travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Belanja Sepuasnya Di Pasar Tradisional Bodrum Turki

Belanja Sepuasnya Di Pasar Tradisional Bodrum Turki


Selain punya banyak pantai yang indah dan beragam bangunan bersejarah, kota Bodrum juga terkenal dengan pasar tradisionalnya. Wisatawan yang berkunjung ke kota yang berada di pinggiran sebuah teluk itu hampir pasti mendatangi lokasi di mana lapak-lapak para pedagang di gelar. Lokasi di gelarnya pasar tradisional tersebut kerap berpindah.

Pasar Tradisional Bodrum


Belanja Sepuasnya Di Pasar Tradisional Bodrum Turki
Belanja Sepuasnya Di Pasar Tradisional Bodrum Turki

Dalam seminggu nya, para pedagang beraneka barang kebutuhan dan souvenir tersebut berkeliling mulai dari pusat kota Bodrum hingga ke kawasan-kawasan sekitarnya seperti Turgutreis, Bitez, Gumbet, Gumusluk, Mumcular dan juga Guvercinlik. Hal tersebut berlangsung sepanjang tahun, baik di musim panas, musim dingin maupun di musim semi.

Suasana yang bisa di dapatkan dari pasar tradisional di Bodrum dan kawasan di sekitarnya bakalan jadi pengalaman berwisata yang menyenangkan. Beragam barang atau hasil alam dengan beraneka warna, bentuk dan ukuran di gelar bagi para pengunjungnya. Suara-suara para pemilik lapaknya pun bersahutan, mereka selalu berlomba menarik perhatian pengunjung untuk mendatangi lapaknya.

Sementara saling tawar antara pembeli dan pedagang terkadang berlangsung ‘sengit’, dan tak setiap transaksi selalu berakhir dengan senyuman di wajah kedua belah pihak. Di pusat kota Bodrum setiap hari Selasa adalah ‘harinya’ para lapak busana dan bahan kain. Pada hari itu, beraneka pakaian pria, wanita dan anak-anak di gelar. Di lapak-lapak para pedagang nya juga di gelar beragam jenis kain dan rajutan.

Wisatawan bisa memilih beraneka bentuk dan warna hasil kerajinan berbahan kain atau sulaman lainnya seperti sarung bantal, scarf dan karpet Turki yang sudah terkenal dengan motif indah dan rajutannya yang kuat. Tak jarang para pedagang nya juga menjual tas-tas dan jam tangan KW. Harganya relatif terjangkau.

Jika di hari Selasa para pedagang di Bodrum menawarkan beragam hasil kerajinan, busana dan aksesoris, maka di setiap hari Kamis dan Jumat barang yang di tawarkan adalah beraneka bahan makanan dan hasil panen para petani lokal. Di hari-hari tersebut wisatawan bisa mendapatkan beragam jenis buah dan sayuran.

Terkadang beberapa jenis buah dan sayuran yang jarang di temui di hari-hari lain juga di tawarkan. Sebagai contoh, pedagang buah dan sayuran lokal di Bodrum menawarkan wortel dari 3 hingga 4 jenis yang berbeda. Jeruk dan lemon yang merupakan hasil panen petani di sekitar Bodrum juga ada. Beberapa jenis jamur yang hanya tumbuh di musim-musim tertentu juga di tawarkan.

Salah satunya adalah jamur lokal bernama ‘chintar’ yang oleh warga setempat sering di masak dengan bersama buah olive. Buah olive yang di jual di sana juga terdiri dari beragam jenis. Ada yang berwarna hitam, hijau muda, dan hijau tua. Pedagang olive di pasar tradisional Bodrum juga menjual buah olive yang sudah diolah, siap untuk di gunakan sebagai bumbu penyedap hidangan. Beraneka jenis keju dari beragam rasa, warna dan ukuran juga di tawarkan. Beberapa diantaranya adalah keju ‘Tulum, keju ‘Kassar’, keju ‘Cottage’ dan keju yang di hasilkan dari susu domba.

Selain berbelanja atau sekedar plesiran, di Guvercinlik wisatawan bisa menikmati ragam kuliner seafood segar di kedai-kedai dan restoran yang ada desa nelayan tersebut. Panorama pesisir pantai yang bisa di dapatkan di sana juga memberikan kesan yang berbeda dari yang biasanya di temui di tempat lain. Pasar tradisional yang di gelar di Gumusluk juga kerap di datangi oleh wisatawan yang ingin mendapatkan panorama pinggiran pantai.

Berikut jadwal pasar tradisional yang di gelar di Bodrum dan kawasan sekitarnya :

Senin : Guvercinlik (bahan makanan dan busana)

Selasa : Bodrum (busana dan aksesoris)

Rabu : Ortakent dan Gumusluk

Kamis : Bodrum (bahan makanan) dan Yalikavak

Jumat : Bodrum (bahan makanan) dan Bitez

Sabtu : Turgutreis (bahan makanan dan busana)

Minggu : Gumbet, Mumcular dan Bitez

Tips: jika menanyakan keberadaan lokasi pasar tradisional kepada warga setempat sebaiknya menggunakan kata ‘Pazar’ atau ‘Bazaar’. Jika menggunakan kata ‘Market’, warga setempat kebanyakan akan mengarahkan wisatawan ke Supermarket.

Tour Murah Ke Turki


Destinasi ini Cheria Wisata rekomendasikan untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di Turki, jangan lupa mencoba destinasi seru lainnya. Hubungi Cheria Wisata untuk informasi liburan ke Turki dengan Paket Tour Halal Turki dan Umroh Plus Turki ya.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Belanja Sepuasnya Di Pasar Tradisional Bodrum Turki