travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Gallata Tower Saksi Bisu Kemenangan Al-Fatih Turki

Gallata Tower Saksi Bisu Kemenangan Al-Fatih Turki


     Rekan Traveller tour Turkey Gallata Tower, Kenapa  masih dingin banget ya di sini?! Padahal seharusnya sudah tidak sedingin ini....kadang-kadang hujan malah masih turun..berrrr..dingiiin…. Ada yang unik terjadi ketika kami tiba di Istanbul, tiba-tiba salju turun untuk pertama kalinya dan terdengar berita kalau saat itu adalah musim dingin terekstrim di Turki, namun jika dibandingkan dengan di wilayah lain di Eropa tentu justru jauh lebih ekstrim daripada di Turki saat itu..bayangkan suhu terendah bisa mencapai minus 2 derajat celcius..dingin kaaan..Beda negara tentu beda juga karakter orang-orangnya. Satu hal yang  saya tangkap dari cerita seorang rekan wanita adalah cowok - cowok di Turkey  ganteng-ganteng semua dan lebih ramah  katanya..huahahahha …ha…ha…

Saksi Bisu Kemenangan Al-Fatih


Gallata Tower Saksi Bisu Kemenangan Al-Fatih Turki
Gallata Tower Saksi Bisu Kemenangan Al-Fatih Turki

     Rekan Traveller tour Turkey Gallata tower, tentu kalian bertanya mengapa saya ingin sekali menulis tentang Gallata Tower ? MENARA GALATA…Itu dia nama objeknya..dari namanya aja kita udah bisa ngebayangin apa itu, pasti yang ada dibenak kita adalah tinggi, menempati lahan yang luas dan tentu dijaga oleh para penjaga menara..he..he..he Yuk kita bahas lebih detail lagi apa itu Menara Galata.

     Baiklah rekan traveler tour Turkey Gallata tower, bahasan kita akan dimulai dari ukuran,menara ini berdiameter eksternal  16,45 meter di bagian dasarnya,sedangkan diameter internalnya mencapai 8,95 meter, dengan tembok yang memiliki ketebalan 3,75 meter,terdiri dari sembilan lantai atau bisa dibilang 66,90 meter.Ketika dibangun,menara ini merupakan bangunan tertinggi di Turki,mungkin kalau di jakarta,ini Monasnya kali ya?! hehehe.. Menara ini terletak 35 meter dari atas permukaan laut,wooow..bisa dibayangkan bagaimana besar dan tingginya menara ini kaaan…..

Gallata tower
Pemandangan Yang Ditawarkan Gallata tower

     Oh ya rekan traveler tour Turkey Gallata tower, bagi rekan-rekan yang ingin icip-icip kuliner Turkey, di bagian atas menara terdapat restoran dan kafe-kafe, sehingga kita bisa menyantap hidangan khas Turki sambil menikmati pemandangan kota Istanbul dan Bosphorus yang indah dari puncak menara tersebut. Ada satu hal yang mengejutkan, ternyata menara ini dilengkapi dengan dua lift yang membawa pengunjung dari tingkat bawah ke tingkat atas..Sejak kapan menara ada lift nya?! Heheehehe..he…he…lucu khan…

     Jika rekan traveler tour Turkey Gallata tower ingin tahu latar belakangnya, maka kalau dilihat dari segi sejarahnya, menara ini dibangun sebagai Christea Turris (Tower Kristus)  selama masa perluasan koloni Genoa di Konstantinopel pada tahun 1348. Dulunya menara ini adalah puncak dari benteng yang mengelilingi  benteng Genoa  Galata.  Kita gak perlu bingung membedakan antara Menara Galata yang sekarang  dengan  Menara Galata yang lama.

Menara Galata Lama adalah menara asli Bizantium yang  bernama Megalos Pyrgos dalam bahasa Inggris disebut  “Menara Agung” yang digunakan untuk mengontrol ujung utara rantai laut besar yang menutup pintu masuk ke Tanjung Emas.

Penampakan mereka sangat jauh berbeda karena sebagian besar bagian menara sudah hancur akibat Perang Salib IV  pada tahun 1202-1204 dan pada bagian  topi kerucut menara sedikit dimodifikasi selama beberapa restorasi  periode Utsmani ketika menara tersebut digunakan sebagai observasi untuk spotting  kebakaran.

Mulai dari 1717 Ottoman mulai menggunakan menara untuk spotting kebakaran di kota. Tahun 1794, pada masa pemerintahan Sultan Selim III, atap menara masih terbuat dari timah dan kayu, dan tangga rusak parah akibat kebakaran. Kemudian pada tahun 1831 kebakaran kembali merusak bangunan yang lainnya juga. Pada tahun 1875, terjadi badai besar sehingga mengakibatkan atap berbentuk kerucut di bagian atas bangunan itu hancur. Hingga akhirnya menara ini tetap tanpa atap kerucut selama sisa  periode Ottoman.

     Rekan traveler tour Turkey Gallata tower, bertahun-tahun kemudian, pada 1965-1967, selama masa Republik Turki, topi kerucut asli diperbaiki. Selama masa pemulihan akhir tahun 1960-an, interior kayu menara diganti dengan beton dan sekarang dikomersialisasikan dan dibuka untuk umum. Ada hal menarik dari Menara ini. Pertama, pada tahun 1818,Piere Prevost,seorang pelukis asal Perancis ,melukis dari puncak menara tersebut dan menghasilkan kerya bernama “Panorama de Konstantinopel”  dan kemudian dipamerkan di Paris  pada  tahun 1825.

Kedua, sekitar tahun 1630-1632 ,menurut Seyahatname sejarawan dari Ottoman dan wisatawan Evliya Celebi, ada seorang penerbang pertama yang  mengunakan sayap buatan bernama Hezarfen Ahmet Celebi,terbang meluncur dari menara atas Bosphorus ke lereng Uskudar di sisi Anatolia, hampir enam kilometer jauhnya. Evliya Celebi juga bercerita tentang kakak Hezarfen , Lagari Hasan Celebi, yang juga melakukan penerbangan pertama, tetapi menggunakan roket dalam sangkar kerucut diisi dengan bubuk mesiu pada tahun 1633.

Tour Ke Turki Murah


     Bagaimana rekan traveler tour Turkey Gallata tower, baru mendengar satu objek aja udah menarik khan? Bagaimana kalau semua objek yang dikunjungi Cheria Wisata dipresentasikan…?!! Pasti jadi pengen ke sana juga…Okey, tunggu apalagi ikuti Paket Umroh Plus Turki dan Paket Tour Halal Turki Cheria Wisata ya...


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Gallata Tower Saksi Bisu Kemenangan Al-Fatih Turki