travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Liburan Bersama Buah Hati Di Tokyo Toy Museum, Jepang

Liburan Bersama Buah Hati Di Tokyo Toy Museum


Mungkin sudah banyak wisatawan yang tahu bahwa Tokyo memiliki banyak museum dengan beragam tema. Ada yang bertema sejarah, transportasi, fotografi, bahkan museum komersial seperti Museum Ghibli dan Museum Fujiko F.Fujio juga terdapat disini.

Dan diantara berbagai jenis museum tersebut, museum komersial termasuk salah satu jenis museum yang banyak diminati oleh wisatawan yang merencanakan wisata bersama keluarga, terutama jika membawa anak-anak. Namun karena terlalu banyaknya peminat, museum-museum populer tersebut biasanya menerapkan sistem pemesanan tiket yang cukup rumit, dan juga harga tiket yang di atas harga tiket museum biasa.

Tokyo Toy Museum


Liburan Bersama Buah Hati Di Tokyo Toy Museum
Liburan Bersama Buah Hati Di Tokyo Toy Museum

Nah, bagi wisatawan yang sedang mencari informasi mengenai museum yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama buah hati, namun memiliki prosedur pemesanan tiket yang tidak rumit dan harga tiket yang bersahabat terhadap budget, cobalah untuk melirik Tokyo Toy Museum.

Museum yang terletak di kawasan Shinjuku ini merupakan museum khusus untuk mengabadikan bermacam jenis mainan, terutama aneka jenis mainan non-mesin. Menariknya, koleksi mainan ini tidak hanya berasal dari berbagai penjuru Jepang, melainkan dari berbagai negara di dunia. Jadi jangan heran jika saat berkunjung ke museum ini, pengunjung dapat menemukan aneka mainan yang cukup familiar ditemukan di Indonesia..^^

Konsep museum yang sudah beroperasi sejak tahun 2008 ini sendiri terbilang menarik. Walau disebut sebagai ‘museum’, tempat ini jauh dari kesan monoton maupun membosankan. Jangan dulu membayangkan Anda akan masuk ke sebuah ruangan dengan berbagai macam display mainan beserta berbagai keterangannya.

Tokyo Toy Museum
Tokyo Toy Museum

Tidak, karena Tokyo Toy Museum menawarkan pengalaman yang lebih dari itu. Museum setinggi 3 lantai ini lebih tepat disebut sebagai ‘arena bermain setinggi 3 lantai’, karena hampir seluruh mainannya dapat dimainkan oleh pengunjung.

Dan point menarik lainnya, bangunan museum ini menggunakan bangunan bekas sekolah dasar yang sudah tutup beberapa tahun yang lalu karena kekurangan murid (Shinjuku Kuritsu Yotsuya Elementary School).

Jadi, tak hanya bagian dalam museum saja yang menarik untuk dijelajahi, karena di bagian luar pun banyak terdapat sarana permainan outdoor seperti yang biasa ditemukan pada sekolah dasar di Jepang seperti jungle gyms, ayunan, seluncuran, dan masih banyak lagi.

Tak heran jika bukan anak-anak saja yang antusias dengan museum ini, tapi juga orang dewasa yang ingin mengenang kembali masa-masa indahnya bermain sewaktu duduk di sekolah dasar.

Lalu apa saja yang dapat ditemukan di museum unik ini? Di lantai 1, pengunjung dapat menemukan ruang bermain yang didedikasikan untuk anak-anak berusia dari 0-2 tahun. Anak-anak akan diajak untuk mengenal dan merasakan bentuk, warna, serta tekstur dari setiap mainan yang terdapat di zona ini, sementara orang tua dapat ikut terlibat aktif dalam setiap permainan tersebut.

Kolam Mandi Bola Kayu
Kolam Mandi Bola Kayu

Di lantai 2, aneka permainan yang dapat ditemukan disini lebih bervariasi lagi. Di lantai ini terdapat zona permainan dari kayu, lengkap dengan sangkar besar yang terbuat dari kayu dan kolam mandi bola yang berisi bola-bola kayu; ruang eksibisi yang memamerkan ribuan koleksi mainan; dan juga sebuah toko merchandise.

Lantai 3 menawarkan pengalaman yang tak kalah serunya. Di lantai ini terdapat area yang dimanfaatkan untuk aneka workshop dengan tema membuat mainan sendiri, yang pastinya akan menarik untuk diikuti oleh anak-anak.

Biasanya workshop ini dilakukan pada waktu liburan musim panas, maupun waktu-waktu khusus lainnya (jadwal dapat dilihat di website resmi Tokyo Toy Museum). Zona lainnya yang dapat dinikmati disini adalah Game Room, yaitu sebuah area khusus untuk bermain foosball (permainan bola yang dilakukan di meja khusus dengan cara menggerakkan boneka-boneka berkostum pemain bola).

Menariknya, terkadang ada demonstrasi yang dilakukan oleh profesional dalam permainan ini, yang akan membagi aneka tips dan trik dalam bermain foosball. Dan masih ada zona permainan lainnya yang juga tak kalah serunya untuk dinikmati di lantai ini, yaitu zona permainan tradisional Jepang, dan juga zona permainan dari berbagai penjuru dunia.

Selain memiliki aneka koleksi permanen, Tokyo Toy Museum rutin menggelar berbagai eksibisi khusus dan juga berbagai diskusi serta bedah galeri yang melibatkan kurator. Acara khusus ini (kecuali pameran temporer) memerlukan reservasi yang dapat dilakukan melalui website.

Berbagai Aktifitas Seru
Berbagai Aktifitas Seru

Dan masih ada aktifitas lainnya yang juga rutin dilakukan di museum ini, seperti kegiatan mendongeng, menyanyi bersama, upacara minum teh, konser musik, dan masih banyak lagi. Pokoknya jangan heran jika si kecil akan susah untuk diajak pulang karena terlalu banyaknya aktifitas yang dapat dilakukan disini.

Wisata Jepang Halal


Sebagai pelengkap dari berbagai aktifitas indoor, jangan lupa untuk mencoba aneka mainan yang terdapat di area outdoor yang pastinya akan membuat si kecil semakin betah berlama- lama di area museum ini. Ikuti Paket Tour Jepang Murah bersama Cheria Halal Wisata. Selamat berwisata!^^
Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Liburan Bersama Buah Hati Di Tokyo Toy Museum, Jepang