travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Ukiran Bunga Tulip Di Masjid Selimiye, Turki

Ukiran Bunga Tulip Di Masjid Selimiye


Sejenak meninggalkan kebisingan kota khas Istanbul, rihlah menuju Edirne, sebuah provinsi di barat Turki yang berbatasan langsung dengan Yunani dan Bulgaria merupakan sebuah pilihan yang tepat. Melalui jalan lengang memberikan kenyamanan tersendiri dengan hamparan ladang pertanian modern khas Eropa.

Edirne merupakan kota penting dalam sejarah Turki Utsmani, karena kota ini pernah menjadi ibu kota pusat pemerintahan Dinasti Utsmani sebelum dipindah ke Islambul (kemudian berubah menjadi Istanbul) pada 1453. Oleh karena itu, tentulah kota ini menyimpan begitu banyak bukti kegemilangan Islam pada zamannya.

Masjid Selimiye


Ukiran Bunga Tulip Di Masjid Selimiye
Ukiran Bunga Tulip Di Masjid Selimiye, Turki

Pertama kali menatap Edirne, terkesan sebagai kota yang tenteram, jauh dari semrawut khas perkotaan. Sebagai salah satu bangunan ikonik, Masjid Selimiye berdiri megah di jantung kota ini. Atas perintah Sultan Selim II tahun 1568, Mimar (arsitek) Sinan yang merupakan arsitek termasyhur era Utsmani merancang pembangunan Masjid Selimiye yang tahun 2011 dimasukkan Unesco sebagai warisan dunia.

Konon masjid yang sudah berumur 440 tahun ini merupakan mahakarya terbesar sang maestro yang hidup selama 98 tahun. Meski dari segi ukuran masjid ini lebih kecil dibanding Masjid Süleimaniye di Istanbul yang juga merupakan karya sang Mimar, namun Masjid Selimiyelah yang diklaim Mimar sebagai karya terbesarnya.

Di sebuah tiang serambi muazin terdapat motif yang sengaja dibuat Mimar dengan menyiratkan pesan akan proses mendapatkan lahan masjid. Menurut riwayat, lahan masjid ini asalnya sebuah taman tulip yang pemiliknya tak ingin menjualnya. Setelah melalui bujukan dan negosiasi, akhirnya sang pemilik berkenan menjual tamannya dengan syarat Mimar Sinan akan mengukir motif tulip di masjid rancangannya. Setelah mengamini permintaan tersebut, Mimar pun mengukir tulip yang menyiratkan lahan masjid adalah bekas taman tulip. Namun, Mimar tidak mengukir dengan sebenarnya, melainkan membalikkan kuntum tulip dengan tangkai di atas. Ternyata Mimar menyelipkan pesan bahwa butuh proses membalikkan hati pemilik tanah demi mendirikan Selimiye.

Runtuhnya Kekaisaran Byzantium dan ibu kota Dinasti Utsmani pindah ke Konstantinopel atau Istanbul, bukan berarti melemahnya kehidupan Edirne. Hal ini dibuktikan dari berbagai literatur sejarah mengenai kebangkitan dan menggeliatnya Edirne pascapindah ibu kota.

Di sebuah sudut kota ini terdapat kompleks bangunan tua yang bernama Sultan II. Bayezid Külliyesi Saglik Müzesi (Museum Kesehatan Kompleks Sultan Bayezid II). Selaras dengan namanya, kompleks ini dibangun atas perintah Sultan Bayezid II yang tak lain adalah putra mahkota Fatih Sultan Mehmed II sang penakluk Konstantinopel.

Paket Liburan Ke Turki


Jika di Turki tidak ada salahnya megunjungi tempat ini. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur ke Turki dengan Paket Tour Murah Ke Turki dan Umroh Plus Turki bersama Cheria Wisata ya. Hubungi kami segera untuk mendapat info terkini seputar Turki dan destinasi wisata lainnya yang tentunya menarik dan terjangkau.




Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^






Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Ukiran Bunga Tulip Di Masjid Selimiye, Turki