si jago merah dan dibangun kembali oleh Sultan Mehmed IV.  Bagian atas kubah pernah runtuh lagi karena gempa pada 1766. Perbaikan setelah rusak dilakukan oleh Sinan. Selama Perang Dunia I halaman masjid digunakan sebagai depot senjata, dan ketika beeberapa amunisi dinyalakan, masjid mengalami kebakaran lagi. Tidak sampai 1956, bangunan sudah dapat dipulihkan kembali.  Lalu, pada 2013, pembangunan jembatan metro Halic berhasil diperbaiki sehingga mengubah wajah masjid dari sisi utara.

Seperti masjid kekaisaran lainnya di Istanbul, masjid itu sendiri memiliki halaman depan yang cukup monumental (Avlu) di sisi baratnya. Halaman Sulaimaniah menunjukkan keagungan yang luar biasa dengan peristyle bertiang dengan kolom marmer, granit, dan porfiri.

Desain interior masjid hampir berbentuk persegi. Berukuran panjang 59 meter dan lebar 58 meter. Dengan ukuran tersebut tak heran bila terbentuk ruangan yang luas. Kubah diapit oleh semi-kubah, bagian utara dan selatan berbentuk lengkungan dengan jendela tympana penuh, didukung dengan monolit porifiri besar. Dekorasi interior sangat halus, dengan menggunakan Ubin Iznik yang ditata dengan sangat teratur. Mihrab terbuat dari marmer putih dan mimbarnya didesain utnuk tampil sederhana, terbuat dari kayu, gading, dan mutiara.

Masjid ini terbuka untuk umum sebagaimana dalam tradisi masjid kekaisaran lainnya. Masjid dibangun untuk melayani kebutuhan keagamaan dan budaya di sekelilingnya. Di sekeliling kompleks masjid ini berdiri sebuah rumah sakit, sekolah dasar, pemandian umum, sebuah caravanserai, empat sekolah Qur’an atau madrasah, sebuah sekolah khusus belajar hadis, sebuah perguruan tinggi medis, dan dapur umum untuk melayani makan bagi orang miskin. Banyak dapur umum itu kini telah berubah menjadi restoran yang cukup besar. Beberapa rumah sakit juga sudah berubah menjadi pabrik percetakan yang dimiliki oleh Angkatan Darat Turki.

Di taman belakang masjid utama ada dua makam. Di dalam makam itu disemayamkan jenazah Sultan Suleiman I, istrinya Hurrem Sultan (Roxelana) dan putrinya Mihrimah Sultan, Sultan Suleiman II, Ahmed II, dan Sliha Dilasub Sultan, dan Safiye Sultan (wafat tahun 1777), putri dari Mustafa II. Mereka semua dimakamkan di sana. Di luar tembok masjid, di sisi utara terdapat sebuah makam, itulah makam arsitek Sinan yang memerbaikai masjid hingga nampak seperti sekarang.

Bagi Anda yang berminat untuk melihat keagungan masjid ini, tak ada tiket masuk. Jadi, Anda bisa bebas berkeliling asal jangan mengganggu orang-orang yang mungkin sedang beribadah di dalamnya.

Travelling Ke Turki


Jika Anda mengambil paket perjalanan ke Turki pastinya tidak akan terlupakan, karena Cheria Wisata dapat mengantarkan Anda ke tempat – tempat yang luar biasa selama di Turki. Jangan lewatkan kesempatan Umroh Plus Turki dan Paket Tour Halal Turki juga dari Cheria Wisata ya.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Masjid Sulaimaniah Peninggalan Yang Megah Turki