travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Mengenal Lebih Jauh Kiswah Penutup Ka’bah

Mengenal Lebih Jauh Kiswah Penutup Ka’bah


Kiswah adalah kain yang menutupi Ka’bah di Makkah, Saudi Arabia. Kain ini biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari ketika jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim Haji. Nama kiswah dalam bahasa Arab berarti 'selubung' (kain yang dikenakan pada peti) dan seasal dengan kata kisui dalam bahasa Ibrani.

Kiswah Penutup Ka’bah


Mengenal Lebih Jauh Kiswah Penutup Ka’bah
Mengenal Lebih Jauh Kiswah Penutup Ka’bah

Dahulu, kiswah yang terbuat dari sutera hitam itu didatangkan dari Mesir dan biayanya diambil dari kas Kerajaan Mesir. Tradisi pengiriman kiswah dari Mesir ini dimulai pada zaman Sultan Sulaiman yang memerintah Mesir pada sekitar tahun 950-an H sampai masa pemerintahan Muhammad Ali Pasya sekitar akhir tahun 1920-an

Kiswah
Kiswah

Setiap tahun, kiswah lama diangkat, dipotong-potong menjadi beberapa bagian kecil dan dihadiahkan kepada beberapa orang, pejabat Muslim asing yang berkunjung dan organisasi asing. Kain ini memiliki luas 658m2 dan terbuat dari sutera seberat 670kg. Jahitannya terdiri dari benang emas seberat 15 kg. Kain ini terdiri dari 47 bagian kain dan masing-masing kain memiliki panjang 14m dan lebar 101m. Kiswah dipasang mengitari Kakbah dan direkatkan ke tanah menggunakan cincin tembaga Jahitan ayat-ayat Quran yang biasanya dirancang secara manual sekarang dibantu oleh komputer yang mempercepat masa pembuatan kain ini

Untuk mengenal lebih jauh mengenai kiswah ini, Anda dapat mengunjungi pabrik kiswah yang merupakan tempat pembuatan kain penutup Ka’bah yang berwarna hitam yang kelilingnya dihiasi kaligrafi ayat-ayat suci Al Qur’an yang terbuat dari benang emas. Pabrik kiswah ini dibuka untuk umum, namun jika ingin berkunjung, Anda harus membuat surat permohonan ijin berkunjung yang ditujukan kepada Kementerian Luar Negeri Saudi Arabia di Jeddah.

Di Pabrik kiswah ini Anda dapat tempat pemintalan benang sampai menjadi kain kiswah yang menggunakan mesin tenun modern dengan teknologi komputer, tempat pemintalan yang menggunakan alat tradisional yang sekarang sudah tidak dipakai lagi dan tempat pembuatan sabuk emas atau kaligrafi ayat-ayat suci Al Qur’an.

Promo Umroh


Sangat menarik bukan? Nah untuk itu mari perteguh niat Anda untuk menunaikan ibadah umroh ke tanah suci. Untuk konsultasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi konsultan Cheria Wisata untuk mempersiapkan perjalanan umroh Anda dan ikuti juga Umroh Akhir Tahun 2016 bersama Cheria Halal Wisata.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Mengenal Lebih Jauh Kiswah Penutup Ka’bah