travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Berbagai Jenis Tawaf Yang Dikerjakan Di Masjidil Haram

Berbagai Jenis Tawaf Yang Dikerjakan Di Masjidil Haram


Bagi jamaah haji dan umroh pastinya akan melakukan suatu rangkaian ibadah yang didalamnya ada tawaf. Ya Tawaf adalah satu ibadah yang tidak bisa dilakukan di masjid manapun selain Masjidil Haram. Namun ternyata, ibadah tawaf itu sendiri ada berbagai macam dan ragamnya diantaranya :

Berbagai Jenis Tawaf Yang Dikerjakan Di Masjidil Haram
Berbagai Jenis Tawaf Yang Dikerjakan Di Masjidil Haram

Berbagai Jenis Tawaf



  • Tawaf qudum, yaitu tawaf yang diperintahkan bagi orang yang tiba di Kota Makkah dan mengerjakan haji ifrad.

  • Tawaf ifadah, yaitu tawaf yang menjadi salah satu rukun haji. Siapa yang tidak mengerjakannya maka hajinya batal.

  • Tawaf umrah adalah tawaf yang dikerjakan saat seseorang mengerjakan umrah, baik umrah yang mustaqil (independen) maupun umrah yang dikerjakan saat berhaji.

  • Tawaf sunah adalah tawaf yang bisa dikerjakan kapan pun di dalam Masjidil Haram. Ia menjadi pengganti tahiyatul masjid bagi Masjidil Haram.

  • Terakhir adalah tawaf wada atau tawaf perpisahan. Setiap orang yang melakukan ibadah haji dan umrah diwajibkan bagi mereka untuk melakukan tawaf wada. Tawaf wada ini adalah sebuah kewajiban bagi setiap jamaah haji dan umrah saat mereka hendak meninggalkan Kota Suci Makkah.

Wajibnya tawaf wada ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA yang berkata, “Setiap manusia diperintahkan untuk menjadikan saat terakhirnya di Kota Makkah di sisi Baitullah (Ka’bah), hanya perintah ini tidak ditujukan bagi wanita haid.” (HR Bukhari & Muslim).

Tawaf wada ini hanya diwajibkan bagi jamaah haji yang tinggal di luar Kota Makkah. Adapun jamaah haji yang tinggal di Kota Makkah, mereka tidak berkewajiban melakukan tawaf wada dan tiada kewajiban bagi mereka untuk membayar dam bila mereka tidak mengerjakannya. Wallahu a’lam.

Bagaimana? Sudah siapkah Anda untuk melakukan tawaf langsung di Masjidil Haram? Jika iya, ayo segera hubungi travel konsultan Cheria Wisata yang selalu siap sedia memberikan segala informasi terkini seputar program ibadah haji, umroh maupun tour muslim untuk persiapan ibadah dan liburan Anda bersama dengan teman maupun keluarga tercinta.

Daftar Haji/ Cara Mudah Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena Cheria Travel memberikan cara mudah daftar umroh 2016 untuk anda semua yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang memberikan kemudahan dalam daftar umroh 2016 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Cara Mudah Daftar Umroh 2016 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi kami.

Berikut Dokumentasi Video Haji Khusus Bersama Cheria Wisata.



Peta Haji - Haji ONH Plus
Perjalanan Haji

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Berbagai Jenis Tawaf Yang Dikerjakan Di Masjidil Haram