travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Maqam Ibrahim, Batu Pijakan Mulia Pembangun Ka’bah

Maqam Ibrahim, Batu Pijakan Mulia Pembangun Ka’bah


Maqam
Maqam Ibrahim

Banyak yang beranggapan bahwa Maqam Ibrahim merupakan kuburan dari Nabi Ibrahim, namun faktanya adalah Maqam Ibrahim merupakan sebuah batu yang dulunya digunakan oleh Nabi Ibrahim a.s. untuk naik sebagai tempat pijakan saat berdiri, ketika Nabi membangun Ka’bah.

Jejak kaki Nabi Ibrahim
Pahatan yang mengikuti jejak kaki Nabi Ibrahim

Batu tersebut memiliki dua lubang di atasnya yang berbentuk pahatan yang mengikuti jejak kaki Nabi Ibrahim saat membangun baitullah, Ka’bah. Diriwayatkan bahwa Nabi Ibrahim a.s. berdiri diatas batu tersebut ketika Ismail menyerahkan Hajar Aswad. Jejak kedua telapak kaki Nabi Ibrahim itu masih membekas pada batu istimewa itu. Menurut sejarah Islam, telapak kaki Nabi Ibrahim sangat mirip dengan telapak kaki Rasulullah SAW. Panjang jejak adalah 22 sentimeter, sedangkan lebarnya 11 sentimeter.

Saat ini Maqam Ibrahim tersebut terletak agak jauh dari pintu Ka’bah. Warna Maqam Ibrahim menyerupai warna perunggu, agak kehitam-hitaman sedangkan cetakan kaki Nabi Ibrahim terbuat dari besi yang sekarang diletakkan dalam rumah kaca di samping Mul tazam di Ka’bah yang ditutup dengan kaca dan dibuat runcing tirus di bagian atapnya untuk menghindari kerusakan.

Maqam Ibrahim juga diyakini sebagai salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa. Selesainya melakukan tawaf, Anda disunahkan untuk menunaikan shalat 2 rakaat dibelakang Maqam Ibrahim sebelum melakukan rukun umroh selanjutnya. Inilah kesempatan Anda untuk memanjatkan segala doa dan keinginan kepada Allah SWT.

Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci maka jangan ragu untuk mengikuti Paket Umroh Reguler By GA Cheria Wisata yang dapat Anda ikuti bersama keluarga dan kerabat.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.


» Thanks for reading Maqam Ibrahim, Batu Pijakan Mulia Pembangun Ka’bah