travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Bab Chellah, Benteng Kuno Bersejarah Di Rabat Maroko

Bab Chellah, Benteng Kuno Bersejarah Di Rabat Maroko


Chellah (bahasa Arab: شالة) atau Sala Colonia adalah nekropolis dan situs Romawi kuno[1] and medieval di luar kota Rabat, Maroko.

Benteng Kuno Bersejarah Di Rabat Maroko


Bab Chellah, Benteng Kuno Bersejarah Di Rabat Maroko
Bab Chellah, Benteng Kuno Bersejarah Di Rabat Maroko

Bangsa Fenisia dan Kartago mungkin sebelumnya pernah mendiami tepi sungai Bou Regreg. Chellah sendiri merupakan situs reruntuhan Romawi yang disebut Sala Colonia. Penggalian menunjukkan bahwa permukiman tersebut merupakan kota pelabuhan dengan unsur arsitektur Romawi termasuk decumanus maximus atau jalan Romawi, forum, dan gerbang kemenangan.

Situs ini ditinggalkan pada tahun 1154 karena orang lebih memilih kota Salé. Muwahidun menjadikan reruntuhan ini sebagai nekropolis. Pada pertengahan abad ke-14, sultan Bani Marin Abu l-Hasan membangun monumen dan gerbang utama pada tahun 1339. Selain itu, didirikan pula masjid, zawiya, dan makan kerajaan, termasuk makam Abu l-Hasan.

Banyak struktur di Chellah/Sala Colonia yang rusak akibat gempa bumi Lisbon 1755. Situs ini kini dijadikan kebun dan tempat wisata. Bangunan bersejarah lainnya adalah Benteng Chellah. Di sinilah dahulu, cikal bakal pemukiman penduduk pertama yang ada di kota Rabat, dibangun tiga abad sebelum masehi.

Tempat bersejarah dan wisata lainnya yang bisa dikunjungi di kota Rabat, antara lain, Bab Chellah (Pintu/Benteng Chellah). Sebuah kota tua yang didirikan oleh Roma yang kemudian diteruskan di bawah pemerintahan Arab.

Saat ini, benteng Chellah hanya menjadi peninggalan sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan dan ditempati oleh jumlah luar biasa burung pelikan. Gelembung burung pelikan ini berkembang biak terutama di musim semi. Selain pohon yang merindangi Benteng Chellah, burung-burung pelikan tersebut juga menjadikan menara tua sebagai sarangnya.

Paket Wisata Ke Maroko Cheria


Sangat menarik bukan? Nah jadi tunggu apalagi? Ayo segera jadikan Rabat sebagai salah satu destinasi wisata liburan Anda bersama dengan keluarga dan teman-teman di tahun ini dengan Paket Umroh Plus Maroko Spanyol Cheria. Jangan ragu untuk menghubungi Cheria Wisata yang akan senang hati memberikan beragam info menarik seputar referensi liburan kepada Anda.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Maroko:

Yuk' Lihat cuplikan Paket Wisata Ke Maroko bersama Cheria Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Bab Chellah, Benteng Kuno Bersejarah Di Rabat Maroko