travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Hajar Aswad, Batu Mulia Bersejarah Umat Muslim

Hajar Aswad, Batu Mulia Bersejarah Umat Muslim


Hajar 'Aswad
Hajar 'Aswad

Hajar 'Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Islam berasal dari surga. Yang pertama kali menemukannya adalah Nabi Ismail serta nabi Ibrahim adalah yang meletakkannya. Dahulu kala batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah Arab, namun sayangnya semakin lama sinarnya semakin meredup dan hingga akhirnya sekarang berwarna hitam.

Ka’bah
Ka’bah

Kini Hajar Aswad terletak di sudut tenggara Ka’bah. Adapun mencium Hajar Aswad merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Karena Rasulullah selalu menciumnya setiap saat melakukan tawaf. Hajar Aswad juga memiliki kisah bersejarah yang cukup memilukan karena dulunya batu mulia tersebut pernah dirusak dan juga dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam masa Qushay  itu, Hajar Aswad pernah terbakar, pecah menjadi tiga bagian. Oleh Ibnu Zubair dipateri dengan perak. Ketika Harun Al-Rasyid umrah dalam tahun 189 H., diperintahkannya agar Hajar Aswad dipasak dari atas dan dari bawah dengan berlian, karena khawatir perak pematri itu dapat goyang. Kemudian terjadi kejahatan yang dilakukan oleh suku Qamarith pada tahun 317 H. Batu itu mereka ambil dan dibawa ke negerinya. Setelah 22 tahun kemudian baru dikembalikan ke Makkah.

Pada tahun 413 H. terjadi lagi musibah pada Hajar Aswad itu. Seseorang memukul dan menusuknya, berakibat permukaan batu itu luka-luka. Tahun 1351 H. datang pula seorang laki-laki Persi dari Afganistan. Dicongkelnya sekeping dari Hajar Aswad, diambilnya sepotong kiswah dan sepotong perak dari tangga Ka’bah. Untung pencurian itu diketahui oleh penjaga Ka’bah. Orang itu ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Potongan Hajar Aswad yang dicuri itu kemudian dilekatkan kembali dengan bantuan ahlinya.

Nah bagi Anda yang ingin mencium Hajar Aswad yang semata-mata ingin menjalankan sunah Nabi Muhammad SAW, maka teguhkan niat mulia Anda untuk menunaikan ibadah umroh ke tanah suci. Segera hubungi Cheria Wisata untuk mendapatkan info menarik seputar program ibadah umroh yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Ikuti juga Paket Umroh Promo 2016 bersama keluarga tercinta dengan Cheria Wisata ya...

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Hajar Aswad, Batu Mulia Bersejarah Umat Muslim