travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Ulu Camii Masjid Istimewa Kota Bursa

Ulu Camii Masjid Istimewa Kota Bursa


Sebagai ibukota pertama Turki Usmani, Bursa adalah kota penting dalam sejarah negeri ini. Di sini pula Osman Gazi, sang pendiri Dinasti Usmaniyyah dimakamkan. Ulu Camii, tak hanya menjadi masjid terbesar di kota ini, namun juga salah satu yang terindah.

Sejarah Ulu Camii Masjid


Ulu Camii Masjid Istimewa Kota Bursa
Ulu Camii Masjid Istimewa Kota Bursa

Ulu Camii dibangun atas perintah Sultan Yildirim Bayezid (Bayezid I). Sang Sultan pernah bersumpah, jika memenangkan Perang Nicopolis melawan pasukan Raja Sigismund dari Hungaria, akan membangun 20 masjid. Setelah kemenangan dicapai pada tahun 1396, para penasihatnya menyarankan untuk membangun satu masjid besar saja.

Namun dengan 20 kubah sama besar. Tak ada kubah terbesar seperti masjid-masjid Turki masa setelahnya. Dua belas pilar kuat berbentuk segi empat dan dihubungkan dengan lengkungan runcing mengingatkan akan warisan arsitektur Seljuk. Ari Neccar mendesain dan membangun masjid ini mulai tahun 1396. Selesai sekitar pada tahun 1399.

Deretan Tempat Wudhu UluCamii Masjid
Deretan Tempat Wudhu UluCamii Masjid

Jamik ini terletak di jantung kota Bursa, sekitar 100 km sebelah selatan Istanbul. Di sekitarnya adalah pusat belanja dan keramaian. Dari luar Ulu Camii terlihat seperti konstruksi batu berbentuk persegi dan berwarna terang. Sebagian dindingnya tertutup keramik. Bagian luarnya punya pahatan lengkung dan punya jendela-jendela kecil. Ia dilengkapi dua menara. Pelatarannya sangat luas. Memiliki deretan tempat wudu bertempat duduk dari batu rendah. Sering digunakan orang untuk sekadar duduk-duduk.

Jika bagian luar terlihat sederhana, interiornya sebaliknya. Luar biasa. Pintu masuknya ada tiga. Salah satu menghadap bazaar, satu lagi ke arah pelataran dan taman kota. Masing-masing terbuat dari kayu dan kaca. Di musim dingin setiap dilapisi penutup berbahan kulit tebal. Para pengunjung membuka sepatu di depan pintu dan membawanya masuk ke dalam. Mereka meletakkannya di dalam rak-rak sepatu yang tersebar di bagian dalam masjid. Atau memasukkan dalam tas plastik. Masjid ini terdiri dari satu lantai.

Mihrabnya konon salah satu yang termolek di dunia. Warna keemasan mendominasi, di bawah kaligrafi lengkung dipahat mengikuti lengkungan tersebut. Dihiasi lukisan bagai batik dan kaligrafi baik bagian samping dan atasnya. Pahatan kayu coklat tua mimbarnya pun tak bisa dibilang biasa. Penuh pahatan halus bagai ukir-ukiran. Sekelilingnya dibatasi oleh kaca tinggi.

keistimewaan Ulu Camii

Satu lagi keistimewaan Ulu Camii adalah seni kaligrafi yang menghiasi interior. Hampir keseluruhan dinding dan pilar jamik dipenuhi lukisan kaligrafi. Ada 192 karya para seniman Turki Utsmani terkenal di zaman tersebut. Menjadikannya sebagai salah satu contoh kaligrafi terbaik di dunia. Selain kaligrafi sebagian tembok tertutup lukisan unik. Di sekitar satu pintu masuk misalnya. Berlukis lipatan gorden di sekelilingnya.

Sementara kaligrafinya ada yang berada dalam dipigura. Atau dilukis dengan warna hitam di permukaan dinding. Pilar sebelah kanan atas menggambarkan sebuah kaligrafi awal Ayat Kursi. Ayat ini kemudian dilanjutkan ke pilar sebelah kiri, mengelilingi tempat wudu di tengah masjid, lalu berakhir di tempat salat wanita. Para wanita bersembahyang di bagian belakang. Dibatasi oleh rak-rak sepatu. Sesekali kita jumpai sebagian wanita salat atau mengaji di luar bagian agak tertutup itu.

Tour Travel Ke Turki


Banyak atraksi dan obyek wisata menarik menanti Anda di kota Bursa Turki ini, jangan lewatkan mengunjungi kota unik ini jika menghabiskan liburan di Turki. Hubungi Cheria Wisata ya untuk referensi perjalanan Anda ke Turki, Anda bisa juga lho mengambil Umroh Plus Turki dari Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Ulu Camii Masjid Istimewa Kota Bursa