travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Summer Palace Beijing

Summer Palace Beijing


Sebagai ibukota negara Cina, Beijing mempunyai banyak tempat yang bisa dikunjungi. Bukan hanya tempat-tempat wisata modern yang ada di kota ini. Namun peninggalan sejarah pun bisa dikunjungi dan terjaga dengan baik di kota ini. Salah satunya adalah Summer Palace atau yang dalam bahasa mandarin disebut dengan nama Yihe Yuan.

Summer Palace - Cina
Summer Palace

Summer Palace ini merupakan salah satu peninggalan yang penting dalam sejaran Cina. Dan tentu saja, tempat ini juga dikenal sebagai salah satu tempat yang memperoleh label warisan sejarah dunia oleh UNESCO. Terlebih tempat ini telah berdiri sejak lama, di mana pembangunanya dimulai pada tahun 1750.

Summer Palace ini terletak di bagian barat laut distrik Haidian di kota Beijing. Tempat ini lokasinya berada sekitar 15 km dari pusat kota Beijing. Dan sebagai tempat bersejarah peninggalan raja-raja Cina, Summer Palace ini pun menjadi lokasi wisata yang menarik yang harus dikunjungi pada  saat berkunjung ke Beijing.

Pada awal pemakaiannya, Summer Palace digunakan sebagai area hiburan serta taman kerajaan yang mewah yang dibuat untuk para anggota keluarga kerajaan. Namun pada akhir pemerintahan Dinasti Qing, taman ini berubah fungsi menjadi tempat permukiman para keluarga raja. Menurut catatan sejarah, Summer Palace ini juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Ibu Suri Cixi.

Danau Kunming - Cina
Danau Kunming

Berada di tempat ini, para pengunjung pun akan merasakan sensasi menjadi seorang anggota kerajaan Cina. Terlebih tempat ini menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Summer Palace ini mempunyai luas total 300 hektar, sebagian besar berada di area Longevity Hill serta Danau Kunming.

Danau Kunming sendiri merupakan sebuah danau buatan yang mempunyai luas 2,2 kilometer persegi. Tanah hasil penggalian dari danau ini sendiri akhirnya dipakai untuk menguruk Longevity Hill. Bukit ini mempunyai tinggi 60 meter dan menjadi lokasi berdirinya berbagai bangunan yang masuk dalam kompleks Summer Palace.

Kompleks Summer Palace


Area dari Istana Musim Panas ini pun terbagi menjadi empat bagian, yakni:

Court Area


Court Area - Cina
Court Area

Wilayah ini terletak di bagian barat laut istana. Tempat ini menjadi lokasi di mana Ibu Suri Cixi bersama dengan Kaisar Guangxu melakukan pertemuan resmi terkait permasalahan istana. Dan di sini menjadi tempat favorit para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan dari Longevity Hill ataupun Danau Kunming.

Front-Hill Area


Tower of Buddhist Incense
Tower of Buddhist Incense

Tempat ini juga tak kalah menarik kalau dibandingkan dengan Court Area. Front-Hill Area menjadi wilayah dari kompleks Istana Musim Panas yang mempunyai konstruksi paling banyak. Selain itu, bangunan-bangunan di tempat ini juga didesain simetris antara bagian barat dengan bagian timur. Berbagai bangunan dengan desain yang rumit dengan taman indah dengan pusatnya adalah Tower of Buddhist Incese.

Tower ini mempunyai desain ala Cina klasik mempunyai bentuk oktagonal. Bangunan ini pun menjadi proyek pembangunan yang terbesar di masanya, menghabiskan dana sebesar 780 ribu tael perak. Hasilnya, bangunan ini mempunyai desain megah setinggi 41 meter dengan pondasi batu setinggi 21 meter.

Selain Tower of Buddhist Incense, terdapat berbagai bangunan menarik lainnya yang ada di Front-Hill Area. Di antaranya adalah Hall of Dispelling Clouds, Hall of Moral Glory, Baoyun Bronze Pavilion, Revolving Archives, Hall of the Sea of Wisdom dan lain-lain.

Area Danau


Seventeen-Arch Bridge
Seventeen-Arch Bridge

Wilayah ini mencakup area yang luas. Dan di sini juga terdapat Seventeen-Arch Bridge yang merupakan jembatan terbesar di Summer Palace. Sebagai informasi, total terdapat sekitar 30 jembatan di kompleks istana ini. Dan jembatan ini memiliki panjang 150 meter dengan lebar 8 meter. Jembatan ini pun menghubungkan antara bagian barat Danau Kunming dengan Pulau Nanhu yang ada di sebelah timur.

Rear-Hill Area


Dibandingkan dengan bagian depan bukit, Rear-Hill Area ini memiliki suasana yang terbilang lebih sepi. Seperti bangunan lain di kompleks Istana Musim Panas, bangunan di Rear-Hill Area ini juga banyak yang mengalami kerusakan pada masa perang. Sayangnya, nasib bangunan di wilayah ini tak semuanya bagus, karena hanya ada beberapa yang diperbaiki.

Tentu saja untuk menuju ke tempat ini ada tiket yang harus dibayarkan. Masing-masing berlaku untuk tanggal 1 November hingga 31 Maret dan dari tanggal 1 April hingga 31 Oktober. Pada masa musim panas, harga tiketnya lebih mahal, yakni sebesar 60 RMB, sementara di rentang antara tanggal 1 November hingga 31 Maret, biaya masuknya sebesar 50 RMB. Dengan membayar tiket tersebut, maka para pengunjung pun akan bisa menikmati berbagai seluruh destinasi menarik yang ada di kompleks istana ini.

Meski begitu, ada pula tiket tersendiri kalau ingin membayar lebih murah. Yakni masing-masing sebesar 30 RMB serta 20 RMB. Namun imbasnya, pada saat ingin masuk area tertentu, misalnya Tower of Buddhist Incense, maka akan ada biaya tambahan lain yang harus dibayarkan.

Wisata Halal Muslim ke Beijing ikuti Paket Tour Halal Beijing dari Cheria Aja. Makanan halal di negara minoritas muslim tidak akan jadi masalah.



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Summer Palace Beijing