travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Kemegahan Rustem Pasha Mosque Turki

Kemegahan Rustem Pasha Mosque Turki


Rustem pasha mosque atau masjid rustem pasha adalah salah satu bukti kemegahan arsitektur masa lalu yang dimiliki oleh kota Istanbul. Bangunannya yang berbentuk segi delapan adalah salah satu contoh dari bangunan bergaya ottoman yang diarsiteki oleh mimar sinan, yaitu arsitek yang mendesain blue mosque di kota yang sama.

Meski ukurannya tak terlalu besar, interior di dalam bangunannya di hiasi oleh keramik terindah yang pernah dibuat dan khusus di datangkan dari iznik. Iznik sendiri adalah sebuah kawasan di Turki dimana banyak sekali menghasilkan keramik-keramik terbaik, baik dari faktor keindahannya maupun kualitasnya


 Rustem Pasha Mosque


Kemegahan Rustem Pasha Mosque Turki
Kemegahan Rustem Pasha Mosque Turki

Di dalam bangunan rustem pasha mosque, bisa di temukan keramik-keramik iznik berwarna merah. Keramik berwarna merah adalah keramik yang jarang sekali di produksi. Kebanyakan keramik yang di buat di adalah berwarna biru, kuning, ataupun hijau.

Keramik-keramik tersebut kebanyakan berbentuk bunga dan geometris. Keberadaan keramik- keramik tersebut tak hanya bisa di saksikan di terasnya, namun keindahannya juga bisa di saksikan di mihrab, mimbar aula, dinding-dindingnya serta pilar-pilar yang berada di teras. Keramik-keramik ini juga bisa di sakiskan wisatawan di bagian kiri pintu masuknya. Tak hanya merah, warna hijau, hitam dan ungu juga menegaskan ‘nuansa damaskus’ yang menjadi variasi arsitektur bangunannya. Wisatawan dan para penyuka jalan-jalan yang berkunjung ke rustem pasha tak akan bisa menemukan keindahan keramik di bangunan- bangunan masjid lain yang berada di kota Istanbul.

Di dalam bangunan masjid rustem pasha juga terdapat pintu-pintu kayu berukir yang di sebut dengan ‘kundekari doors’ atau pintu-pintu kundekari. Sementara di atapnya terdapat ornament sepuhan ‘kalemisi’ yang tergantung di dinding dan langit-langitnya. Bangunan yang berdiri kokoh tersebut berdiri diatas pilar-pilar berformasi segi delapan.

Dibalik kemegahan bangunannya, masjid rusthem pasha punya sejarah yang panjang. Rustem pasha adalah warga negara bosnia yang menjadi menantu dari sultan suleyman (yang juga di juluki suleyman the magnificent). Meski memiliki kemampuan di bidang tata negara, rustem pasha terkenal dengan konspirasinya.

Di masa lalu, bersama dengan selir suleyman, rustem pasha memojokkan pangeran mustafa yang adalah putra dari sultan suleyman. Tujuannya adalah agar sang pangeran tidak bisa menggantikan posisi ayahnya menjadi sultan. Bahkan, ayahnya pun memerintahkan agar mustafa di bunuh.

Dengan demikian anak roxelana yang merupakan selir sultan bisa diangkat menjadi sultan berikutnya sepeninggal sultan suleyman. Nama anak dari roxelana tersebut adalah pangeran selim. Selirselir sultan memang kerap menginginkan anak mereka diangkat menjadi sultan. Dengan demikian mereka nantinya bisa menjadi “valide sultan”, atau orang kedua yang memegang kekuasaan di kesultanan.

Roxelana meninggal pada tahun 1558, dan setelah suleyman wafat, pangeran selim pun diangkat menjadi sultan. Era kepemimpinan selim di kenal sebagai akhir dari kejayaan kesultanan ottoman dan awal dari kemerosotan dinasti yang sempat jaya di masa lalu itu. Di masa lalu, meski rustem pasha adalah salah satu orang terkaya di dinasti ottoman, di puncak kejayaan dan kekuasaannya ia tidak di perbolehkan membangun masjid berukuran besar yang bisa menyaingi kemegahan masjid-masjid yang didirikan oleh sultan.

Tempat Menarik di Turki


Banyak atraksi dan obyek wisata menarik menanti Anda di Turki ini, jangan lewatkan mengunjungi kota – kota unik jika menghabiskan liburan di Turki. Hubungi Cheria Wisata ya untuk referensi perjalanan Anda ke Turki, Anda bisa juga lho mengambil paket Tour Ke Turki  dan Umroh Plus Turki dari Cheria Wisata.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :

Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^




Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel jika berminat hubungi cs akmi.

» Thanks for reading Kemegahan Rustem Pasha Mosque Turki