travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Kuliner Lengkap dan Asyik di Nishiki Market Jepang

Kuliner Lengkap dan Asyik di Nishiki Market


Siapa yang pernah membayangkan akan mengunjungi pasar saat berwisata ke suatu daerah? Ya, pasar (kecuali pasar souvenir) memang bukan tempat yang lazim untuk dikunjungi oleh wisatawan karena pada dasarnya pasar memang bukanlah sebuah tempat wisata.

Tapi ada juga beberapa pasar yang memiliki keunikan tersendiri sehingga membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat tersebut. Sebut saja Tsukiji Fish Market yang merupakan pusat grosir seafood terbesar di dunia, serta Ota Wholesale Market yang terkenal sebagai pusat grosir buah dan sayur. Keduanya berada di Tokyo, dan termasuk pasar yang akhirnya populer sebagai salah satu tempat wisata.

Nishiki Market


Kuliner Lengkap dan Asyik di Nishiki Market Jepang
Kuliner Lengkap dan Asyik di Nishiki Market Jepang

Sebagai sebuah kota yang memiliki tradisi yang masih terjaga dengan baik, Kyoto juga memiliki beberapa pasar yang populer di antara wisatawan asing. Salah satunya adalah Nishiki Market, atau dalam nama setempat disebut Nishiki Ichiba.

Sekalipun disebut sebagai pasar, Nishiki Market ini sejatinya merupakan sebuah shopping street, yaitu sebuah jalan yang dipenuhi dengan berbagai jenis toko (bukan pasar terpusat seperti pasar pada umumnya) dan memiliki lebar kira-kira 5 meter.

Nishiki Tenmangu Shrine
Nishiki Tenmangu Shrine

Panjangnya mencapai 390 meter yang membentang dari sisi timur ke barat dari jalan Teramachi ke jalan Takakura, dimana pada salah satu ujungnya terdapat pintu gerbang dari Nishiki Tenmangu Shrine. Tak heran jika pasar ini termasuk salah satu tempat favorit untuk dikunjungi oleh wisatawan yang berwisata ke salah satu kuil populer di Kyoto tersebut.

Tapi Nishiki Market tak hanya populer karena faktor lokasinya yang berada di dekat Nishiki Tenmangu Shrine saja. Pasar ini juga populer karena faktor sejarahnya yang sudah sangat panjang. Toko yang pertama buka di daerah ini, yaitu toko ikan, pertama kali dibuka pada tahun 1311.

Jauh sebelum periode Edo dimulai. Dan pada masa kejayaan Edo berlangsung, pasar ini termasuk salah satu pasar ikan yang penting. Terdapat beberapa pusat grosir ikan yang disusul juga dengan berdirinya aneka toko yang menjual ikan secara retail, disusul dengan munculnya bermacam produk makanan berbahan dasar ikan yang akhirnya membuat pasar ini semakin ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Saat ini Nishiki Market tak hanya berisi pasar ikan saja. Hampir seluruh produk makanan, mulai produk mentah seperti aneka sayur mayur, buah, hingga beragam jenis bumbu dapur dapat ditemukan di tempat ini, sehingga Nishiki Market pun populer juga dengan julukan ‘the Kitchen of Kyoto’.

Tak hanya produk makanan mentah, di pasar ini kini terdapat beragam jenis toko lainnya mulai dari toko daging, asinan, makanan jadi, aneka kue, hingga toko bunga. Totalnya terdapat 126 toko yang terbagi ke dalam 6 blok, sesuai dengan jumlah persimpangan mulai dari pintu gerbang Nishiki Tenmangu Shrine (bagian timur) hingga ke ujung tempat pasar ini berakhir (bagian barat).

Lalu apa saja yang dapat ditemukan di pasar ini? Pada blok 1 yang paling dekat dengan gerbang kuil, terdapat 5 toko yang terdiri dari toko bunga, daging dan telur, asinan, makanan, hingga kudapan manis.

Pada blok selanjutnya, toko ikan mendominasi area pasar, ditambah dengan beberapa toko sayur, peralatan dapur, tahu, dan makanan ringan. Blok ketiga dan seterusnya memiliki variasi toko yang lebih beragam, tak lagi didominasi oleh ikan maupun sayuran.

Wisata Kuliner Khas Kyoto
Wisata Kuliner Khas Kyoto

Semakin mendekati ke arah barat, toko makanan, makanan ringan, serta teh semakin mudah ditemukan, sehingga menawarkan kesempatan yang lebih besar bagi pengunjung yang tertarik untuk melakukan wisata kuliner.

Kudapan Khas Kyoto
Kudapan Khas Kyoto

Beberapa tempat makan disini menawarkan kuliner maupun kudapan khas Kyoto yang sayang sekali untuk dilewatkan. Beberapa resto bahkan melengkapi area tokonya dengan tempat duduk, sehingga pengunjung dapat duduk sambil menikmati makanan maupun suasana pasar.

Aneka produk di pasar ini pun rata-rata merupakan produk yang diproduksi maupun dibuat secara lokal, sehingga kental akan nuansa lokal dan memiliki beberapa produk yang tidak bisa di dapat dari pasar modern.

Dan faktor menarik yang terakhir adalah, beberapa toko di pasar ini gemar memberikan sample gratis yang dapat langsung dicoba saat itu juga. Jadi Anda dapat mencicipi dulu produk-produk yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Menarik, bukan? Selamat berwisata!

Tour Muslim Ke Jepang


Destinasi ini sangat cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga, Anda dapat mengambil Paket Wisata Jepang Murah dengan Cheria Wisata untuk paket liburan dengan harga yang terjangkau serta kenyamanan liburan. Jangan ragu menghubungi Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^



Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Kuliner Lengkap dan Asyik di Nishiki Market Jepang