travel umroh dan haji dan tour muslim yang halal

Melihat Geisha Di Distrik Gion Kyoto, Jepang

Melihat Geisha Di Distrik Gion


Dari seluruh kota yang terdapat di Jepang, Kyoto termasuk kota yang populer karena masih banyaknya elemen tradisional Jepang yang dapat ditemukan disini. Mulai dari kuil-kuilnya yang megah, suasananya yang mengingatkan pada Jepang di masa lalu, serta berbagai tempat bersejarahnya yang masih terjaga hingga saat ini. Kyoto juga merupakan tempat terbaik untuk merasakan pengalaman budaya tradisional Jepang yang sesungguhnya, salah satunya adalah dengan melalui aneka pertunjukan yang ditampilkan oleh para geisha.

Geisha Di Distrik Gion Kyoto


Melihat Geisha Di Distrik Gion Kyoto, Jepang
Melihat Geisha Di Distrik Gion Kyoto, Jepang

Geisha merupakan bagian dari budaya tradisional Jepang yang keberadaannya makin tergerus oleh waktu. Jumlah geisha semakin menyusut, begitu juga dengan ochaya yang menjadi tempat pertunjukan para geisha.

Walau saat ini Kyoto bukanlah satu-satunya tempat untuk menikmati pertunjukan geisha (atau dalam dialek Kyoto disebut geiko), namun geisha lebih mudah ditemukan di Kyoto dibandingkan dengan kota lainnya, sebut saja Tokyo.

Gion
Gion

Terlebih karena hingga saat ini Kyoto masih mempertahankan beberapa distrik yang populer sebagai hanamachi (sebutan untuk kawasan yang menjadi tempat tinggal geisha) seperti Gion, Kamishichiken, Potoncho, dan Miyagawacho, sehingga tak heran jika Kyoto kemudian identik sebagai tempat terbaik untuk melihat geisha.

Dari keempat distrik geisha di Kyoto, Gion merupakan distrik geisha yang paling populer dan juga terkenal sebagai yang paling ekslusif, serta merupakan distrik yang paling banyak disebut dalam berbagai buku.

Yasaka Shrine
Yasaka Shrine

Mungkin ada yang sudah membaca novel populer Memoirs of Geisha karya Arthur Golden? Novel yang telah diadaptasi ke layar kaca tersebut merupakan salah satu cerita yang menjadikan Gion sebagai latar belakangnya. Gion sendiri sejatinya berlokasi di sekitar Yasaka Shrine, salah satu kuil populer di Kyoto.

Sungai Kamo
Sungai Kamo

Tepatnya Gion berada di antara kuil tersebut dan Sungai Kamo yang terletak di sebelah barat, dan berlokasi di sekitar Shijo Avenue. Di distrik ini terdapat banyak sekali machiya, yaitu rumah pedagang yang terbuat dari kayu (kini banyak dialihfungsikan menjadi restoran); dan ochaya, yaitu rumah minum teh.

Ochaya
Ochaya

Di ochaya-lah para geisha dan maiko (geisha magang) akan tampil menghibur para tamu. Sehingga walaupun Gion dikenal sebagai distrik geisha, suasana Gion yang kental akan nuansa dan arsitektur tradisional selalu berhasil memikat wisatawan yang tak tertarik dengan pertunjukan geisha sekalipun.

Shijo Avenue
Shijo Avenue

Lalu apa saja yang dapat dilihat di distrik ini? Distrik ini memiliki banyak sekali spot menarik untuk dikunjungi. Jalan utama di kawasan ini adalah Shijo Avenue, yang terbentang tepat diantara Yasaka Shrine dan sungai Kamo. Di sepanjang Shijo Avenue terdapat bermacam toko yang menjual aneka produk lokal, mulai dari cemilan hingga kerajinan tangan.

Hanami-koji
Hanami-koji

Di sekitar jalan ini terdapat beberapa spot populer lainnya, salah satunya adalah Hanami-koji, atau secara literal dapat diterjemahkan sebagai ‘jalan melihat bunga’. Jalan ini terbentang diantara Shijo Avenue dan Kenninji Temple yang berada di sisi selatan Gion.

Ryoutei
Ryoutei

Disinilah tempatnya berbagai ryoutei, yaitu restoran khas Jepang yang menyediakan aneka kaiseki (haute cuisine khas Jepang) yang terkenal mahal; serta beberapa ochaya. Suasana di Hanami-koji ini akan mengingatkan pengunjung akan setting drama tradisional Jepang, karena jalan ini dipenuhi oleh berbagai bangunan dengan arsitektur tradisional.

Shirakawa
Shirakawa

Sedangkan spot populer lainnya adalah Shirakawa, yaitu sebuah kawasan yang letaknya berada di sisi utara Shijo Avenue dan berbatasan dengan sebuah kanal yang dipenuhi dengan pohon-pohon Willow.

Suasana di Shirakawa tak kalah dengan Hanami-koji, yaitu dipenuhi dengan berbagai bangunan tradisional. Menariknya, suasana di area ini masih relatif lebih tenang sehingga cocok bagi wisatawan yang memang bermaksud untuk sekedar menikmati suasana Gion.

Sama seperti Hanami-koji, di area ini juga terdapat ryoutei dan juga ochaya, dan beberapa diantaranya menyediakan tempat untuk menikmati keindahan pemandangan di sekitar kanal. 

Tertarik untuk berkunjung ke Gion? Ada beberapa point penting yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk berkunjung ke distrik menarik ini. Yang paling utama adalah perlu diketahui bahwa Gion bukan sebuah red light district. Memang betul distrik ini merupakan distrik populer untuk melihat geisha karena banyaknya ochaya yang terdapat di tempat ini.

Gion Matsuri
Gion Matsuri

Festival populer lainnya yang digelar di Gion adalah Gion Matsuri yang dipercaya sebagai festival terpopuler di Jepang. Jadi jangan lupa mempertimbangkan untuk berkunjung pada masa festival untuk merasakan kemeriahan di Gion. Selamat berwisata!

Wisata Halal Jepang


Destinasi ini sangat cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga, Anda dapat mengambil paket liburan ke Kyoto dengan Paket Tour Jepang Murah Cheria Wisata untuk paket liburan dengan harga yang terjangkau serta kenyamanan liburan. Jangan ragu menghubungi Cheria Wisata.
Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs kami.

» Thanks for reading Melihat Geisha Di Distrik Gion Kyoto, Jepang