travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Mausoleum Bangunan Persembahan Untuk Dewa - Dewi, Turki

Mausoleum Bangunan Persembahan Untuk Dewa - Dewi


Alkisah di abad ke 3 sebelum masehi, seorang pimpinan sebuah perpustakaan di Alexandria membuat catatan yang berisikan daftar “Keajaiban-keajaiban yang ada di dunia”. Namun, daftar yang keajaiban di dunia yang kerap kita dengar sebenarnya adalah daftar yang di susun di abad pertengahan. Saat di susun, banyak keajaiban-keajaiban di dunia tersebut hancur termakan usia dan tak pernah lagi terdengar namanya. Meski demikian, beberapa diantaranya masih bisa di saksikan keberadaannya hingga saat ini.

Mausoleum


Mausoleum Bangunan Persembahan Untuk Dewa - Dewi
Mausoleum Bangunan Persembahan Untuk Dewa - Dewi

Salah satu destinasi wisata yang juga menjadi salah satu keajaiban dunia berada di kota Bodrum, Turki. Nama lokasinya sendiri adalah Mausoleum. Adalah Artemisia, istri dari King Mausolus yang menggagas pembangunannya. Istri sekaligus saudara dari sang raja tersebut memerintahkan para arsitektur dan pematung nya untuk membangun sebuah bangunan sebagai makam sekaligus monumen untuk mengenang suaminya yang telah meninggal.

Kejadian tersebut berlangsung di 353 hingga 350 tahun sebelum masehi. Lokasinya ada di kawasan Bodrum yang dulunya merupakan sebuah kota bernama Halicarnassus. Struktur bangunannya di desain oleh dua orang arsitek Yunani bernama Satyros dan Phytius dari Priene.

Bangunan aslinya sendiri memiliki tinggi 45 meter dimana di setiap sisinya di hiasi oleh pahatan dari para pematung terkenal Yunani bernama Timotheus, Bryaxis, Paros dan Leochares dan Scopas. Scopas sendiri sudah terkenal lewat karya nya yaitu Temple of Artemis di kawasan Ephesus, Anatolia.

Di kompleks Mausoleum juga terdapat patung 20 ekor singa yang ukurannya lebih besar dari hewan aslinya (sekitar 1.50 meter). Keindahan bangunan Mausoluem bukan hanya terletak pada strukturnya saja tapi juga dekorasi dan keberadaan patung-patung manusia, kuda, singa, dan hewan-hewan lainnya baik di podiumnya maupun di puncaknya. Karena hal tersebut, bangunan itu juga menjadi warisan sejarah yang tak ternilai harganya, karena meskipun di kerjakan oleh arsitektur dan seniman Yunani, bangunannya bukan merupakan persembahan bagi dewa-dewa kuno Yunani.

Setelah dibangun, kemegahan dan kejayaan Mausoleum terdengar sampai ke seluruh penjuru dunia selama kurang lebih 2 millenium lamanya. Beberapa abad sesudahnya, gaya arsitektur Mausoleum pun di saksikan keberadaannya oleh warga Roma. Dan karena terkesima oleh keagungannya, kekaisaran Roma di Turki pun memerintahkan para pekerjanya untuk membangun Herapolis, yaitu sebuah bangunan yang berada di kawasan Pamukale.

Baik Mausoleum dan Hierapolis masih bisa di saksikan keberadaannya hingga hari ini. Beberapa bangunan lain yang terinspirasi oleh gaya arsitektur Mausoleum adalah Shirine of Rembrance di kota Melbourne-Australia. Selain itu desain bangunan House of Temple di Washington DC dan Los Angeles City Hall di LA juga merujuk kepada desain bangunan Mausoleum.

Bila berkunjung kesana, semua informasi mengenai keberadaan bangunan Mausoleum bisa di dapatkan di sebuah museum sekaligus pusat informasi yang berada tak jauh dari bangunannya. Demikian juga replika dari 12 lempeng marmer yang ber-relief. Informasi yang ada di museum tersebut di dapatkan dari hasil penggalian dan penemuan yang di lakukan oleh para arkeolog pada tahun 1960.

Pengunjung yang datang kesana juga bisa mendapatkan keterangan-keterangan tambahan seperti misalnya bahwa jauh sebelum para Knights of Hospitaller datang, makam tersebut sempat di gali oleh para penjarah barang-barang berharga. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kemungkinan besar jasad Mausoleum dan istrinya bukan di kubur melainkan di kremasi, karena pada saat itu tidak di temukan satu pun jasad manusia di sana.

Castle of Peter
Castle of Peter

Selain Mausoleum, wisatawan yang berada di kota Bordum juga bisa berkunjung ke Castle of Peter, sebuah bangunan istana yang tembok-temboknya di perkuat oleh batu-batu yang berasal dari Mausoleum. Kawasan desa nelayan yang berada di pinggiran kota juga memiliki panorama mempesona yang tak bisa di lewatkan begitu saja.

Tempat Menarik di Turki


Destinasi ini Cheria Wisata rekomendasikan untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di Turki, jangan lupa mencoba destinasi seru lainnya. Hubungi Cheria Wisata untuk informasi Paket Liburan Ke Turki dan Umroh Plus Turki ya.


Berikut Artikel Terkait Mengenai Tempat & Hal Menarik Turki :


Yuk' Lihat cuplikan Paket Tour Turki Halal bersama Cheria Halal Wisata ^O^







Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Mausoleum Bangunan Persembahan Untuk Dewa - Dewi, Turki