travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Pesona Wisata Kota Penang

Pesona Wisata Kota Penang


Selain Georgetown yang cantik secara arsitektur, Penang juga masih memiliki banyak obyek wisata yang layak untuk dikunjungi. Di bawah ini adalah sejumlah obyek wisata yang layak dikunjungi di Penang.

Objek Wisata Menarik Di Penang


Kek Lok Si Temple


Kek Lok Si Temple - Penang
Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple adalah Vihara Buddha terluas di Asia Tenggara. Keturunan Cina Hokkien di Penang membangun vihara ini sebagai tempat pemujaan mereka. Letaknya berada sedikit di luar kota, di kawasan Air Itam. Dari tengah kota Penang, kalau anda melihat di kejauhan, lansekap Kek Lok Si tergambar dengan jelas karena memang letaknya ada di ketinggian bukit.

Momen terbaik mengunjungi vihara ini adalah ketika periode Tahun Baru Cina berlangsung. Sepanjang 30 hari, vihara ini dibuka sampai malam hari dan menghadirkan kecantikan cahaya yang bersumber pada ribuan lampu yang dipasang untuk memeriahkan datangnya Tahun Baru Cina.

Batu Ferringhi


Layaknya kota kepulauan yang dikelilingi oleh lautan, Penang juga memiliki sebuah kawasan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Batu Ferringhi adalah sebuah kawasan yang terletak di utara Pulau Penang.

Kawasan ini menyajikan gugusan pantai menarik yang dihiasi berbagai macam resort internasional. Di Batu Ferringhi juga terdapat pasar rakyat yang menjadi salah satu daya tarik utama kehidupan malam sekaligus belanja di Penang.

Walaupun letaknya agak ke utara, namun transportasi umum Rapid Penang beroperasi sampai menjelang tengah malam. Jadi, menjangkaunya bukan merupakan sebuah tugas yang sulit.

Fort Cornwallis


Fort Cornwallis - Penang
Fort Cornwallis

Di sebuah sudut Georgetown, di dekat pelabuhan utama Penang, berdirilah Fort Cornwallis. Benteng peninggalan koloni Inggris ini dibangun oleh Captain Francis Light yang merupakan pimpinan invasi pertama Inggris ke Penang.

Sampai saat ini, Fort Cornwallis merupakan benteng terbesar peninggalan Inggris yang masih berdiri kokoh. Di dalamnya terdapat banyak artefak yang menggambarkan betapa digdayanya pertahanan pertama Inggris dalam menghadapi musuh-musuhnya dulu.

Penang Hill


Juga dikenal dengan nama Bukit Bendera. Merupakan kawasan dataran tinggi di dekat Air Itam, searah dengan Kek Lok Si Temple. Dari ketinggian Penang Hill, anda bisa melihat ke seluruh arah Pulau Penang.

Atraksi paling menarik di kawasan ini adalah berkendara dengan kereta yang mirip dengan toy train di Darjeeling dan Shimla di India atau Katoomba menuju Blue Mountains di Australia. Disarankan untuk pergi pagi hari guna mendapatkan pemandangan terbaik Penang. Selain menggunakan kereta ini, anda juga bisa berkendara menggunakan jeep untuk naik ke atas. Saat ini, sedang ada renovasi besar untuk di kawasan ini, seluruh layanan baru berfungsi penuh pada awal 2011.

The Reclining Buddha (Wat Charyamangkalaram)


Reclining Buddha - Penang
Reclining Buddha

Pernah berkunjung ke Reclining Buddha yang ada di Bangkok? Nah, di Penang, komunitas Thailand juga memiliki sebuah patung Reclining Buddha. Kawasan ini didirikan di atas lahan yang didonasikan oleh Ratu Victoria dari Inggris kepada komunitas Thailand yang ada di Penang. Letak Penang tidak terlalu jauh dengan Hadyai, kota perbatasan milik Thailand.

Jadi, sangat bisa dimengerti bahwa komunitas ini secara kuantitas bisa dibilang signifikan dalam kemajemukan sosial yang dimiliki Penang. Bagian paling menarik dari patung ini adalah filosofi hidup yang memberikan banyak inspirasi, cerita-cerita di balik masing-masing ornament yang terpasang di sini merupakan sesuatu yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

The Penang Bridge


The Penang Bridge adalah jembatan super panjang yang menghubungkan Penang dengan Peninsula Malaysia. Panjangnya melebihi 13km dan itu menjadikannya salah satu jembatan paling panjang yang membelah lautan di dunia. Tahun ini, jembatan ini genap berusia 25 tahun. Salah satu landmark paling romantis adalah sebuah fakta bahwa jembatan ini diarsiteki oleh seorang laki-laki yang tumbuh besar dan berasal dari Penang.

Gurney Drive


Gurney Drive - Penang
Gurney Drive

Penang adalah surge makanan. Anda belum menyentuh tanah Penang kalau belum merasakan betapa lezatnya perpaduan masakan yang bertebaran di sekeliling pulau. Yang paling dikenal orang mungkin adalah Gurney Drive yang terletak di kawasan Persiaran Gurney. Di sana, berpuluh-puluh street hawker berdiri menjajakan makanan-makanan yang mendapat berbagai macam persilangan kebudayaan. Plus, harganya juga ramah untuk kantong. Gurney Drive beroperasi sore sampai tengah malam.

Museum Peranakan Pulau Penang


Yang juga khas dari Penang adalah kebudayaan Baba-Nyonya atau lebih dikenal dengan nama Peranakan. Kebudayaan ini merupakan kebudayaan khas yang dikembangkan dari perpaduan suku bangsa Cina, Melayu, dan kebudayaan barat.

Museum Peranakan Pulang Penang berada di kawasan Georgetown. Di dalamnya tersedia guide gratis yang akan menerangkan asal usul museum serta kebudayaan Peranakan yang sangat menarik ini. Selagi di Penang, yang satu ini sangat tidak boleh dilewatkan.

Sudahkah delapan tempat di atas membuat anda ingin pergi ke Penang? Hubungi Cheria Halal Wisata saja jika ingin jalan – jalan dikota penang dengan Paket Tour Penang, itinerary bisa di request sesuai dengan keinginan Anda serta fleksibilitas waktu yang dapat diikuti kapan saja.



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Pesona Wisata Kota Penang