travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Sejarah dan Tokoh Islam Dari Madrid Spanyol

Sejarah dan Tokoh Islam Dari Madrid Spanyol


Meski diyakini telah ada sejak zaman prasejarah, tak banyak yang tahu, orang yang memberi nama kota terbesar di Spanyol ini orang-orang muslim. Sejarah modern Madrid dibangun oleh Amir Kerajaan Islam Cordoba Muhammad I.

Sejarah dan Tokoh Islam Dari Madrid


Sejarah dan Tokoh Islam Dari Madrid Spanyol
Sejarah dan Tokoh Islam Dari Madrid Spanyol

Saat Amir Cordoba Muhammad I menguasai Madrid, ia membangun benteng pertahanan di sebuah bukit di tepi kiri Sungai Manzanares. Benteng itu sangat kokoh melindungi Kota Madrid yang ekonominya sangat maju kala itu. Disebutkan pula, sang khalifah juga memerintahkan pembangunan sebuah istana kecil di tempat yang sama yang saat ini ditempati oleh Real Palacio. Di sekitar istana tersebut, dibangun benteng kecil, al-Mudayna.

satu tokoh umat Islam yang menonjol dari Madrid adalah seorang ilmuwan bernama Maslamah Ibnu Ahmad Al Majriti. Nama aslinya adalah Abul Qasim Maslamah Bin Ahmad Al-Majriti. Disebut Al Majriti karena ia dilahirkan di Madrid, Spanyol. Ilmuwan muslim ini meninggal sekitar tahun 1007 atau 1008 Masehi.

Beliau merupakan ahli matematika terbaik menurut banyak sarjana. Selain itu, Al Majriti juga menorehkan prestasi dalam bidang Kimia. Dua risalah kimia yang berjudul Rutbat Al-Hakim dan Ghayat Al-Hakim adalah bukti kecerdasannya.

Al Majriti juga dikenal sebagai orang pertama yang membuktikan prinsip kekekalan massa yang ia tulis dalam kitab Rutbat al Hakim. Jauh sebelum Iimuwan non-Muslim yang bernama Lavoisier dari Prancis yang dianggap sebagai penemu prinsip kekekalan massa.

Pada saat Islam berkuasa, banyak sekali pembangunan yang dilakukan. Perekonomian Madrid pun makin maju meskipun saat itu Madrid hanya sebuah kota kecil. Salah satunya adalah adalah penggunaan qanat, yaitu terowongan bawah tanah yang digunakan untuk tujuan irigasi. Di sana, juga di bangun sistem penyediaan air untuk seluruh wilayah kota tersebut.

Dengan sumber air yang melimpah, penyediaan air pun bisa merata ke seluruh wilayah. Selain itu, masih banyak yang ditorehkan umat Islam di kota terbesar ketiga di Eropa tersebut. Namun sayangnya, budaya Islam tak bertahan lama dan tak banyak berbekas saat ini. Dan saat ini, Madrid lebih dikenal sebagai kota sepakbola.

Jalan Jalan Ke Spanyol


Bagi Anda yang ingin berlibur ke Madrid di Spanyol segera maka jangan ragu juga untuk menghubungi Cheria Wisata yang dapat memberikan info lengkap seputar Paket Tour Spanyol dan Umroh Plus Maroko Spanyol bagi Anda semua.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Di Spanyol :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Umroh Plus Maroko Spanyol bersama Cheria Halal Wisata ^O^






Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Sejarah dan Tokoh Islam Dari Madrid Spanyol