travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Muradiye Mosque Destinasi Wajib Di Bursa Turki

Mengunjungi Muradiye Mosque Destinasi Wajib Di Bursa


Muradiye Mosque Sempat menjadi pusat kesultanan Islam Ottoman sebelum berpindah ke Edirne, Bursa di penuhi dengan bangunan religi sekaligus penanda keberadaan kesultanan yang termashyur namanya di penjuru dunia tersebut. Di era kesultanan Ottoman, Bursa juga di kenal dengan nama Hudavendigar atau ‘Berkah Tuhan’, namun ada pula yang menyebutnya Yesil Bursa atau ‘Bursa yang Hijau’ karena banyaknya taman-taman yang berada di kawasan pinggiran kotanya serta lanskap hutan yang juga memagari kawasannya.

Muradiye Mosque


Hampir di setiap jengkal kawasannya selalu saja bisa di temui bangunan masjid. Baik arsitekturnya, bebatuan yang mendokarasi bangunannya, maupun jenis keramik dan marmer digunakan, menggambarkan keagungan dan kejayaan kesultanan Ottoman sekaligus menawarkan keindahan yang tak ada duanya bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Muradiye Mosque Destinasi Wajib Di Bursa Turki
Muradiye Mosque Destinasi Wajib Di Bursa Turki

Destinasi yang berada di sebuah kawasan tenang Bursa ini lebih terkenal dengan nama Muradiye Mosque, meski ada juga yang menamakan lokasinya dengan sebutan Muradiye Hudavendigar Mosque atau Mosque of Sultan Murat II (masjidnya Sultan Murat II). Di dalam area kompleksnya terdapat pula sebuah pusat kesehatan, sebuah restoran ala Ottoman yang dulunya adalah sebuah dapur yang menyajikan hidangan sop, sebuah pemandian dan 2 buah bangunan rumah yang kini di fungsikan sebagai museum serta makam para Sultan Ottoman dan putra-putra mereka.

Gaya arsitektur bangunan di kompleks Muradiye Mosque hampir sama dengan arsitektur bangunan yang ada di Green Mosque - yang juga berada di Bursa - bedanya kompleks tersebut di bangun 2 tahun lebih awal. Area makam kesultanan sendiri berada di bagian barat kompleks. Ottoman adalah sebuah kesultanan yang tidak menganut paham ‘primogeniture’, dimana putra yang pertama dengan sendirinya akan diangkat menjadi raja atau sultan. Karenanya, sejarah mencatat banyak sekali putra sultan Ottoman di bunuh oleh kerabatnya sendiri, baik karena persaingan memperebutkan tahta maupun untuk mencegah terjadinya perang saudara.

Beberapa makam yang bisa di saksikan di kompleks Muradiye Mosque diantaranya adalah makam dari Cem Turbesi atau Pangeran Cem yang merupakan putra dari Sultan Mehmet II, sang penakluk Constantine. Setelah ayahnya meninggal, Pangeran Cem pergi ke Eropa untuk menghindari ancaman Beyazit II yang akan menangkap dan membunuhnya.

Sayangnya, oleh Paus dan kekuatan Eropa lainnya, keberadaan dirinya di sana justru digunakan sebagai ‘alat negosiasi’ dengan kesultanan Ottoman. Wisatawan yang berkunjung ke kompleks Muradiye Mosque juga bisa menyaksikan makam dari Sultan Murat II. Tanpa di lengkapi atap, makam sang Sultan terbangun dengan hiasan teras yang indah. Semasa hidupnya, Sultan Murat II memang berpesan agar makamnya tidak di beri atap agar bisa tersiram oleh air hujan. Makam lain yang berada di sana adalah makam dari Pangeran Mustafa Turbesi.

Mustafa adalah putra dari Sultan Suleyman yang agung. Terkena fitnah oleh para kerabatnya yang bernafsu untuk berkuasa, Pangeran Mustafa akhirnya meninggal karena di bunuh atas perintah ayahnya sendiri. Konon, sang ayah tak bisa memaafkan dirinya setelah putranya meninggal. Makam Pangeran Mustafa di dekorasi oleh keramik-keramik artistik indah dari abad ke 16 yang berasal dari kawasan Iznik, Turki. Makam-makam yang lain kebanyakan di hiasi oleh keramik-keramik berwarna biru. Sebuah museum bernama Osmanli Evi Muzesi juga bisa di datangi jika wisatawan menelusuri kawasan kompleks Muradiye Mosque.

Di kawasan yang sama juga terdapat sebuah pusat pendidikan agama (Madrasah). Lokasinya ada di tengah-tengah area kompleks dimana di sana terdapat beberapa ruangan kelas bagi para murid. Sebuah kubah juga menghiasi bagian atas bangunannya, sementara eksteriornya di perindah dengan tata letak batu bata dan bebatuan alami yang menarik. Di bagian dalam, lantainya di hampari oleh keramik-keramik berwarna biru tua.

Ottoman Folk Costumes and Jewellery Museum adalah bangunan museum lain yang juga berada di kompleks Muradiye Mosque. Pengunjung kompleks yang menelusuri ruangan-ruangan di sana bisa mendapati koleksi 70 kostum kebesaran Ottoman dan tak kurang dari 350 item perhiasan yang menarik untuk di saksikan. Selain Muradiye Mosque, wisatawan dan pelancong yang berkunjung ke Bursa juga bisa mendatangi bangunan Mausoleum yang di bangun oleh para pendiri kesultanan Ottoman atau plesiran ke dataran tingginya di sebuah kawasan yang bernama Uludag.

Tour Ke Turki


Banyak atraksi dan obyek wisata menarik menanti Anda di kota Bursa Turki ini, jangan lewatkan mengunjungi kota unik ini jika menghabiskan liburan di Turki. Hubungi Cheria Wisata ya untuk referensi perjalanan Anda ke Turki, Anda bisa juga lho mengambil Paket Tour Murah Ke Turki dan Umroh Plus Turki dari Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^






Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika bermina hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Muradiye Mosque Destinasi Wajib Di Bursa Turki