travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Bento, Si Penggugah Selera Makan Ala Jepang

Bento, Si Penggugah Selera Makan Ala Jepang


Jika kita berkunjung ke restoran Jepang pasti dalam daftar menu akan kita temui istilah Bento. Apa itu bento?

Bento Khas Ala Jepang


Bento, Si Penggugah Selera Makan Ala Jepang
Bento, Si Penggugah Selera Makan Ala Jepang

Bento adalah istilah bahasa Jepang  untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bento bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik. Ciri khas dari bento adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera makan. Kemasan bento pun beraneka ragam dan dikenal dengan istilah Bento box. Bento sendiri ada dua jenis, yaitu Bento dan Charaben.

Charaben Ala Jepang
Charaben Ala Jepang

Apa yang menjadi perbedaan antara Bento dan Charaben?
Bento adalah bekal makanan biasa yang ditata menarik di dalam  Bento box. Sedangkan Charaben (Character Bento) adalah jenis Bento yang menampilkan karakter/tokoh di dalamnya seperti bentuk binatang, bunga atau tokoh kartun.

Bento merupakan suatu makanan yg mungkin memiliki nilai lebih. Di jepang Bento populer di tahun 1980-an setelah dikenal kemasan kotak plastik polistirena sekali pakai, oven microwave, dan semakin meluasnya toko kelontong 24 jam. Sementara itu, bento buatan ibu sangat digemari, dan tradisi membawa bento dari rumah itu menjadi trend tersendiri.

Keahlian menyiapkan bento untuk anak-anak merupakan kebanggaan tersendiri bagi ibu rumah tangga. Lauk seperti sosis dan nori dipotong-potong atau digunting untuk dijadikan hiasan, seperti daun, bunga, binatang, hingga karakter anime.  dengan begitu bento akan terlihat lebih menarik dan indah. Sehingga dapat membuat seseorang tertarik memakannya. 

Membuat bento pun dibutuhkan kreativitas dan ide, jika sering membuat bento ide akan mucul dengan sendirinya. Selain itu, dalam membuat bento pun tidak hanya menampilkan bento yang menarik, tetapi juga harus memperhatikan prinsip dasarnya. Prinsip dasar bento adalah balance meal, yaitu pemenuhan gizi dalam makanan. Jadi saat membuat bento harus memperhatikan kebutuhan gizinya, seperti karbohidrat, protein dan vitamin.

Bagi warga Jepang, bento adalah seni. Bento telah menjadi media untuk mengasah kreatifitas warga Jepang dengan cara menata makanan dalam boks. Misalnya  nasi yang dibentuk seperti wajah Doraemon dan sosis yang dipotong berbentuk gurita. Bento telah menjadi salah satu warisan kultur Jepang.

Wisata Halal Jepang


Yuk' Mencoba langsung Bento di Jepang dengan Paket Tour Jepang Murah bersama Cheria Wisata. Kemanapun tujuannya, Cheria aja...


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^





Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Bento, Si Penggugah Selera Makan Ala Jepang