travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Menjelajahi Museum Hosomi Kyoto di Jepang

Menjelajahi Museum Hosomi Kyoto


Punya hobi mengunjungi berbagai museum? Maka Kyoto jelas akan menjadi salah satu surga bagi para pecinta wisata museum. Betapa tidak, kota ini memiliki cukup banyak museum yang menawarkan tema yang beragam, mulai dari yang bertema seni hingga manga; serta mulai dari museum berskala besar hingga museum kecil namun nyaman untuk dikunjungi dan memiliki koleksi yang menarik.

Museum Hosomi


Menjelajahi Museum Hosomi Kyoto
Menjelajahi Museum Hosomi Kyoto di Jepang

Salah satu museum yang cukup menarik untuk dikunjungi selama berwisata di Kyoto adalah Hosomi Museum, atau Hosomi Art Gallery & Museum. Museum keluarga yang sudah berdiri sejak tahun 1998 (kini dipegang oleh generasi ketiga yaitu Yoshiyuki Hosomi) berfokus mengangkat karya seni Jepang.

Generasi pertama pendiri museum ini, yaitu Hosomi Ryo, mengoleksi berbagai lukisan dari periode Nara dan Heian, serta berbagai koleksi perlengkapan minum teh pada periode Muromachi. Putranya menyukai berbagai benda seni buatan periode Edo. Jadilah museum ini memiliki lebih 1000 benda seni yang menjadi koleksi tetap dari berbagai periode sejarah di Jepang, dan kemudian ditampilkan dalam ruang pamer yang akan diganti secara periodik.

Koleksi Museum Hosomi
Koleksi Museum Hosomi

Penasaran dengan koleksi yang dimiliki oleh museum ini? Museum Hosomi memiliki berbagai benda seni yang berasal dari abad 4-16, seperti aneka patung Budha dan berbagai peralatan keagamaan. Pendiri museum ini memang menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan agama, terutama agama Budha-Shinto.

Jenis koleksi lainnya adalah berbagai benda dekorasi yang dibuat dengan berbagai teknik, seperti peralatan minum teh dan ornamen dekorasi lainnya. Museum Hosomi juga memiliki aneka koleksi seni Rimpa, yaitu benda seni yang merupakan kombinasi antara teknik lukis tradisional dengan teknik tinta, sehingga memberikan nuansa modern pada masa itu (periode Edo). Selain koleksi-koleksi tersebut, masih ada koleksi lainnya yang berasal dari periode modern (abad 16-19) mulai dari berbagai lukisan ukiyo-e, lukisan tinta, lukisan potret, dan masih banyak lagi.

Selain menikmati berbagai koleksi yang dimiliki oleh Museum Hosomi, masih banyak yang bisa Anda nikmati di museum ini. Dimulai dari tampilan museum yang modern minimalis, Anda dapat sekaligus menikmati arsitektur bangunan ini. Pertama kali masuk ke area museum, Anda akan masuk dari lantai atas dan kemudian baru menjelajah ke lantai bawah.

Ruang pamer di museum ini dirancang oleh OE Tadasu dengan nuansa modern, dengan total 5 lantai (3 lantai di atas tanah dan 2 lantai di bawah tanah). Oya, museum ini sudah mendapatkan penghargaan 40th Building Contractors Society Architecture Prize, jadi betul-betul layak untuk dilirik oleh Anda yang menyukai wisata arsitektur.

Selain memiliki ruang pamer, museum Hosomi ini juga memiliki rumah minum teh bernama Kokoan Japanese Tea Room. Area ini dirancang oleh Nakamura Sotoji dan mengambil inspirasi dari gaya arsitektur Sukiya. Rumah minum teh ini buka setiap hari, dan jika Anda beruntung Anda dapat melihat upacara minum teh yang dilangsungkan di area ini.

Oya, Kokoan Japanese Tea Room ini juga dapat disewa untuk keperluan privat lho, jadi jika Anda tertarik berkunjung ke museum ini bersama rombongan, Anda dapat mempertimbangkan untuk sekaligus menyewa rumah minum teh ini untuk mendapatkan pengalaman wisata yang lebih lengkap.

Sebuah museum takkan lengkap tanpa sebuah toko souvenir, dan di museum Hosomi ini terdapat sebuah toko yang sangat menarik untuk dilirik. Toko bernama Art Cube Shop ini menjual berbagai merchandise original museum, serta berbagai aksesoris dan juga buku-buku yang berkaitan dengan seni (terutama seni khas Jepang).

Dan jika masih belum puas, Anda dapat mengunjungi Café Cube yang lokasinya berada di area basement. Café ini menyajikan perpaduan cantik antara menu-menu khas Jepang yang disajikan dengan gaya kontemporer. Sebagai informasi tambahan, café ini juga dapat disewa untuk pesta tertutup dan juga acara khusus seperti upacara pernikahan.

Selesai mengunjungi area museum, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata lain yang lokasinya tak begitu jauh dari area museum ini. Salah satu yang terdekat adalah Heian Jingu, atau kuil Heian, yaitu sebuah kuil yang dibangun dengan desain yang mengusung replika istana Heian.

Selain itu, masih ada Kyoto Municipal City Zoo yang lokasinya juga tak begitu jauh dari Heian Jingu. Namun jika Anda masih ingin melanjutkan melakukan wisata museum, tak jauh dari museum Hosomi terdapat National Museum of Modern Art Kyoto dan Kyoto Municipal Museum of Art yang dapat dicapai dengan berjalan kaki. Menarik bukan? Selamat berwisata!

Paket Jepang Murah


Destinasi ini sangat cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga, Anda dapat mengambil paket liburan ke Kyoto dengan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Wisata untuk paket liburan dengan harga yang terjangkau serta kenyamanan liburan. Jangan ragu menghubungi Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Jepang :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Jepang Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^







Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Menjelajahi Museum Hosomi Kyoto di Jepang