travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Serunya Pusat Perbelanjaan Asagaya Tokyo

Serunya Pusat Perbelanjaan Asagaya Tokyo


Mencari alternatif tempat wisata di Tokyo? Bisa jadi Anda akan pusing sendiri, karena Tokyo memang memiliki ratusan, atau bahkan ribuan alternatif tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Namun jika bosan dengan berbagai taman bermain, atau jenuh mengelilingi pusat perbelanjaan modern, atau mencari alternatif lain selain mengunjungi berbagai museum, mengapa tidak mencoba mengeksplorasi berbagai kawasan di Tokyo? Tokyo tak hanya memiliki kawasan populer seperti Shibuya, Harajuku, Roppongi, maupun Ginza saja.

Masih banyak kawasan lainnya yang walau tidak memiliki tempat wisata besar, namun memiliki identitas kawasan yang khas sehingga sangat menarik untuk dijelajahi.

Serunya Pusat Perbelanjaan Asagaya Tokyo
Serunya Pusat Perbelanjaan Asagaya Tokyo

Asagaya adalah salah satu dari sekian banyak kawasan di Tokyo yang memiliki identitas khas yang membuatnya unik. Jika Shimokitazawa terkenal sebagai kawasan gaul para hippies, dan Jimbocho punya identitas sebagai pusat penjualan buku bekas, maka Asagaya dikenal sebagai kawasannya musik jazz.

Ya, musik jazz dapat dengan mudah ditemukan di kawasan yang masih memiliki nuansa ala kota lama ini. Bahkan Asagaya menjadi tuan rumah untuk salah satu festival musik jazz terbesar di Tokyo, yaitu Asagaya Jazz Street Festival. Menarik, bukan?

Sejarah Asagaya


Bagi yang belum pernah mendengar tentang Asagaya, kawasan ini merupakan sebuah kawasan suburban yang termasuk ke dalam wilayah distrik Suginami, yang terletak di sebelah barat Shinjuku. Sejarah tempat ini sudah dimulai sebelum periode Edo, dan semula dikenal sebagai Asagaya Village.

Nama ‘asagaya’ sendiri berasal dari ‘asai tani’, atau lembah yang dangkal, yang mengacu pada lokasi kawasan ini yang berada di sepanjang sungai Momozono. Kemudian penulisan namanya bergeser menjadi ‘asakaya’, dan setelah dimasukkan ke dalam wilayah distrik Suginami pada tahun 1932, kawasan ini dikenal sebagai Asagaya.

Semula Asagaya ini dikenal sebagai daerah yang dipenuhi oleh sawah dan berbagai hewan seperti musang dan rubah. Namun pasca Gempa Besar Kanto tahun 1923, banyak penduduk yang berasal dari sebelah timur Tokyo berbondong-bondong datang ke sini karena harga sewa tanahnya yang murah.

Di antara penduduk baru tersebut, tercatat beberapa nama yang dikemudian hari populer sebagai novelis dan sastrawan, sehingga Asagaya pun kemudian populer sebagai kawasannya para sastrawan. Dewasa ini, seiring dengan semakin berkembangnya kawasan Asagaya, kawasan ini tak hanya dikenal sebagai kawasan sastrawan saja.

Saat ini di Asagaya banyak bermunculan bermacam bar dan live house, yang uniknya, mayoritas menyajikan musik jazz sebagai sajian utamanya, dengan variasi musik blues dan rock pepper di sebagian bar. Asagaya pun akhirnya dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati alunan musik jazz, dan beberapa bar yang populer sebagai tempat untuk hangout antara lain adalah Jamb Jamb, Yellow Vision, dan Manhattan.

Pearl Center - Tokyo
Pearl Center

Walau populer dengan musik jazz-nya, Asagaya tak hanya berisi bar dan live house saja. Kawasan ini memiliki banyak spot menarik, terutama karena disini terdapat banyak shotengai, atau shopping street. Shotengai tersebut banyak terdapat di Pearl Center, yang lokasinya berada di sisi selatan Stasiun JR Asagaya.

Sebagian lainnya tersebar di lokasi yang masih tak begitu jauh dari stasiun. Aneka shotengai ini menawarkan bermacam jenis barang dagangan, mulai dari peralatan dapur, pakaian, buku dan manga, hingga aneka produk bekas. Cukup menarik untuk dilirik bagi yang suka berbelanja sambil menikmati suasana.

Masih banyak hal menarik lainnya yang dapat dilihat di Asagaya. Kawasan ini memiliki beberapa teater yang dapat dikunjungi oleh para pecinta film, antara lain Hitsuji-za, Theater Shine, dan Zamuza.

Selain itu, ada teater Laputa yang memiliki spesialisasi memutar film-film Jepang dari era 1950-1970 an. Kawasan ini juga memiliki berbagai variasi tempat kuliner, yang banyak tersebar di Star Road (terletak si timur laut Stasiun JR Asagaya). Tempat kuliner tersebut juga banyak terdapat si sekitar Kawabata Street, yang terletak barat daya Stasiun JR Asagaya.

Mabashi-Inari Shrine  -Tokyo
Mabashi-Inari Shrine

Asagaya juga memiliki beberapa kuil dan spot bersejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Asagaya Shinmeigu Shrine (1-25- 5 Asagaya-Kita, 03-3330- 4824), jalan bersejarah yang dipenuhi oleh deretan pohon Zelkova (1-6- 5 Asagaya-Kita), Mabashi-Inari Shrine (2-4-4 Asagaya-Minami, 03-3311- 8588), hingga 2 patung Budha yang terletak di depan Inageya Yakitori Shop.

Patung ini sudah dibangun sejak tahun 1691, dan sampai saat ini masih rutin dijadikan tempat berdoa oleh penduduk setempat. Sebetulnya masih banyak spot menarik lainnya dari Asagaya, terutama karena kawasan ini memiliki beberapa sudut yang sepertinya tak berubah sejak puluhan tahun yang lalu.

Seperti halnya kawasan lain di Tokyo, Asagaya juga memiliki beberapa event yang menjadi kebanggaan kawasan tersebut. Setidaknya ada 2 event besar yang selalu menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Asagaya.

Event Besar Yang Diselenggarakan di Asagaya


Asagaya Jazz Street Festival
Asagaya Jazz Street Festival

Event pertama adalah Asagaya Jazz Street Festival, yang rutin diselenggarakan pada akhir bulan Oktober setiap tahunnya. Event ini terbilang unik, karena penyelenggaraannya melibatkan berbagai venue yang terdapat di kawasan ini (tidak terpusat pada satu tempat saja), termasuk kuil dan juga pinggir jalan.

Tanabata Matsuri - Jepang
Tanabata Matsuri

Event kedua adalah Tanabata Matsuri, yang diadakan setiap minggu pertama di bulan Juli. Tanabata Matsuri sebetulnya merupakan tradisi yang dirayakan di seluruh Jepang, namun perayaan di Asagaya ini cukup menarik perhatian karena diselenggarakan di pusat kawasan dan diadakan dalam skala yang cukup besar. Jadi jika tertarik untuk melihat sisi meriah dari Asagaya, datanglah pada musim digelarnya festival tersebut dengan Paket Tour Jepang Murah bersama Cheria Halal Wisata. Selamat berwisata!


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Serunya Pusat Perbelanjaan Asagaya Tokyo