travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Kota Kuno Halicarnassus Destinasi Wisata Bodrum

Kota Kuno Halicarnassus Destinasi Wisata Bodrum


Myndos Gate adalah sebuah destinasi wisata di Bodrum yang merupakan bagian dari proyek restorasi dua buah perusahaan Telekomunikasi besar, Ericsson dan Turkcell. Gerbang masuk ke kota kuno Halikkarnassus tersebut juga menjadi bagian dari bentangan tembok kota sepanjang 7 KM yang membatasi Halikarnassus dan kawasan yang berada di sekitarnya. Lokasinya ada (jalan) Gumbet Road Lama. 

Menjejaki Telekomunikasi Ericsson dan Turkcell


Tempatnya juga berada tak jauh dari sebuah pemakaman warga dan Gambet Junction yang merupakan kawasan di sebelah barat kota Bodrum. Tembok kota Halikarnassus sendiri di bangun pada 364 tahun sebelum masehi. Di sebelah baratnya, tembok itu menghampar dari kawasan pelabuhan hingga ke kawasan Goktepe. Istana Salmakis yang berada di bagian barat dan Istana Zephyrion yang berada di bagian timur juga menjadi penanda keberadaan tembok kota tersebut.

Di masa lalu, kota Halikarnissus punya 2 gerbang utama. Masing-masing bernama Mylasa Gate yang berada di bagian timurnya dan Myndos Gate yang berada di bagian baratnya. Sayangnya, Mylasa Gate tak lagi bisa di saksikan sisa-sisa bangunannya. Sebagai sebuah gerbang masuk, Myndos Gate di lengkapi pula dengan 2 buah menara yang masing-masing berada di sebelah kanan dan kiri bangunan.

Kota Kuno Halicarnassus Destinasi Wisata Bodrum
Kota Kuno Halicarnassus Destinasi Wisata Bodrum

Masing-masing memiliki lebar 7 meter dengan ketinggian 8.5 meter serta terbuat dari tumpukan-tumpukan batu persegi berukuran besar. Nama Myndos Gate sendiri berasal nama sebuah kawasan kuno bernama Myndus yang kini di sebut dengan Diktiri. Diktiri atau Dikdiri adalah bahasa setempat yang berarti ‘berdiri kokoh’. Kawasannya memang sudah berumur lebih dari 2500 tahun.

Konon, dulunya terdapat sebuah parit di depan Myndos Gate dengan kedalaman 8 meter lebar 15 meter. Informasi ini di dapatkan dari catatan Ariannus pada 334 tahun sebelum masehi yang merupakan utusan dari Alexander the Great untuk memantau keadaan di sana sebelum pasukan Roma menguasai kota Halicarnassus.

Pada penyerangannya yang pertama, Alexander memerintahkan pasukannya untuk bergerak kearah timur kota dan menerobos masuk lewat Milas Gate. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil. Beberapa hari kemudian ia pun memerintahkan pasukan Roma untuk menguasai kota itu lewat bagian barat atau Myndos Gate.

Saat melakukan penyerangan, Alezander harus membangun sebuah jembatan agar pasukannya bisa menyebrangi parit yang berada di depan gerbang tersebut. Namun pasukan Halicarnassus yang di pimpin oleh Oronbates dan Memnon dari Rhodos tetap melakukan perlawanan dengan gigih.

Tapi nampaknya pasukan Alexander the Great datang dengan kekuatan yang lebih besar dari sebelumnya dan pasukan Halicarnasssus pun harus terusir dan berlayar ke pulau Kos.

Jika wisatawan berkunjung ke kota Halicarnassus, disana bisa di saksikan puing-puing Myndos Gate dan rumah-rumah warga kota kuno tersebut.

Dulunya rumah-rumah warga Halicarnassus terbagi menjadi 3 bentuk utama, yaitu Musindra, Chios dan Tower-House. Tower-House adalah bentuk rumah yang paling tua/kuno, namun sayangnya hanya 13 banggunan Tower-house saja yang masih bisa di saksikan sekarang. 

Tower-House memiliki pondasi berbentuk persegi empat. Rumah tipe ini di bangun untuk mempertahankan diri. Lantai pertamanya sudah berada di ketinggian. Untuk bisa masuk kesana, susunan anak tangga mesti di naiki. Lantai pertama ini juga berfungsi sebagai pintu masuk utama dari rumah.

Paket Wisata Turki

Destinasi ini Cheria Wisata rekomendasikan untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di Turki dengan Paket Wisata Turki Murah 2016 dan Umroh Plus Turki, jangan lupa mencoba destinasi seru lainnya. Hubungi Cheria Wisata untuk informasi liburan ke Turki ya. 

Yuk' Lihat cuplikan  Paket Tour Turki bersama Cheria Halal Wisata^^








Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Kota Kuno Halicarnassus Destinasi Wisata Bodrum