travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Kastil Château Vaux le Vicomte Yang Wajib Di Kunjungi

Kastil Château Vaux le Vicomte Yang Wajib Di Kunjungi


Château Vaux le Vicomte
Château Vaux le Vicomte

Bersama dengan Château de Vincennes dan Château Fontainebleau, ada sebuah kastel medieval lagi yang wajib dikunjungi jika Anda sedang berwisata di kota Paris, namanya Château Vaux le Vicomte.

Berbeda dengan kastel-kastel lain yang sudah menjadi properti negara, kastel yang satu ini masih menjadi milik pribadi sebuah keluarga. Meskipun demikian, sang pemilik berbaik hati membuka Château Vaux le Vicomte yang sudah menjadi monumen nasional untuk dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Kastil Château Vaux le Vicomte


Château Vaux le Vicomte adalah sebuah adikarya tiga orang arsitek yang terkenal bertangan dingin di bidangnya: Louis le Vau sebagai arsitek bangunan dan interior, Charles le Brun sebagai pelukis dan pemahat serta perancang ornamen-ornamen detail di antara megahnya bangunan serta Andre le Notre sebagai penata lansekap taman.

Dibangun selama enam tahun mulai dari tahun 1656 sampai dengan tahun 1661, Château Vaux le Vicomte adalah sebuah perwujudan kastel bergaya baroque yang indah. Bagian dalamnya dihiasi dengan beludru halus berwarna merah dan biru, lengkap dengan permadani dinding (tapestry) buatan tangan para penenun dari sebuah industri permadani yang terletak tak jauh dari situ.

Kelihaian Le Vau mendesain bagian dalam rumah terlihat dari kerjasamanya yang manis dengan Andre le Notre yang bertugas untuk merancang taman bagian depan dan belakang. Le Vau membuat bangunan rumah beserta partisi ruangan-ruangan di dalamnya menjadi dua bagian yang sama persis, sedangkan le Notre membuat hal yang sama dengan taman kastel.

Bangunan utama didirikan di sekeliling benteng dan sungai kecil, membuatnya terlihat indah namun tak tersentuh. Bagian yang paling menawan dari bangunan utama Château Vaux le Vicomte adalah Grand Salon, tempat para bangsawan dan rekan-rekan sesama penikmat seni berkumpul dan bercengkerama, juga sebagai tempat Nicolas Fouquet menyambut tamu-tamu kehormatannya.

Grand Salon beratap kubah berhias fresco warna-warni ini adalah yang kubah baroque yang pertama-tama dibuat pada jamannya.

Anda tak hanya melihat kastel mewah dan taman yang indah di komplek Château Vaux le Vicomte yang membentang di lahan seluas 40 hektar ini. Di belakang kastel ada sebuah museum yang berisi kereta kuda dari abad ke-18 dan 19.

Tak semewah kereta kuda milik raja dan keluarga kerajaan (karena memang properti rakyat tidak boleh ada yang lebih bagus dari properti raja) tapi kereta-kereta kuda ini adalah yang terbaik pada masanya.

Jangan lewatkan juga pertunjukan air mancur (Fountain Show) di kolam yang terletak di tengah-tengah taman. Pertunjukan ini diadakan sebulan dua kali, tepatnya pada hari Sabtu kedua dan terakhir setiap bulan mulai tanggal 26 Maret sampai dengan 12 November, tepat pada pukul 15.00 – 18.00 petang.

Jika cuaca bagus, datanglah pada hari Sabtu sore di musim panas dan menjelang musim gugur (antara 7 Mei sampai 8 Oktober). Lampu-lampu bertenaga listrik akan dimatikan, berganti dengan nyala lilin di sepanjang taman hingga kandelir-kandelir kristal yang tersebar di seluruh rumah.

Suasana magis dan romantis akan semakin menghanyutkan dengan alunan musik klasik yang dimainkan bersamaan dengan permainan air mancur dari tengah-tengah kolam. Candlelight evening ini juga dimeriahkan oleh pesta kembang api yang diadakan pada pukul 22.30 – 23.00 tepat. Apa lagi yang menarik dari acara yang romantis ini? Anda dapat memesan tempat untuk makan malam dalam suasana candlelight evening sambil menunggu tibanya pesta kembang api.

Château Vaux le Vicomte buka setiap hari mulai pertengahan Maret hingga pertengahan November mulai pukul 10 pagi sampai dengan pukul 6 petang (kecuali pada hari diadakannya candlelight evening). Tiket masuknya adalah 14 euro untuk dewasa atau 11 euro untuk anak-anak. Jika Anda datang untuk candlelight evening, harga tiketnya adalah 17 euro untuk dewasa dan 15 euro untuk anak-anak.

Audioguide tersedia dengan harga sewa sebesar 2 euro saja. Kamera diperbolehkan untuk digunakan di seluruh area, hanya saja Anda tidak boleh menggunakan tripod di dalam bangunan.

Akses ke Château Vaux le Vicomte juga tidaklah sulit.


Jika Anda datang dari Paris menggunakan mobil pribadi, ambil jalan tol jalur A4 atau A6 lalu ikuti jalan ke arah Troyes via A5. Ambil jalan keluar pertama Saint Germain Laxis di A5, Vaux le Vicomte hanya 1 kilometer saja dari situ. Masukkan kota “Maincy” di GPS Anda, château Vaux le Vicomte ada di jalan D215.

Jika Anda datang dari Paris menggunakan kendaraan umum, gunakan kereta langsung dari stasiun Gare de Lyon atau RER D ke stasiun Melun (perjalanan sekitar 30-40 menit). Dari stasiun Menggunakan taksi (jarak ke Château sekitar 6 km) atau manfaatkan Châteaubus shuttle yang beroperasi satu jam sekali.

Negara yang terkenal dengan  keromantisan Menara Eiffel-nya menunggu untuk di jelajahi oleh Anda. Masih banyak rekomendasi tempat – tempat wisata seru di Perancis hanya untuk Anda, Jangan lewatkan untuk menikuti Paket Tour Promo Eropa 2016 hubungi Cheria Wisata untuk informasi perjalanan wisata di Perancis ya.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Kastil Château Vaux le Vicomte Yang Wajib Di Kunjungi