travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Serunya Berbelanja Souvenir Dan Kurma Khas Madinah

Serunya Berbelanja Souvenir Dan Kurma Khas Madinah


Setiap seseorang pergi ke suatu negara, tidak lengkap rasanya bila tidak melihat-lihat dan berbelanja sesuatu yang unik di negara tersebut. Begitu juga dengan para jamaah haji atau umrah yang mengunjungi kota Madinah dan Mekkah.

Berbelanja Souvenir Dan Kurma Khas Madinah


Selain beribadah, mereka juga pasti ingin berbelanja. Setiap tur yang diikuti oleh para jemaah pasti selalu membawa mereka ke tempat perbelanjaan. Ada beberapa tempat untuk berbelanja di Madinah yang biasa dikunjungi oleh para jemaah. Yang pertama yaitu, Old Bazaar.

Berbelanja Souvenir Dan Kurma Khas Madinah
Serunya Berbelanja Souvenir Dan Kurma Khas Madinah

Old Bazaar terletak tidak jauh dari Masjid Nabawi. Bentuk Old Bazaar mungkin sama dengan Pasar Seng di Mekkah atau di Indonesia seperti pasar malam atau pasar kaget. Para jemaah yang ingin membeli suvenir khas Arab, bisa membelinya di Old Bazaar.

Suvenir yang dijual sangat beragam, contohnya seperti : karpet atau sajadah, kurma, Itur (sejenis parfum tanpa alkohol, terbuat dari rempah dan bunga asli dari Saudi Arabia), miniatur Masjid Nabawi, pashmina dan masih banyak lagi. Di Old Bazaar, rata-rata barang masih bisa ditawar walaupun tidak banyak.

Harganya pun masih bersahabat, tidak jauh dari harga barang-barang di Indonesia. Para pedagang di sini sangat bersemangat menjajakan barang-barang dagangannya. Mereka sangat ramah dan rata-rata bisa memahami dan berbicara bahasa Indonesia walaupun hanya sedikit.

Soal uang, anda tidak perlu takut jika kehabisan uang riyal, mereka tidak masalah jika anda bayar dengan rupiah.

Pasar Kurma
Pasar Kurma

Tempat belanja selanjutnya yang sering dikunjungi oleh para jemaah adalah Pasar Kurma. Letak Pasar Kurma juga tidak jauh dari Masjid Nabawi. Berjalan sekitar 600 meter ke arah selatan Masjid Nabawi, anda langsung bisa menemukan Pasar Kurma, karena tempatnya cukup besar dan eye-catching.

Di sini, anda bisa menemukan 26 jenis kurma. Mulai dari kurma Ajwa, Ambar, Rukhtob, Sukkari, dan masih banyak lagi yang lain. Anda dapat mencicipi kurma-kurma tersebut sebelum membeli, tentunya dengan seizin pedagang. Karena biasanya, kurma Ajwa dan Ambar tidak diizinkan untuk di coba oleh pengunjung, mengingat harganya yang lumayan mahal.

Tidak hanya kurma, anda pun dapat membeli berbagai macam olahan kurma, di tempat ini. Ada biskuit yang dilapisi selai kurma atau kurma isi coklat dan kacang almond. Anda dapat membeli kurma di sini secara kiloan, atau jika tidak mau terlalu banyak, anda dapat membeli yang sudah di pak di kardus-kardus kecil.

Harga kurma di sini masih bisa di tawar apalagi jika anda sedang beruntung, anda akan menemukan penjual kurma yang berasal dari Indonesia. Mereka biasanya suka memberi harga khusus untuk para jamaah dari Indonesia. Kurma di Madinah harganya lebih murah di bandingkan di Mekah. Jenisnya pun lebih beragam. Bila anda ingin menghemat uang, beli saja kurma ketika sedang berada di Madinah.

Al-Rashid Mega Mall
Al-Rashid Mega Mall

Bagi Anda yang ingin merasakan dinginnya AC ketika berbelanja, tidak perlu khawatir. Mall- mall yang ada di Madinah juga tidak kalah menariknya dengan Old Bazaar atau Pasar Kurma. Sebut saja salah satu mall yaitu Al-Rashid Mega Mall.

Letaknya pun sangat strategis, ada di jalan King Abdullah, hanya berkendara 5 menit dari Masjid Nabawi. Di sini anda bisa berbelanja di 300 lebih toko-toko dari dalam maupun luar negeri seperti Hugo Boss dan United Colours of Benetton.

Anda yang pergi ke Madinah bersama anak-anak dapat menikmati taman hiburan indoor terbesar yang berada di tengah-tengah mall ini. Hiburan lain yang anda bisa nikmati di sini adalah gelanggang ice-skating.

Para jemaah yang mengunjungi Mall di Saudi Arabia biasanya ingin membeli parfum yang branded. Harga parfum di sini biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di Indonesia.

Kualitasnya pun sama, malah terkadang lebih bagus. Jenisnya juga lebih bermacam-macam dan tidak hanya terdapat di mall Madinah saja. Tetapi terdapat juga di mall di Jeddah dan Mekkah. Selain parfum, para jamaah juga biasanya senang membeli jam tangan di mall-mall Madinah.

Sebut saja salah satu brand jam tangan yaitu swatch. Di sini harganya jauh lebih murah. Dengan model yang sama dengan di Indonesia, perbedaan harganya bisa sampai 300 ribu rupiah. Bahkan jika sedang musim diskon, perbedaan harga bisa mencapai kisaran 500 ribuan. Mengapa bisa demikian? Mungkin karena pajak di sini tidak sebesar di tanah air.

Al-Taiba Shopping Center
Al-Taiba Shopping Center

Para jemaah wanita yang ingin mencari gamis, mukena, atau jilbab yang elok tetapi tidak ingin jalan terlalu jauh dari Masjid Nabawi atau hotel terdekat, bisa langsung menuju ke Al-Taiba Shopping Center. Letaknya sangat terjangkau, hanya tinggal belok kiri sedikit dari pintu utama Masjid Nabawi.

Bentuk Shopping Center ini mirip dengan pusat perbelanjan mangga dua atau ITC Ambasador di Jakarta. Jadi soal harga masih bisa ditawar sedikit. Suasananya juga tidak terlalu crowded seperti di Old Bazaar. Model baju gamis atau abaya di sini sangat beragam dan bagus-bagus. Warnanya di dominasi oleh hitam karena rata-rata perempuan di Arab senang memakai gamis berwarna hitam.

Umroh Murah


Rencanakan ibadah umroh Anda bersama keluarga dengan Paket Umroh Promo dan ikuti keseruan Umroh Plus Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Madinah :






Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Serunya Berbelanja Souvenir Dan Kurma Khas Madinah