travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Gaya OttomanThe New Mosque (Yeni Cami) Turki

Gaya OttomanThe New Mosque (Yeni Cami) Turki


New Mosque yang berlokasi di pusat bisnis ibu kota Istanbul Turki dikenal sebagai tempat paling ramai karena paling banyak dikunjugi jemaah, terutama pada bulan-bulan Ramadhan. Inisial nama masjid ini telah lama dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama “Queen Mather” di seluruh kota di Asia. Setelah berganti nama dengan sebutan “The New Mosque (Yeni Cami), nama ini kini mengalahkan queen mother sebelumnya”.

Menurut catatan dan pembangunan masjid sejak kali pertama dimulai, masjid ini adalah yang paling lama berdiri di Istanbul. Pembangunannya selama 66 tahun (1597-1663), jauh lebih awal dari masjid terbesar The Blue Mosque yang baru dibangun pada tahun 1609-1616. Selama pembangunan Masjid Yeni ini sempat beberap akali terkatung-katung apakah akan dilanjutkan atau tidak. Namun masjid yang berlokasi di kota Eminonu, Turki dengan gaya Ottoman ini diakui sebagai bagian tertua kota ini.

The New Mosque (Yeni Cami)


Gaya OttomanThe New Mosque (Yeni Cami) Turki
Gaya Ottoman The New Mosque (Yeni Cami) Turki

Selama pembangunan konstruksi masjid mengalami tiga kali pergantian pemimpin asrsitek. Paling pertama pembangunan di pimpin oleh arsitek Davut Pasha yang memulai pembangunan atas perintah Safiye Sultan, Ibu dari Mehmet III. Selanjutnya konstruksi diperluas oleh Sultan Selim II. Arsitek kedua adalah Dalgic Ahmet Cavus dan Kasim Agha. Mereka ini adalah arsitek yang menyelesaikan konstruksi selama Sultan Mehmet IV memimpin, setelah arsitek pertama Davut Pasha meninggal.

Begitu lamanya pembangunan masjid ini terjadi akibat banyaknya rintangan alam selain faktor finansial. Pertama kali dibangun masalah muncul karena ketinggian air laut yang berada kurang lebih 3 meter dari jarak podium dimana masjid didirikan. Tidak hanya para ahli pemerintahan pada waktu itu yang bingung, akan tetapi para ahli teknik pun merasa ragu dengan pembangunan konstruksi bangunan.

Alasan kedua yang membuat bangunan sempat dihentikan adalah gempa bumi dan kebakaran yang sempat terjadi beberapa kali sehingga membuat masalah finansial pembangunan masjid lebih membengkak. Hal tersebut menjadi tantangan bagi para insinyur untuk membangun masjid dengan pendanaan dan bahan fisik bangunan terbatas.

Namun begitu dengan kesederhanaan, masjid yeni ini berhasil berdiri dengan beragam fasilitas. Selain tempat ibadah para insiyur juga berhasil membuat fasilitas tambahan berupa paviliun untuk Sultan, lapangan, sekolah dasar dan jalan-jalan dengan bangunan pintu gerbang yang menarik. Pada bagian luar masjid berhasil diperluas dengan tambahan 24 kubah yang terbangun dalam beberapa tempat.totalnya dengan lengkung kubah seluruh masjid mencapai 66 buah. Tinggi kubah masjid utama 36 meter dengan diameter 17,5 meter.

Paket Wisata Ke Turki


Banyak atraksi dan obyek wisata menarik menanti Anda di Turki ini, jangan lewatkan mengunjungi kota – kota unik jika menghabiskan liburan di Turki. Hubungi Cheria Wisata ya untuk referensi perjalanan Anda ke Turki, Anda bisa juga lho mengambil  paket Tour Ke Turki dan Umroh Plus Turki dari Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :

Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel jika berminat hubungi cs kami.

» Thanks for reading Gaya OttomanThe New Mosque (Yeni Cami) Turki