travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Awas Kesasar Di Istana Topkapi Turki

Awas Kesasar Di Istana Topkapi Turki


     Rekan traveller cheria hemat tour turkey 2016 ingin melihat dapur terbesar di dunia?  Baiklah, insyaalloh kita akan menyaksikan dapur terbesar di dunia dalam perjalanan wisata Cheria hemat tour 2016 saat melawat istana Topkapi. Bagian dapur Istana Topkapi memiliki luas yang cukup besar, dengan peralatan yang lengkap dan terbilang canggih pada masa itu yang tidak dimiliki istana lainnya.

Istana Topkapi


Awas Kesasar Di Istana Topkapi Turki
Awas Kesasar Di Istana Topkapi Turki

Keberadaan dapur istana ini, menunjukkan tingginya nilai pusaka kuliner Turki yang hingga kini masih dipertahankan. Para Sultan Turki di masa lalu memang merupakan patron utama yang menjaga budaya kuliner Turki yang kaya rasa dan aroma.   

     Perlu rekan taveller Cheria hemat tour Turkey 2016 ketahui  agar tidak tersasar he..he…he…bangunan Istana Topkapi terbagi atas empat bagian besar yang dipisahkan oleh tiga gerbang utama. Pada bagian pertama istana terdapat sebuah gereja yang dibangun orang Romawi. Kendati demikian, bangunan itu kini digunakan sebagai gedung teater. Selain difungsikan sebagai museum, istana ini juga dimanfaatkan buat pertunjukan opera setiap musim panas selama berlangsungnya Festival Internasional Istanbul.

Di sekitar kompleks Istana Topkapi, yang dikelilingi tembok sepanjang lima kilometer dan empat taman yang rindang, juga dibangun berbagai bangunan pelengkap lainnya, seperti hareem section, paviliun, dapur, ruang pertemuan, dan barak militer. Kelima bangunan ini berada di bagian kedua istana. Adapun bagian terpenting dari kompleks itu adalah hareem section.

Di bangunan yang berbentuk apartemen inilah, istri-istri dan ibu para sultan Turki bertempat tinggal. Para istri tersebut diajarkan cara menari, menyulam, dan memainkan beberapa instrumen musik. Dalam istana Topkapi terdapat pula sebuah ruangan yang digunakan untuk pertemuan rahasia. Di ruangan ini terdapat pancuran air untuk mengelabui suara saat pertemuan berlangsung!

Pada bagian ketiga Istana Topkapi terdapat sekolah untuk murid berumur 10 tahun. Semua anak-anak tersebut dipilih oleh sultan dari berbagai pelosok Turki. Sedangkan tempat tinggal para sultan berada di kawasan keempat. Tempat ini biasanya digunakan sultan untuk berbuka puasa pada hari pertama Ramadhan. Tempat ini memang sangat menarik untuk rekan traveler Cheria hemat tour turkey 2016 menyaksikannya langsung.

     Peninggalan penting lainnya yang wajib rekan traveler Cheria hemat tour Turkey 2016 saksikan adalah manuskrip Alquran yang pertama. Sebelum Alquran disatukan menjadi kitab, manuskrip pertama Alquran dituliskan di atas lembaran kulit binatang. Salah satu yang tersimpan di Topkapi menyuratkan Surat Al Qadar.

Salah satu  ruangan yang paling favorit adalah ruangan yang menyimpan barang-barang bersejarah seperti pedang, baju, penutup kepala dan sebagainya, peninggalan dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Bahkan ada juga potongan rambut dan janggut sang Rasulullah yang sudah diawetkan loh. Sayangnya kita tidak diperkenankan untuk memotret di dalam ruangan ini. Mungkin tujuannya untuk menjaga keotentikan barang-barang yang tidak ternilai harganya ini.

Tak hanya relikui Rasulullah, Topkapi juga menyimpan banyak relikui tokoh-tokoh lainnya yang dikenal dalam sejarah Islam. Beberapa bisa disebutkan antara lain potongan serban Syeh Abdul Qodir Jaelani, mangkuk Nabi Ibrahim, tongkat Nabi Musa, pedang Nabi Daud, serban Nabi Yusuf, jubah dan sajadah Fatimah al Zahra. 

Sesungguhnya masih banyak lagi relikui yang belum disebutkan. Yang pasti, jika anda berkunjung ke situ, Anda seperti tengah berpesiar ke alam spiritual para tokoh agama. Lebih menarik lagi, pada Paviliun Relikui Suci, kita bisa mendengar alunan bacaan Alquran oleh 24 orang Hafiz Quran secara bergantian 24 jam nonstop. Dan menariknya, lantunan ayat suci itu sudah berlangsung tanpa jeda sejak tahun 1517. 

Selat Bosphorus
Selat Bosphorus

      Rekan Traveller Cheria Hemat tour Turkey 2016 akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan dari Istana Topkapi. Istana yang terletak di titik pertemuan Selat Bosphorus, Tanjung Tanduk Emas (Golden Horn) dan Laut Marmara ini merupakan bangunan khas Turki yang mempunyai taman-taman indah yang menghubungkan antara satu bangunan dan bangunan lainnya. Taman-taman yang hijau ini dipenuhi pohon-pohon besar yang rindang sehingga akan melenakan kita.

Sebelum meninggalkan tempat ini, tak lupa semua kami yang mengikuti tour turkey hemat Cheria Wisata turut sisakan waktu untuk menikmati segelas Teh Turki sambil menikmati pemandangan selat Bosphorus di Konyali Restaurant yang masih berada di dalam komplek Topkapi Palace ini. Aneka hidangan berat maupun ringan juga tersedia di tempat ini. 

Wara-wirinya kapal di Selat Bosphorus menjadi teman minum teh yang menyenangkan dan sebuah momen yang tak terlupakan.Oh ya, sambil melangkah ke pintu keluar, sempatkan untuk mampir ke bangunan yang ada di sebelah kanan yaitu Kubbealti atau Council Hall.

Bangunan ini memiliki interior dan eksterior yang sangat cantik dan menarik, dan relatif baru dibandingkan bangunan yang lain. Bagi yang suka photography akan sangat cocok untuk menjadi lokasi ini sebagai objek foto Jika anda penikmat sejarah, waktu satu hari rasanya kurang untuk menjelajahi setiap bagian dan koleksi dari Museum dan Istana Topkapi ini.

Tour Murah Ke Turki


Yuk' Rencanakan kunjungan Anda bersama keluarga ke Istana Topkapi, Turki dengan Paket Umroh Plus Turki dan Paket Tour Halal Turki Cheria Wisata. Dan jangan lupa untuk mengikuti berbagai paket umroh promo Cheria Wisata ya....


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Awas Kesasar Di Istana Topkapi Turki