travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Mengenal Landmark Negara Jerman Brandenburg Tor

Mengenal Landmark Negara Jerman Brandenburg Tor


Gambar sebuah gerbang berpilar dengan patung kuda di atasnya kerap muncul di foto-foto tentang wisata di Jerman. Gerbang tersebut adalah Brandenburger Tor di Berlin, yang tidak hanya menjadi landmark utama kota millenium tapi juga sudah menjadi trademark Jerman. Landmark Jerman..

Brandenburger Tor
Brandenburger Tor

Brandenburger Tor (Gerbang Brandenburger) merupakan gerbang utama Berlin. Gerbang ini menjadi saksi sejarah Jerman dari masa ke masa. Gerbang yang terletak di Pariser Platz didesain oleh Carl Gotthard Langhans dari tahun 1788 – 1791, dibangun menyerupai Propylaeum, sebuah gerbang menuju Acropolis, Athena. Brandenburger Tor memiliki enam pilar yang menopang atap sepanjang 11 meter. Di atas atap terdapat empat patung kuda menarik kereta kencana yang dikendarai oleh seorang dewi perdamaian. Patung bernama Quadriga tersebut dibuat oleh Gottfried Schadow pada tahun 1793, gerbang tersebut menjadi simbol perdamaian. Ketika Napoleon berhasil menduduki Berlin, ia memerintahkan Quadriga untuk dibawa ke Paris. Namun setelah pertempuran Waterloo, Quadriga berhasil kembali direbut dan dibawa ke Berlin. Dewi perdamaian yang mengendarai kereta kencana pun akhirnya disebut Victoria, sesuai dengan dewi kemenangan dalam mitologi Romawi.

38-2Gerbang simbol militer kerajaan Prussia tersebut terletak di perbatasan Jerman Barat dan Jerman Timur, tepat di wilayah Soviet. Brandenburger Tor rusak parah akibat Perang Dunia II. Jerman timur merekontruksi gerbang, namun Jerman Barat membiayai perbaikan patung Quadriga. Saat perang dingin berlangsung dan tembok Berlin didirikan, selama hampir 30 tahun Brandenburger Tor menjadi simbol pemisah Berlin. Saat John F. Kennedy mengunjungi Gerbang Brandenburger, pihak Soviet menutupi sisi timur gerbang dengan kain merah agar Kennedy tidak menoleh ke arah timur. Ronald Reagan bahkan pernah menyerukan perdamaian dengan dunia timur di gerbang ini dan meminta Gorbachev untuk membuka gerbang serta meruntuhkan tembok Berlin.

Dari simbol perdamaian, simbol kemenangan, hingga menjadi simbol perpecahan. Itulah mengapa Brandenburger Tor menjadi landmark dan juga trademark negara Jerman, karena ia memiliki nilai historis panjang bagi Jerman. Kini gerbang kota Berlin bebas dikunjungi siapapun, bahkan menjadi salah satu pusat pementasan festival cahaya terbesar di dunia. Setiap bulan Oktober, Berlin menjadi tuan rumah dari Festival Lampu dan lampu-lampu berwarna cantik akan menyoroti kegagahan Brandenburger Tor. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menaiki kereta metro (S1 dan S2) atau bus 100 lalu turun di Unter den Linden.

Jika tahun ini Anda tertarik untuk melancong ke Eropa, negara Jerman layak untuk Anda kunjungi. Banyak tempat bersejarah yang unik dan tempat – tempat indah khas eropa di Jerman. Segera hubungi Cheria Wisata untuk perjalanan tur ke Eropa bersama keluarga Anda dengan Paket umroh Tour Eropa Murah Cheria Wisata.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Mengenal Landmark Negara Jerman Brandenburg Tor